Keajaiban Floating Forest, Satu-Satunya Hutan yang Mengapung di Atas Air

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 15 Juni 2020 16:20
Keajaiban Floating Forest, Satu-Satunya Hutan yang Mengapung di Atas Air
Hutan ini tumbuh di atas bangkai kapal.

Hutan biasanya berada di sebuah pulau atau tempat dengan banyak ditumbuhi pohon. Namun, bagaimana jika ada sebuah hutan yang tumbuh mengapung di lautan?

Ternyata ada lho hutan yang mengapung di lautan. Bukan di sebuah pulau, namun, hutan ini justru tumbuh di atas bangkai kapal yang sudah tak terpakai. Seperti apa sih bentuknya? Dilansir dari Oddity Central, berikut adalah ulasannya.

1 dari 2 halaman

Floating Forest

Floating Forest © Diadona

Banyak bangkai kapal yang berada di Homebush Bay, Sydney, dekat kampung Olympic. Namun, yang paling menyita perhatian adalah kapal bangkai SS Ayrfield. Sebuah vegetasi mangrove tumbuh di atas kapal dek kapal yang sudah berkarat. Ya, inilah yang dimaksud dengan Floating Forest.

Meskipun tampak menyeramkan dari jauh, namun saat mendekatinya, kamu akan melihat sebuah pemandangan unik di mana kapal tua yang ditumbuhi banyak pepohonan bak hutan yang terapung.

2 dari 2 halaman

Sejarah

      View this post on Instagram      

A post shared by Matt (@mattwellerphoto) on

 

Kapal bekas ini sebenarnya adalah kapal yang aktif pada masa Perang Dunia II yang bernama SS Ayrfield. Namun, ketika perang telah berakhir, SS Ayrfield dialihfungsikan menjadi kapal kargo yang membawa batu bara dari Newcastel, Inggris menuju Sydney Australia.

Ketika bisnis mulai lesu, dan perusahaan batu bara bangkrut, SS Ayrfield dibiarkan begitu saja bersama kapal lainnya. Di teluk tersebut memang terdapat banyak hutan mangrove. Oleh sebab itu, SS Ayrfield perlahan ditumbuhi oleh akar dari pohon mangrove dan menjadi sekarang.

Bagian lumbung kapal yang banyak ditumbuhi lumpur menjadi wadah bagi pohon mangrove untuk tumbuh di sana. Jika dihitung, kapal ini sudah berusia 105 tahun.

Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi hutan terapung ini?

Beri Komentar