25 Tempat Wisata di Kota Solo Terbaru dan Paling Hits yang Wajib Banget kamu Kunjungi!

Reporter : Nasa
Jumat, 23 April 2021 09:34
25 Tempat Wisata di Kota Solo Terbaru dan Paling Hits yang Wajib Banget kamu Kunjungi!
Yuk simak deretan rekomendasinya..

Tempat Wisata di Kota Solo sudah lama jadi salah satu daya tarik wisata utama di Jawa Tengah loh. Selain Jogja dan Semarang, Solo atau Surakarta dikenal memiliki segudang daya tarik wisata memesona otentik yang bakal sulit kamu temukan di daerah lain.

Menurut info dari laman Solo the Spirit of Java, Jumat (23/2/2021), setidaknya terdapat 5 alasan utama kenapa kamu harus memilih Solo sebagai daerah kunjungan wisatamu kali ini. Kelima alasan tersebut adalah, karena Solo merupakan surganya kuliner, surga belanja barang unik, terdiri dari beragam festival, punya beragam akomodasi, serta penawaran wisata low budget yang menarik.

Gak heran dong ya kalau Solo sejauh ini selalu menduduki deretan posisi teratas rekomendasi wisata paling hits nih di seantero Pulau Jawa, bahkan di Indonesia. Jadi buat kamu yang masih bingung liburan ke mana pada momen liburan kali ini, yuk intip deretan rekomendasi Wisata Kota Solo yang sudah dihimpun dari berbagai sumber berikut ini :

1 dari 2 halaman

Tempat Wisata di Kota Solo

Buat kamu yang masih belum pada tahu ya, deretan Tempat Wisata di Kota Solo tak hanya menawarkan deretan wisata klasik yang memesona loh. Tapi juga beragam destinasi menarik kekinian dengan spot foto menarik yang instagramable banget loh Diazens. Ini dia deretan rekomendasi Tempat Wisata di Kota Solo :

1. Pasar Antik Triwindu

Wisata Kota Solo - Pasar Antik Triwindu © Diadona

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Solo yang pertama ada Pasar Antik Triwindu yang lokasinya ada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari. Buat kamu si pemburu barang antik pasti sudah gak asing lagi nih sama tempat ini. Saat berkunjung ke sana, kamu bisa tuh dapetin sederet barang antik dengan harga terjangkau, plus dapet spot foto menarik dan unik.

2. Kampung Batik Kauman

Wisata Kota Solo - Kampung Batik Kauman © Diadona

Kemudian ada Kampung Batik Kauman yang berlokasi di Jalan Cakra, Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon. Buat kamu yang penasaran tentang seluruh proses dan seluk beluk proses pembuatan batik, wajib banget dateng ke sini. Pasalnya, di sana kamu bisa melihat langsung proses pembuatan batik di sentra industrinya langsung. Selain itu, kamu juga bisa membeli prosuk-produk batik berkualitas dengan harga bersaing.

3. Pura Mangkunegaran

Wisata Kota Solo - Pura Mangkunegaran © Diadona

Berikutnya ada Pura Mangkunegaran yang lokasinya terdapat di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Kecamatan Banjarsari. Pura atau Istana Mangkunegaran ini merupakan bangunan pusat budaya dan seni di Kota SOlo dengan beragam koleksi berharga yang ada di dalam istana dan dipercaya berasal dari Kerajaan Mataram dan Majapahit.

4. Monumen Pers Nasional

Wisata Kota Solo - Monumen Pers Solo © Diadona

Tempat Wisata di Kota Solo selanjutnya ada Monumen Pers Nasional yang memiliki arsitektur bangunan yang sangat unik. Kabarnya, Monumen Pers Nasional ini merupakan salah satu balai pertemuan yang telah dibangun sejak Pemerintahan Mangkunegara VII, tepatnya pada tahun 1918. Bangunan yang dulunya punya nama sebagai Societeit Sasana Soeka ini pernah menjadi lokasi radio publik pertama di Indonesia loh.

5. Pasar Gede

Wisata Kota Solo - Pasar Gede © Diadona

Ada juga Pasar Gede yang lokasinya berada di Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres. Pasar Gede ini disebut-sebut menjadi pasar tertua yang terdapat di Solo loh. Bangunan Pasar Gede yang berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta ini merupakan perpaduan antara arsitektur Belanda dan Jawa.

2 dari 2 halaman

Destinasi Wisata Kota Solo

Wisata Kota Solo - Keraton Kasunanan Surakarta © Diadona

Lebih lanjut, kali ini Diadona juga turut menghadirkan deretan Destinasi Wisata Kota Solo yang bisa kamu jadikan sebagai tambahan referensi. Selain daftar rekomendasi utama di atas, deretan Destinasi Wisata Kota Solo berikut ini juga sayang banget loh untuk dilewatkan.

6. Keraton Kasunanan Surakarta (Bangunan bersejarah yang menyimpan beragam budaya sejarah kerajaan)
7. Stadion Manahan (Salah satu bangunan stadion terbaik di Indonesia)
8. Taman Sriwedari (Taman Hiburan Rakyat yang Sejuk)
9. Ngarsopuro Night Market (Pasar malam dengan tatanan rapi yang memesona)
10. Lokananta Recording Audio & Video Cassette (Bangunan perusahaan musik pertama di Indonesia)
11. Agrowisata Sondokoro Karanganyar (Kawasan wisata unik bekas bangunan pabrik gula)
12. Kebun Binatang Taru Jurug (Kebun binatang edukasi berkonsep alam)
13. Masjid Laweyan (Masjid pertama di Solo)
14. Museum Batik Danar Hadi (Museum dengan beragam koleksi batik unik)
15. Tugu Lilin (Monumen bersejarah yang melambangkan perjuangan rakyat)
16. Loji Gandrung (Bangunan Rumah Dinas Walikota Solo yang bersejarah)
17. Museum Radya Pustaka (Bangunan bersejarah dengan beragam koleksi peninggalan Keraton Mataram.
18. Masjid Agung Surakarta (Masjid Agung bersejarah di Solo)
19. Museum Keris Solo (Museum dengan ribuan koleksi keris yang memukau)
20. Benteng Vastenburg (Bangunan bersejarah peninggalan Belanda

Itu dia Diazens deretan Wisata Kota Solo yang terdiri dari Tempat Wisata di Kota Solo dan juga Destinasi Wisata Kota Solo yang sudah dihadirkan sama Diadona. Nah keren-keren banget kan deretan rekomendasinya? Gimana nih Diazens, untuk mutusin mau liburan ke mana?

Beri Komentar