Ternyata Bangkok Jadi Ibu Kota Negara dengan Nama Terpanjang di Dunia loh!

Reporter : Nasa
Jumat, 14 Agustus 2020 13:10
Ternyata Bangkok Jadi Ibu Kota Negara dengan Nama Terpanjang di Dunia loh!
Kok bisa sih?

Siapa sih di dunia ini yang gak tahu kota Bankok. Yups, Ibu Kota Thailand ini sudah lama kondang jadi destinasi wisata manca negara yang sampai saat ini masih jadi wisata jujugan andalan, bagi turis dari seluruh dunia.

Selain dikenal sebagai destinasi wisata budaya yang sangat menarik, Bangkok juga dikenal sebagai kota yang jadi favorit karena biayanya yang sangat terjangkau. Belum lagi, banyak hal unik yang bisa kamu temui di sana.

Tapi selama ini kamu tahu gak sih, kalau Bangkok ternyata adalah Ibu Kota dengan nama terpanjang di dunia. Loh kok bisa gitu ya? Kan nama Bangkok cuma terdiri dari tujuh huruf aja? Masak iya nama kota dengan tujuh huruf dibilang panjang?

Eist, usut punya usut nih ya. Ternyata nama Bangkok itu cuma nama singkatnya aja. Bahkan kabarnya, nama Bangkok hanya disebut secara internasional aja loh. Masyarakat Thailand sendiri menyebut Bangkok dengan nama Krung Thep Mahanakhon atau Krung Thep.

1 dari 5 halaman

Kota Bangkok © Diadona

2 dari 5 halaman

Nama Asli Kota Bangkok

Dan ternyata, Bangkok atau Krung Thep ini punya nama lengkap yang panjang banget loh. Makanya gak heran kalau nama asli atau nama lengkap kota bangkok jadi nama Ibu Kota paling panjang di dunia. Ini dia nih nama asli kota Bangkok :

" Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit, Thailand"

3 dari 5 halaman

Kota Bangkok © Diadona

4 dari 5 halaman

Arti yang Indah

Nah kan panjang banget. Nama asli kota Bangkok tersebut setidaknya terdiri dari 176 huruf. Arti dari nama panjang itu ternyata juga sangat indah loh. Jadi seperti deskripsi sebuah indah penuh harapan dari masyarakatnya gitu.

Kota malaikat, kota besar, kediaman Buddha Zamrud, kota tak tertembus (tidak seperti Ayutthaya) Dewa Indra, ibu kota besar dunia yang diberkahi dengan sembilan permata berharga, kota bahagia, berlimpah di Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai kediaman surgawi di mana memerintah dewa yang bereinkarnasi, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Vishnukarn,"

5 dari 5 halaman

Itu dia arti sesungguhnya nama asli Kota Bangkok. Indah banget kan. Menariknya, ada sebuah akun TikTok yang juga mengulas fakta unik nama asli kota Bangkok ini nih. Jadi ada akun TikTok dengan nama @dea_wanggg yang bisa melafalkan nama lengkap kota Bangkok.

      View this post on Instagram    

Duh ilah, Bangkok aja udah bener deh ???? . ????: @dea_wanggg

A post shared by :Dagelan - Asikin aja lagiii (@dagelan) on

Wah keren ya. Dia yang ngomong, kita yang engap. Ayok siapa lagi yang bisa nyebutin nama asli kota Bangkok yang super panjang ini?

Beri Komentar