Aneh Tapi Nyata, Desa di Kebumen ini Larang Warganya Jualan Nasi

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 9 Juni 2021 18:03
Aneh Tapi Nyata, Desa di Kebumen ini Larang Warganya Jualan Nasi
Loh kenapa nih? Apa karena takut kutukan?

Desa Penimbun, Kecamatan Karangayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah punya sebuah pantangan yang sudah dipercaya turun-temurun, yakni tidak boleh ada orang yang menjual nasi di desanya. Kenapa?

Sekilas Panimbun tampak seperti desa pada umumnya. Dihiasi sawah dan perkebunan serta warga hidup dengan tenang saling menghormati.

Namun, jika kamu berkunjung ke desa ini jangan heran jika akan kesulitan untuk menemukan warung makan yang menyediakan nasi.

1 dari 4 halaman

Desa PenimbunDesa Penimbun © Okezone.com

Warung yang kamu temui hanya akan menjual sebatas lauk, gado-gado, lotek, mie ayam dan juga karedok. Tidak ada nasi. Ternyata ada larangan jual nasi. Pantangan ini diyakini sudah ada sejak dulu di Desa Panimbun.

Konon katanya jika ada warga setempat yang melanggar pantangan ini akan ada musibah yang akan menimpanya. Penduduk setempat hanya diperbolehan memberikan nasi kepada orang lain secara gratis tanpa biaya tambahan apapun.

2 dari 4 halaman

Apabila kamu mampir pada salah satu warung makan di desa penimbun ini, sebaiknya jangan memesan menu nasi pada hidangan. Penjual mungkin akan memberikan nasi secara gratis meskipun kamu memaksa akan membayarnya.

Mengenai mitos yang beredar di desa tersebut rupanya dibenarkan oleh pemerintah setempat.

3 dari 4 halaman

Desa PenimbunDesa Penimbun © Okezone.com

Ada berbagai makna dan sebab mengapa desa tersebut masih mempercayai mitos ini. Di mana saat ini telah memasuki zaman modern dan banyak orang mengurangi kepercayaan akan berbagai mitos yang beredar.

Makna sesungguhnya yang mesti diketahui bahwa sawah desa penimbun ini menggunakan sistem tadah hujan serta memiliki kontur tanah yang tidak begitu subur.

4 dari 4 halaman

Desa PenimbunDesa Penimbun © Okezone.com

Dengan demikian untuk menanam padi akan butuh usaha dan perjuangan ekstra yang sangat beresiko terjadinya gagal panen.

Dari situlah nenek moyang menyimpulkan nasi memiliki arti sangat penting dalam sumber makanan untuk kelangsungan hidup kedepanya. Melihat nasi adalah bahan kebutuhan pokok semua orang Indonesia. Gimana nih menurut kamu?

Beri Komentar