7 Fakta Unik ini Bikin Kamu Wajib Liburan ke Manado, Apa Saja Sih?

Reporter : Kurnia
Senin, 12 September 2022 12:16
7 Fakta Unik ini Bikin Kamu Wajib Liburan ke Manado, Apa Saja Sih?
sebelum melancong ke Manado, sebaiknya kamu tahu tentang fakta unik yang berbeda ini

Sudah siapkah waktu untuk liburan akhir tahun ini? Jika belum, sepertinya kamu wajib menyematkan Manado dalam daftar utama tujuan wisata kamu nih, Diazens.

Gak melulu di Bali, karena di Manado kamu juga bakal dapat berbagai hal menarik yang tidak bisa kamu dapatkan dari kota lain. Mulai dari kecantikan wisata alamnya, budaya, bahasa, hingga keunikan makanannya wajib banget kamu cicipi.

Dibalik keindahan dan keanekaragamannya, ada fakta unik yang wajib kamu ketahui tentang kota Manado. Apa saja?

1 dari 6 halaman

Bahasa Daerah

Berada di Sulawesi Utara, Manado juga memiliki bahasa yang khas, sama seperti kota-kota lain di Indonesia.

Uniknya, Bahasa Manado memiliki kata serapan dari Bahasa Portugis loh, Diazens. Keren nggak tuh?

Pluralisme budaya ini terjadi ketika orang Portugis berada di Manado untuk menjajah hingga mendapat penerimaan budaya dari masyarakat sekitar. Selain itu, bahasa Manado juga memiliki kemiripan dengan bahasa Maluku maupun daerah lain yang ada di bagian timur Indonesia.

2 dari 6 halaman

Makanan Ekstrem

Bagi pecinta kuliner, terlebih yang suka makanan pedas sebaiknya melangkah ke Manado lebih cepat adalah jadwal liburan yang mengasyikan. Bagaimana tidak, pasalnya Manado terkenal dengan berbagai jenis kuliner pedas dengan variasi yang unik sekaligus ekstrem untuk dicoba.

Salah satu yang wajib kamu coba saat melancing ke Manado ada paniki. Makanan ini berasal dari kelelawar yang dibakar atau digoreng dengan bumbu dan cita rasa khas Manado.

3 dari 6 halaman

Pemandangan Alam yang Indah

Kota Manado © Diadona

Selain budaya, Manado juga menyajikan pemandangan indah. Salah satunya adalah Pulau Bunaken yang terletak di Teluk Manado dan telah menjadi salah satu primadona yang dimiliki Indonesia. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keindahan dan keanekaragaman biota laut yang indah di sana.

Untuk sampai ke sana, kamu perlu menyebrang menggunakan kapal yang tentu saja dengan suguhan keindahan bawah laut melalui kaca transparan.

4 dari 6 halaman

Miliki Angkutan Kota kekinian

Saat ke Manado, kamu wajib banget berkeliling kota dengan mikrolet  ikonik yang khas. Mungkin kamu bakal takjub saat melihat posisi tempat duduk berlalpis yang ada di dalam mikrolet layaknya mobil pribadi.

Meski ini kendaraan umum, namun pada sopir mikrolet di Manado biasanya memutar musik dan menambahkan ornamen lampu hias untuk menambah kesan trendi angkutan mereka loh. Musik yang diputar pun cukup beragam ya, Diazdens. Mulai dari lagu daerah hingga mancanegara yang sedang hits.

Kota Toleran

Manado kembali dinobatkan sebagai salah satu kota paling toleran di Indonesia pada 2021. Kota Manado berada di peringkat kedua Indeks Kota Toleran (IKT) di Indonesia dengan total nilai 6.400, menempati posisi kedua setelah Kota Singkawang.

5 dari 6 halaman

Kota Seribu Gereja

Kota Manado terkenal memiliki banyak gedung gereja yang tersebar hampir di seluruh sudut kota. Bahkan, setiap gereja yang ada di Kota Manado juga memiliki ciri khas masing-masing, loh.

Dikenl dengan julukan ‘Kota Seribu Gereja’, bagi umat Kristiani yang melancong ke Manado tentu bisa sangat dengan mudah menemukan tempat untuk beribadah.

Meski gereja menjadi rumah ibadah mayoritas, Diazens gak perlu khawatir karena tempat ibadah agama lain seperti masjid, vihara, dan kelenteng juga banyak berdiri di kota Manado kok. Sesuai dengan fakta sebelumnya, penduduk kota ini memang terkenal sangat toleran satu sama lain.

So, sudah siap untuk melancong ke Manado akhir tahun ini? Siapkan budget dan lokasi wisata tujuan kamu di Manado ya!

Beri Komentar