Jadi Kompleks Termurah, Sewa Rumah di Tempat Ini Cuma Rp 14 ribu Pertahun! Ga Bangkrut Apa ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 4 Juni 2020 11:20
Jadi Kompleks Termurah, Sewa Rumah di Tempat Ini Cuma Rp 14 ribu Pertahun! Ga Bangkrut Apa ya?
Zaman sekarang Rp 14 ribu cuma bisa buat makan satu porsi.

Rumah adalah properti yang selalu naik tiap tahunnya. Umumnya, menyewa atau mengontrak rumah selalu naik dan tak pernah turun dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena lahan yang semakin sempit, sementara permintaan akan tempat tinggal dan rumah semakin banyak.

Namun, sepertinya hal ini tidak terjadi di Jerman. Ada sebuah Kompleks yang disebut Fuggerei yang berada di pinggiran kota Augsburg. Yang menjadi keunikan tempat ini adalah, sewa rumah di tempat ini nggak pernah naik selama ratusan tahun. Kamu hanya perlu membayar Rp 14 ribu aja pertahun untuk bisa tinggal di tempat indah ini.

1 dari 2 halaman

Kompleks Fuggerei

Kompleks Fuggerei © Diadona

Ya, sudah sejak 500 tahun lalu sejak kompleks ini ada, sewanya hanya 0,88 euro atau sekitar Rp 14 ribu pertahun. Apa nggak rugi ya pemilik properti ini dengan harga segitu?

Fuggerei sendiri didirikan oleh seorang pengusaha kaya bernama Jakub Fugger. Rupanya, pembangunan kompleks ini juga diperuntukan sebagai kompleks perumahan sosial bagi orang-orang yang kurang mampu di Augsburg.

Jakub sendiri memang memiliki tujuan untuk menyediakan tempat tinggal bagi orang yang membutuhkan. Hanya saja, syarat untuk tinggal di tempat ini adalah beragama Katolik dan terdaftar sebagai penduduk Augsburg setidaknya selama 2 tahun.

Para penduduk juga harus patuh pada jam malam. Penduduk tidak boleh berkeliaran di atas jam 22.00 dan harus mendoakan keluarga Fugger selama tiga kali dalam sehari. Peraturan ini bahkan masih berlaku hingga sekarang.

2 dari 2 halaman

Jadi Destinasi Wisata

Kompleks Fuggerei © Diadona

Dan yang paling menjadi sorotan adalah harga sewanya yang nggak pernah naik dari waktu ke waktu. Meskipun sudah berdiri selama ratusan tahun, para penduduk hanya perlu membayar sewa sebesar Rp 14 ribu pertahun.

Nggak cuma jadi kompleks perumahan saja, tempat ini juga menjadi destinasi wisata, lho. Setiap orang yang akan masuk ke sana harus membayar sebesar 4 euro atau sekitar Rp 64 ribu. Pengunjung bisa berjalan-jalan melalui lorong-lorong indah dan melihat rumah yang diubah menjadi museum sejarah.

Bagaimana, berminat untuk mengunjungi tempat ini? Atau kamu tertarik tinggal di sini karena harganya yang murah?

Beri Komentar