Harus Nahan Pipis Berhari-Hari, Tradisi Unik Pengantin Baru Asal Sabah Malaysia yang Bikin Ngilu!

Reporter : Nasa
Jumat, 10 Juli 2020 11:35
Harus Nahan Pipis Berhari-Hari, Tradisi Unik Pengantin Baru Asal Sabah Malaysia yang Bikin Ngilu!
Untuk masyarakat sana yang jadi pengantin baru, harus melakukan tradisi ini.

Hari bahagia sebagai pengantin baru biasanya disiapkan dengan matang baik oleh mempelai pengantin maupun keluarga besarnya. Sederet tradisi turun temurun biasanya juga dilakukan untuk membuat pernikahan makin sakral.

Nah, biasanya tradisi dan budaya pernikahan di setiap daerah terdiri dari hal-hal yang berbeda. Bahkan ada juga yang unik dan cenderung nyeleneh. Seperti tradisi pengantin asal Sandakan, Sabah, Malaysia.

Mengutip dari laman Boldsky, tradisi unik bagi pengantin baru di sana adalah adanya aturan untuk kedua mempelai untuk tidak ke toilet selama 3 hari 3 malam. Selama kurun waktu tersebut, pengantin baru harus menahan diri untuk tidak 'buang air'.

Tradisi unik tersebut terbilang cukup ketat. Karena biasanya mempelai akan diawasi oleh para tetua, agar mereka bisa melaksanakan tradisi itu sesuai dengan aturan. Selain tak boleh buang air, mereka juga tidak boleh mandi loh.

1 dari 3 halaman

Tradisi Unik Pengantin Baru © Diadona

2 dari 3 halaman

Makan dan Minum Sangat Sedikit

Karena mereka sama sekali tak boleh ke toliet atau kamar mandi selama 3 hari 3 malam, maka satu-satunya cara agar bisa melakukannya dengan maksimal adalah dengan makan dan minum seminimal mungkin.

Tentunya mereka akan terus didampingi oleh keluarga terdekat, untuk mengawasi kondisi mereka selama kurun waktu pelaksanaan tradisi unik ini. Baru nanti setelah 3 hari 3 malam berlalu, mereka dibolehkan makan, minum, dan membersihkan diri.

3 dari 3 halaman

Ritual Untuk Melatih Menahan Diri

Kabarnya, masyarakat setempat mempercayai bahwa melanggar tradisi untuk tak buang air atau pipis selama kurun waktu tertentu tersebut bisa melambangkan hal buruk. Pengantin yang melanggar tradisi tersebut katanya akan bernasib sial.

Mereka percaya, tradisi tersebut bisa menghindarkan pengantin dari hal-hal buruk di masa mendatang. Mulai dari prahara rumah tangga yang berujung perceraian, sampai dengan kematian anak mereka ketika masih kecil.

Nah, baru setelah selasai menunaikan tradisi tersebut, mereka dipercaya bisa menjalankan biduk rumah tangga dengan baik. Lalu juga bisa memimpin hidup mereka secara baik di masa yang akan datang.

Wahh negbayanginnya kok ngilu ya, disuruh nahan pipis selama 3 hari 3 malam gitu. Walaupun juga mereka sebenernya diminta untuk makan dan minum seminim mungkin. Gimana nih menurut kamu tentang tradisi unik asal Sabah ini?

Beri Komentar