Gak Hanya di Indonesia, QRIS Ternyata Bisa Digunakan di Sejumlah Negara Ini

Reporter : Nasa
Selasa, 21 Maret 2023 11:24
Gak Hanya di Indonesia, QRIS Ternyata Bisa Digunakan di Sejumlah Negara Ini
Di negara-negara ini, kamu sudah bisa pakai QRIS untuk melakukan transaksi...

Buat kamu para pengguna Quick Response Code Indonesian Standar atau QRIS dan suka travelling ke luar negeri, harus tahu info yang satu ini nih. Soalnya, ternyata QRIS kini tak hanya bisa digunakan di Indonesia.

Bank Indonesia (BI) belum lama ini telah resmi meluncurkan QRIS antarnegara. Tepatnya, pada Agustus tahun 2022 lalu. Dengan peluncuran tersebut, QRIS secara resmi dapat digunakan di sejumlah negara di Asia Tenggara.

1 dari 4 halaman

Transaksi Mudah dan Efisien

QRIS sendiri belakangan jadi primadona di berbagai kalangan masyarakat, lantaran mempermudah proses transaksi. Yang mana, para penggunanya tak perlu harus menyediakan uang secara tunai atau membawa kartu kredit hingga kartu ATM.

Nah, kemudahan tersebut kemudian mendorong pemerintah untuk meluncurkan QRIS antarnegara. Jadi, buat kamu yang mau travelling ke luar negeri, bisa menggunakan QRIS dan meminimalisir penggunaan uang tunai untuk bertransaksi.

2 dari 4 halaman

Bisa Digunakan di 4 Negara ASEAN

Kota Bangkok

Kalau berdasarkan info yang dicantumkan di laman sirclo.com, Selasa (21/03/2023), setidaknya sudah ada 4 negara yang bekerjasama dengan BI dalam peluncuran QRIS antarnegara. Yakni Thailand, Malaysia, Filipina, dan Singapura.

Hal ini tentu sangat memudahkan para pelancong asal Indonesia untuk melakukan transaksi. Mereka juga bisa melakukan efisiensi penggunaan uang tunai dan tentunya gak perlu tukar uang mata rupiah ke mata uang asing dalam nominal besar

3 dari 4 halaman

QRIS Antarnegara

Penggunaan QRIS Antarnegara dan QRIS yang digunakan di Indonesia ternyata kurang lebih sama. Pengguna cukup memindai barcode yang tersedia di setiap merchant untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.

Jadi, turis asal Indonesia bisa menggunakan QRIS saat bertransaksi di negara-negara ASEAN tersebut. Kemudian, turis asal Thailand juga bisa menggunakan QRIS saat berkunjung ke Indonesia.

Saat ini, terdapat 8 aplikasi yang bisa melakukan scan QR di Thailand, yaitu Bank Central Asia (BCA), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Sinarmas, Bank Mega, Bank Permata, Bank BPD Bali, dan DANA. Jumlah ini masih dimungkinkan terus bertambah.

4 dari 4 halaman

Sedangkan aplikasi Thailand yang bisa dipakai untuk scan QR di merchant Indonesia yaitu Bangkok Bank, Krungsri (Bank of Ayudhya), dan CIMB Thailand. Per September nanti, direncanakan akan ada 5 penambahan aplikasi.

Ketika kamu memindai kode pembayaran dengan QRIS antarnegara, otomatis saldomu akan langsung terpotong menyesuaikan dengan kurs mata uang lokal ya. Wahh jadi gampang ya kalau bisa berlaku di banyak negara di dunia.

Gimana nih menurut kalian Diazens? Apa ada yang udah cobain QRIS Antarnegara?

Beri Komentar