Tradisi Ramadan di Arab Ini Mirip Banget Sama Halloween, Seperti Apa ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 4 Mei 2020 08:20
Tradisi Ramadan di Arab Ini Mirip Banget Sama Halloween, Seperti Apa ya?
Tradisi ini mirip dengan Treat or Trick ala Halloween

Tradisi menyambut bulan Ramadan memang sangat beragam. Selain beragam, beberapa juga punya keunikan sendiri yang membedakan dengan negara lain.

Salah satunya adalah di Uni Emirat Arab. Anak-anak di Uni Emirat Arab punya kebiasaan unik dalam menyambut bulan suci ini. Tradisi ini disebut dengan Haq Al Laila. Tradisi ini pun juga punya kemiripan dengan Trick or Treat yang biasa dilakukan anak-anak di Amerika maupun Eropa saat Halloween. Dilansir dari Rehlat berikut ulasannya.

1 dari 2 halaman

Haq Al Laila

Haq Al Laila © Diadona

Tradisi ini biasanya dilakukan pada tanggal 15 Sya'ban atau Nisfu Sya'ban. Anak-anak akan keluar ke jalanan sambil berpakaian yang sangat meriah. Mereka juga menenteng tas rajutan tradisional di tangan. Mereka akan berjalan mengelilingi pemukiman sambil menyanyikan lagu keagamaan sambil mengatakan " Aatona Allah Yutikom, Bait Makkah Yudikum," .

Adapun arti dari kalimat itu adalah " Berikan kepada kami, dan Allah akan membalasmu, memberi kemudahan bagimu untuk berkunjung ke Makkah," . Dengan begitu, orang dewasa akan memberikan permen atau kue kecil, maupun kacang-kacangan dengan menyerukannya kepada warga yang berada di dalam rumah. Mirip banget ya sama Trick or Treat ala Halloween.

2 dari 2 halaman

Haq Al Laila © Diadona

Ternyata, Haq Al Laila adalah tradisi yang sudah mengakar di Uni Emirat Arab. Bukan tanpa tujuan, tradisi ini untuk mengingatkan umat muslim akan datangnya bulan Ramadan yang sudah di depan mata.

Ternyata, berbagai negara di timur tengah seperti Irak, Kuwait, Qatar, dan sebagainya juga merayakan tradisi ini. Hanya saja nama yang diberikan berbeda. Ada yang menyebutnya dengan tradisi Gerga'aan. Sementara di Oman, tradisi ini disebun Qarnqashouh.

Beri Komentar