Bukan Gurun Pasir, Inilah Tempat Paling Kering di Dunia

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 10 Juli 2020 22:20
Bukan Gurun Pasir, Inilah Tempat Paling Kering di Dunia
Dry Valleys adalah suatu daerah di Antartika yang jadi tempat terkering di dunia.

Jika berbicara tentang tempat terkering di dunia, pasti yang ada di pikiran kita adalah sebuah tempat yang sangat panas tanpa adanya setetes air sedikitpun. Mungkin kita beranggapan jika Gurun Sahara menjadi tempat paling kering di dunia.

Ternyata, anggapan itu salah, tempat terkering di dunia justru ada di Dry Valleys yang ada di benua Antartika. Ya, benua yang jadi tempat dingin dengan banyak es itu justru menjadi tempat terkering di dunia. Kok bisa ya?

1 dari 2 halaman

Dry Valleys

Dry Valleys © Diadona

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata Gurun Sahara punya curah hujan kurang lebih 20 milimeter per tahun. Namun, di Dry Valleys curah hujannya justru 0 alias tidak ada sama sekali. Hal inilah yang menjadikan tempat ini adalah tempat terkering di dunia.

Ternyata, ada sebabnya kenapa tempat yang seharusnya dikelilingi es ini jadi tempat terkering di dunia. Letak Dry Valleys yang dikelilingi pegunungan yang tinggi menyebabkan es yang mencair memasuki lembah ini. Karena tidak adanya air yang masuk, tempat ini jadi semakin kering.

 

2 dari 2 halaman

Dry Valleys © Diadona

Ada juga sebuah penelitian yang menyebutkan jika kekeringan ini disebabkan karena hembusan angin katabalic yang kuat dari puncak-puncak gunung ke lembah. Angin dengan kecepatan hingga 322 km/jam ini membuat cair lapisan es, salju.

Saat ini, Dry Valleys lebih mirip permukaan Planet Mars dengan padang pasir dan bebatuan yang kering. Berani untuk ke tempat ini?

Beri Komentar