Tanjung Agulhas, Pemisah Antara Samudra Hindia dan Atlantik

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 11 November 2020 16:20
Tanjung Agulhas, Pemisah Antara Samudra Hindia dan Atlantik
Seperti apa, ya pemisah antara Samudra Hindia dan Atlantik ini?

Dunia ini memang terbagi menjadi 7 benua. Dari 7 benua itu masih terdapat ratusan negara di dalamnya. Negara-negara ini terpisah berdasarkan garis aturan yang sudah berlaku.

Namun, tak hanya benua negara saja yang terpisah, tetapi samudra yang ada di dunia ini juga dipisahkan berdasarkan namanya. Mulai dari Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, Samudra Pasifik dan lainnya.

Lalu, bagaimana memisahkan samudra ini? Di manakah garis pemisah antara samudra-samudra ini? Nah, yang akan kita bahas adalah Tanjung Agulhas. Ya, Tanjung Agulhas adalah pemisah antara Samudra Hindia dengan Atlantik. Seperti apa tempat ini? Yuk kita lihat!

1 dari 2 halaman

Tanjung Agulhas

Tanjung Aghulas © Diadona

Melansir dari berbagai sumber, Tanjung Agulhas adalah tanjung berbatu yang berada di ujung selatran benua Afrika. Tanjung Agulhas adalah tmpat garis pemisah resmi antara Samudra Attlantik dan Hindia.

Ternyata, batasan ini tak dipilih secara sembarangan. Di sanalah arus air hangat Agulhas Samudra Hindia bertemu dengan arus dingin air Benguela Samudra Atlantik.

Namun, hal ini sempat menjadi perdebatan. Titik di mana arus Agulhas bertemu dengan arus Benguela cenderung berfluktuasi secara musiman antara Tanjung Agulhas dan Tanjung Point.

Menurut ahli biologi, kelautan, titik pertemuan sebenarnya dapat ditentukan dengan mengamati perbedaan antara kehidupan laut yang diakibatkan oleh perubahan suhu di sepanjang pantai.

Sebuah fakta-fakta mendukung bahwa garis pemisah antara perairan hangat dan dingin lebih seirng terjadi di Tanjung Agulhas daripada di tempat lain.

2 dari 2 halaman

Tanjung Aghulas © Diadona

Ternyata, Tanjung Pint lebih menarik banyak turis ketimbang Tanjung Agulhas. Di sini, para turis datang untuk menyaksikan lautan Hindia dan Atlantik bercampur bersama.

Di sini ada Toko Souvenir di area yang menjual souvenir seperti cangkir kopi, kaos, sendok, dan botol air laut. Semuanya tertulis Tanjung Point, Afrika Selatan: Tempat Dua Samudra Bertemu" .

Selain melihat lautan yang indah, wisatawan bisa melihat dari tebing bagaimana ombak terlihat dari bawah. Burung-burung laut yang menghiasi langit di Tanjung Agulhas, serta paus yang beberapa kali mengintip dari tengah lautan.

Bagaimana? Tertarik untuk berwisata ke tempat ini?

Beri Komentar