Goa Bangkang, Pesona Keindahan 'Cahaya Tuhan' di Lombok yang Memukau

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 3 Februari 2021 17:03
Goa Bangkang, Pesona Keindahan 'Cahaya Tuhan' di Lombok yang Memukau
Salah satu goa unik nan indah yang ada di Lombok.

Goa Bangkang adalah sebuah goa yang cukup besar yang terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Goa Bangkang memang belum seterkenal destinasi lainya di Lombok seperti desa Sade, Pantainya atau Gunung Rinjani. Goa Bangkang justru lebih dikenal oleh beberapa wisatawan yang memang menyukai eksplore wisata yang masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

Disekeliling goa, terdapat perbukitan dengan hutan yang hijau karena banyaknya tumbuhan dan pepohonan. Bagi para wisatawan yang berada di Lombok, jika telah merasa bosan dengan pantai-pantai yang terlihat di berbagai tempat, lokasi ini cocok untuk menjadi alternatif.

1 dari 3 halaman

      View this post on Instagram      

A post shared by Lombok hits kekinian (@lombok_hits_nesia)

 

Goa Bangkang bisa kita jumpai saat kita melintasi antara Pantai Kuta Lombok dan Pantai Are Guling. Memang belum ada petunjuk resmi keberadaan Goa Bangkang. Jika kamu sudah berada di desa Prabu tanyakan saja kepada penduduk setempat keberadaan Goa Bangkang. Nanti mereka akan memberikan petunjuk lokasi Goa Bangkang berada. Sebenarnya Goa Bangkang juga lokasinya tak terlalu jauh dari jalan raya jadi kalian bisa memarkirkan kendaraan dipinggir jalan atau diwarung yang dekat dengan Goa Bangkang.

2 dari 3 halaman

Goa Bangkang Mulai dikenal wisatawan saat beberapa selbgram hits luar negri mulai mengupload foto kerenya saat berada didalam Goa Bangkang. Cahaya indah dari lubang-lubang goa membentuk sebuah cahya yang sangat unik seolah berasal dari tuhan atau dari langit.

      View this post on Instagram      

A post shared by Selong Selo Resort | Residence (@selongselo)

 

Lokasi dalam goa yang gelap menambah kesan dramatis saat kita menjepretkan kamera kearah cahaya tersebut. Dengan membayar biaya Rp. 10.000, para pengunjung goa bisa menikmati kunjungan dan melakukan berbagai aktivitas. Yang sering menjadi favorit pengunjung adalah melakukan foto di spot “cahaya tuhan”.

3 dari 3 halaman

Saat kita mendaki bukit menuju Goa Bangkang akan tercium bau yang sangat menyengat. Yap, bau tersebut berasal dari kotoran kelalawar yang memenuhi hampir seiisi goa. Bila teman-teman kuat menahan baunya, coba saja masuk sebentar dan beridri dibawah cahaya yang keluar dari salah satu lobang diatas goa.

      View this post on Instagram      

A post shared by Tyo.aditya (@tyo.aditya)

 

Kelalawar yang bergelantungan diatas goa juga akan membuat bulu kuduk merinding. Oh ya Perlu diingat jika ingin mengeksplore lebih dalam lagi wajib didmpingi warga setempat dan membawa penerangan yang cukup. Jika ingin lebih jauh lagi mengeksplor goa, disarankan untuk membawa peralatan dan perlengkapan. Sehingga segala kondisi yang terkadang tidak bisa diprediksi bisa dihadapi dan tidak mengakibatkan kecelakaan. Ingatlah untuk tetap waspada meskipun kondisi goa yang sejauh ini masih aman-aman saja.

Gimana? Tertarik mencoba keindahan goa yang eksotis ini? Kalau jadi kesini, tetap utamaka protokol kesehatan ya!

Beri Komentar