Di Luar Nalar, Ternyata Ada lho Hutan Indah yang Tersembunyi di Bawah Gurun Pasir

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 15 April 2020 11:20
Di Luar Nalar, Ternyata Ada lho Hutan Indah yang Tersembunyi di Bawah Gurun Pasir
Di dalam padang pasir yang gersang, justru ada kehidupan hutan di dalamnya.

Gurun merupakan daerah yang sangat panas, gersang dengan curah hujan yang sangat sedikit. Hal ini menyebabkan gurun memiliki kemampuan yang sangat kecil untuk mendukung kehidupan.

Ternyata, ada hal yang di luar nalar. Di sebuah daerah di Maghribi, Maroko, terdapat sebuah hutan yang berada di bawah tanah padang pasir. Ya, hutan ini adalah hutan dengan pohon-pohon yang tumbuh besar di bawah kegelapan tanah gurun. Kok bisa ya?

1 dari 2 halaman

Dilansir dari berbagai sumber, Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Michael Petraglia dari University of Oxford telah menemukan hutan unik di padang pasir di Semenanjung Arab pada 2012 lalu. Di bawah gersangnya gurun pasir ternyata tersembunyi sebuah jaringan sungai dan hutan yang cukup luas.

Dari temuannya, mengindikasikan bahwa daerah ini pernah ditinggali oleh berbagai kehidupan sebelumnya. Kehidupan itu baik berupa organisme maupun flora.

2 dari 2 halaman

Sementara itu, dilansir dari University of Oxford, penelitian ini diberi judul Scientists Explore an Ancient Network of Rivers and Lake in the Arabian Desert. Profesor Michael Petraglia juga melakukan penggalian bawah gurun pasir untuk mengetahui penyebab keberadaan kehidupan tropis di daerah itu pada ribuan tahun lalu.

Ia juga menganalisis alasan kehidupan tersebut bisa lenyap dan berganti menjadi daerah padang pasir gersang setelah sebelumnya kaya akan sumber air, populasi manusia, hewan dan tumbuhan.

Fakta ilmiah mencoba membuktikan bahwa gurun pasir Arab sebelumnya ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan dengan sumber air yang ada di sekitarnya.

Beri Komentar