Menyusuri Uniknya Kumbhalgarh, Tembok Terpanjang Kedua di Dunia Setelah Cina

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 17 November 2020 15:12
Menyusuri Uniknya Kumbhalgarh, Tembok Terpanjang Kedua di Dunia Setelah Cina
Benteng ini menjadi tembok terpanjang kedua di dunia setelah Tembok Besar Cina.

India memang dikenal sebagai negara yang juga banyak menyimpan bangunan-bangunan bersejarah. Salah satu yang paling terkenal adalah Taj Mahal.

Nah, ternyata, ada satu lagi nih tempat unik yang ada di India. Namanya adalah Kumbhalgarh. Ya, benteng masa lalu ini bisa dibilang adalah tembok besar cina yang ada di India. Seperti apa Kumbhalgarh ini? Yuk kita jalan-jalan.

1 dari 3 halaman

Kumbhalgarh

Kumbhalgarh © Diadona

Benteng Kumbhalgarh berada di distrik Rajsamand, Rajasthan India Barat. Benteng ini terletak di Aravalli Hills, di ketinggian 3.280 kaki.

Kumbhalgarh memiliki panjang dinding yang membentang sejauh 35,4 km. Untuk lebarnya sendiri sangat bervariasi mulai dari 4,5 meter sampai 7,5 meter.

Melansir dari Times of India, Kumbhalgarh dibangun oleh Rana Kumbha, penguasa kerajaan Mewar pada abad ke-15. Dengan panjangnya itu, benteng Kumbhalgarh menjadi tembok terpanjang kedua di dunia, tepat setelah Tembok Besar Cina.

2 dari 3 halaman

Dibangun dengan Tumbal Kepala Manusia

Kumbhalgarh © Diadona

Legenda yang berhembus di masyarakat mengatakan jika dibangunnya benteng ini penuh dengan kesulitan dalam konstruksinya. Karena sulitnya pembangunan ini, beberapa penasihat spiritual dari Maharana Kumbha menyarankan untuk memberikan pengorbanan manusia secara sukarela demi memuluskan proyek besar ini.

Datanglah relawan yang memenuhi beberapa saran dari penasihat spiritual. Akhirnya kuil ini pun dibangun dengan memenggal kepala para relawan tersebut. Proses pembangunannya memerlukan waktu hampir satu abad.

3 dari 3 halaman

Menjadi Situs Warisan Dunia

Kumbhalgarh © Diadona

Kini, Kumbhalgarh telah menjadi situs warisan dunia di India. Tiap malamnya, Tembok ini memamerkan lampu spektakuler yang akan memanjakan mata para pengunjung.

Karena usia bangunan yang sangat tua, disarankan untuk para pengunjung agar tetap hati-hati. Pengelola akan memperhatikan keadaan bangunan agar selalu aman dikunjungi wisatawan.

Tertarik untuk ke tempat ini?

Beri Komentar