Menyusuri Uniknya Masjid Berbentuk Piramida yang Ada di Kuwait

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 30 April 2021 16:40
Menyusuri Uniknya Masjid Berbentuk Piramida yang Ada di Kuwait
Masjid ini memiliki bentuk seperti Piramida Giza yang ada di Mesir.

Masjid merupakan tempat ibadah untuk umat muslim. Dengan ciri khas memiliki kubah, Masjid kini tak hanya jadi tempat ibadah saja. Melainkan telah menjelma jadi salah satu tempat dengan menyajikan pemandangan yang menakjubkan.

Tak hanya itu, arsitektur bangungan pada masjid menjadi daya tarik tersendiri karena berbeda dengan masjid-masjid lainnya.

Salah satu masjid yang cukup unik dan jarang dibicarakan adalah Masjid Mohammed Nasser el Sabah. Yang menjadi keunikan adalah bentuknya yang menyerupai Piramida Giza di Mesir. Seperti apa tempat ini? Yuk kita intip!

1 dari 3 halaman

Masjid Piramida

Masjid Piramida © Diadona

Masjid Mohammed Nasser el Sabah berdiri sejak 1981. Rupanya, gaya bangunan berbentuk piramida ini merupakan hasil tangan dingin dari arsitek Asal Belgia, yakni studio Bereau D'architecture yang dipimpin langsung oleh Henri Montoris.

Melansir dari CNN, biaya pembangunan Masjid Piramida ini menghabiskan dana sebesar 3 juta USD.

2 dari 3 halaman

Fasilitas di Masjid Piramida

Masjid Piramida © Diadona

Masjid ini terdiri dari dua lantai. Ruang utama berukuran 30x26 meter. Lantai satu dikhususkan untuk jamaah pria, dan lantai dua khusus untuk jamaah wanita.

Di sinijuga terdapat perpustakaan dan pusat riset Islam di dalam bangunan masjid ini. Masjid ini juga makin dipercantik dengan tata lampu LED di sekelilingnya yang menyala tiap malam.

Sayangnya, masjid yang berada di Kuwait ini tak mengizinkan pengunjung non-Muslim untuk masuk ke dalam bangunan utama. Namun, bagi para wisatawan umum, tetap diizinkan untuk melihat kemegahan Masjid Piramida ini melalui halamannya dengan syarat berpakaian sopan.

3 dari 3 halaman

Tempat Lain di Sekitar Masjid

Selain menikmati keindahan Masjid Piramida, kamu juga bisa mengunjungi Museum Seni Islam Tareq Rajab. Lebih dari 30 ribu artefak yang dikumpulkan selama lebih dari 50 tahun ditampilkan di museum pribadi milik Tareq Sayed Rajab ini.

Selain itu Museum Seni Islam Tareq Rajab, kamu juga bisa mengunjungi Museum Nasional Kuwait untuk menambah wawasan mengenai seni budaya Kuwait.

Nah, kalau ingin belanja oleh-oleh, langsung saja ke Pasar Al-Mubarakiya. Wisatawan bisa membeli pakaian tradisional dan souvenir khas Kuwait.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

Beri Komentar