Mengenal Keriang Bandong, Tradisi Menyalakan Obor Menyambut Bulan Ramadan

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 4 Mei 2020 12:20
Mengenal Keriang Bandong, Tradisi Menyalakan Obor Menyambut Bulan Ramadan
Tradisi ini menjadi tradisi khas masyarakat Pontianak dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Sebuah pemandangan yang sangat unik akan kamu temukan ketika berkunjung ke Pontianak di bulan Ramadan. Ya, masyarakat Pontianak memiliki tradisi yang cukup unik dalam menyambut bulan Ramadan. Para warga kota Pontianak akan menyalakanan obor dari bambu kecil yang diberi sumbu dan diletakkan di halaman rumah-rumah di malam hari. Hal ini akan dilakukan sepanjang bulan Ramadan.

Lampu minyak tanah ini biasa disebut dengan Keriang Bandong. Seperti apa sih tradisi ini? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Keriang Bandong

Tradisi Keriang Bandong © Diadona

Nama Keriang Bandong sebenarnya diambil dari kata Keriang dan Bandong. Keriang diambil dari nama serangga yang sangat menyukai serangga. Sedangkan kata Bandong berasal dari kata berbondong-bondong. Hal ini dikarenakan kebiasaan keriang yang selalu datang berbondong-bondong mendatangi cahaya.

Meskipun begitu, banyak perubahan yang terjadi pada tradisi ini. Pada awalnya, masyarakat menggunakan obor dari bambu. Namun seiring perkembangan zaman, beberapa orang melaksanakan tradisi Keriang Bandong ini menggunakan lampion-lampion unik.

2 dari 2 halaman

Tradisi Keriang Bandong © Diadona

Tradisi ini dilakukan dengan mengarak obor-obor ini keliling kampung dan dilakukan oleh anak-anak. Keriang Bandong ini hanya dilakukan pada bulan Ramadan di hari ke 21 hingga menjelang Hari Raya Idul. Tradisi ini juga dimaknakan untuk menunggu datangnya malam Lailatul Qadar, yakni 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Beri Komentar