Nggak Bisa Minum, Kalau Cegukan saat Lagi Puasa Gimana nih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 19 Mei 2020 12:25
Nggak Bisa Minum, Kalau Cegukan saat Lagi Puasa Gimana nih?
Hilangkan cegukan dalam waktu sekejap nih.

Setiap bulan suci ramadan, umat islam wajib melakukan ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Menahan makan dan minum selama satu hari hingga waktu berbuka tiba. Lalu bagaimana jika kita mengalami cegukan ketika sedang berpuasa?

Cegukan sendiri merupakan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang menyebabkan adanya ruang antar pita suara. Cegukan memang kerap terjadi secara tiba-tiba lalu menghilang dalam beberapa waktu.

Mengalami cegukan di hari biasa sudah menyebalkan, namun hal ini akan makin menyebalkan ketika mengalaminya saat berpuasa. Karena jika biasanya kita mengatasinya dengan minum, tapi saat puasa kan tidak diperbolehkan minum.

Nah, dilansir dari laman merdeka.com, kamu dapat melakukan cara mudah berikut ini untuk menghilangkan cegukan saat sedang berpuasa.

1 dari 2 halaman

ilustrasi cegukan © Diadona

1. Hirup udara sebanyak mungkin, dan penuhi paru-paru kamu dengan udara.

2. Ketika kamu sudah menghirup udara sebanyak mungkin, cobalah lagi untuk menghirup lebih banyak udara. Tetap fokus dan berusaha untuk hirup lagi sebanyak-banyaknya udara.

 

2 dari 2 halaman

ilustrasi tersedak © Diadona

3. Jika sudah, tahan napas selama 10 detik penuh.

4. Terakhir, sebelum menghembuskan napas, coba telan udara tersebut.

Dengan melakukan cara tersebut maka cegukanmu akan hilang seketika. Namun jika tak berhenti dalam sekali coba, maka kamu perlu melakukannya lagi ya.

Beri Komentar