Sering Jadi Menu Rekomendasi Buka Puasa, Apa sih Manfaat Konsumsi Kurma untuk Tubuh?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 3 Mei 2020 12:27
Sering Jadi Menu Rekomendasi Buka Puasa, Apa sih Manfaat Konsumsi Kurma untuk Tubuh?
Kurma ternyata punya segudang manfaat untuk tubuh.

Ketika bulan puasa yaitu ramadan tiba, banyak orang berbondong-bondong membeli kurma. Ya, tidak lain dan tidak bukan buah tersebut dikonsumsi untuk berbuka puasa. Selain karena sunnah Nabi Muhammad SAW., apa sih sebenarnya manfat konsumsi kurma untuk tubuh? Kamu Tau? Dilansir dari Liputan6.com, ini dia manfaatnya.

1 dari 9 halaman

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Ilustrasi Wanita dengan Kurma © Diadona

Kurma mengandung jenis serat yang tak larut. Karena hal tersebut, kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat ini membantu memadatkan feses sehingga pencernaan lancar. Diare dan sembelit pun bisa terhindar.

2 dari 9 halaman

2. Melindungi Sel Tubuh dari Radikal Bebas

 

Selain serat, kurma juga mengandung antioksidan yang sangat baik. Dua kandungan ini akan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang berbahaya. Selain itu, antioksidannya juga bisa membantu sel-sel meregenerasi sel yang rusak.

3 dari 9 halaman

3. Membantu Turunkan Berat Badan

Kurma juga bisa membantumu untuk menurunkan berat badan lho! Soalnya, kurma bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama, jadi bisa bikin keinginan makan lebih banyak tertahan. Alasannya lainnya juga karena membantu memudahkan buang air besar.

4 dari 9 halaman

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Ilustrasi Perut Bergelambir © Diadona

Kurma emang rasanya manis. Tapi dalam kasus kurma ajwa, seratnya pada kurma tersebut akan membantu turunkan risiko diabetes. Serat tak larut pada kurma dicerna lebih lambat yang bisa mengontrol kadar gula darah.

5 dari 9 halaman

5. Menjaga Kesehatan Otak

Karena kurma mencegah kita dari radikal bebas, diabetes sampai peradangan otak pun bisa terhindar. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Neural Degeneration Research di tahun 2016 pun membuktikannya.

6 dari 9 halaman

6. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Kadar gula pada kurma sangat baik untuk kita saat berbuka puasa. Setelah tak makan dan minum seharian, dengan memakan kurma kadar gula dalam tubuh akan meningkat. Ini baik banget untuk kita karena saat berpuasa kita kehilangan cairan seharian.

7 dari 9 halaman

7. Melindungi dari Aterosklerosis

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Aterosklerosis adalah gangguan dengan menumpuknya lemak, kolesterol, dan zat lain di dalam dan dinding arteri. Bisa-bisa, kesimbangan ritme jantung jadi terganggu nantinya. Namun dengan antioksidan pada kurma, aterosklerosis pun bisa dihindari.

8 dari 9 halaman

8. Mencegah Osteopororosis

Kurma juga mengandung selenium, mangan, tembaga dan magnesium. Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalau kebuhtuhan tulang berhasil terpenuhi, osteoporosis pun akan terhindari.

9 dari 9 halaman

Nah guys, itulah kenapa baiknya kamu mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Banyak bermanfaatnya. Tapi jangan berlebihan ya, karena ya sesuatu yang berlebihan itu emang nggak baik. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar