Keren, Ada Jalan yang Bisa Nyanyi di Jepang, Gimana Suaranya ya?

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 17 Februari 2020 13:26
Keren, Ada Jalan yang Bisa Nyanyi di Jepang, Gimana Suaranya ya?
Kamu akan mendengarkan suara teratur yang membentuk suatu nada ketika kamu melintasi ini menggunakan mobil atau bus. Kok bisa?

Ada-ada saja yang dilakukan oleh Jepang dalam membuat suatu inovasi. Kerap menggemparkan dunia dengan teknologi-teknologi canggihnya, kini jepang juga memiliki jalanan yang bisa mengeluarkan nada teratur seperti bermain musik suling.

Ya, jalan ini bernama Melody Road, yang terletak di beberapa tempat diantaranya Hokkaido dan Wakayama.

1 dari 2 halaman

Proyek ini sebenarnya sudah dibuat tahun 2007 oleh Hokkkaido National Industrial Research Institute dari ide Shizou Shinoda. Ia menggunakan teknik resonansi sonik dengan cara unik. Shizou membuat setiap alur jalan memiliki jarak yang berbeda-beda agar bisa mengeluarkan jenis melodi yang berbeda.

Teknologi ini memanfaatkan gesekan setiap kendaraan yang melintasinya, semakin cepat kendaran melintas, semakin cepat pula irama yang dihasilkan, begitu pula sebaliknya.

 

2 dari 2 halaman

Melody Road Jepang © Diadona

Sebelum melintasi jalan ini, kamu akan melihat rambu lalu lintas bertuliskan Melody Road. Selain itu, jalanannya juga dilukis note balok sehingga memberikan nuansa musikal ketika kamu memasuki jalan ini.

Pembuatan jalan ini bukan tanpa tujuan. Dengan adanya Melody Road ini, diharapkan pengendara tidak akan mengantuk ketika melintasinya, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan di Jepang. Bahkan, konsep ini juga sudah tersebar di berbagai negara seperti Denmark, Amerika, Meksiko dan Korea Selatan. Kalau di Indonesia kapan ya?

Beri Komentar