12 Negara Paling Berbahaya untuk Lakukan Solo Traveling bagi Perempuan

Reporter : Sheila Fathin
Jumat, 13 Agustus 2021 13:00
12 Negara Paling Berbahaya untuk Lakukan Solo Traveling bagi Perempuan
Lebih baik kalau ke negara ini rame-rame aja ya...

Berpetualang sendiri ke tempat yang belum pernah dikunjungi merupakan hal baru yang menyenangkan sekaligus menyeramkan. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang ada di daftar bucket list kamu tanpa perlu menunggu orang lain untuk menemani kamu. 

Namun, kenyataan di lapangan solo traveling itu memiliki beberapa risiko yang perlu kita waspadai. Apalagi sebagai perempuan yang punya hobi untuk melakukan petualangan sendiri. Beberapa tempat memang ada yang aman untuk dijadikan tempat solo traveling dan ada juga beberapa tempat yang bahaya untuk dijadikan solo traveling karena dampaknya tidak hanya barangmu saja yang hilang. Melainkan nyawamu juga bisa saja menghilang. 

Dilansir dari Forbes, sekitar 32 juta perempuan saat ini lebih banyak suka melakukan solo traveling. Hal ini cukup menjadi sesuatu yang berisiko karena menurut The New York Times dari artikelnya yang berjudul ‘Adventurous, Alone, Attacked’ terdapat beberapa pelancong wanita yang dikabarkan terbunuh karena melakukan perjalanan solo traveling sendiri. Contoh saja seperti kasus Carla Stefaniak yang terbunuh di Kosta Rika, seorang backpacker Jerman berusia 26 tahun di Thailand terbunuh dan serangan brutal terhadap wanita di sebuah hotel di Republik Dominika.

Dari kasus-kasus tersebut telah menjadi warning bagi beberapa orang apalagi pelancong wanita yang punya hobi untuk melakukan solo traveling. Nah, ini beberapa negara versi jurnalis Asher dan Lyric Fergusson yang dilansir dari Forbes :

1 dari 12 halaman

Afrika Selatan

Solo Traveling © Diadona

Di negara Afrika Selatan, pelancong wanita yang melakukan kegiatan traveling sendirian karena bisa diperlakukan dengan sangat tidak manusiawi. Walau seiring dengan berjalannya waktu beberapa hal telah berubah, perilaku-perilaku konservatif untuk melarang wanita melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh laki-laki itu masih tetap ada.

2 dari 12 halaman

Brazil

Brazil merupakan negara yang cukup bahaya bagi wanita untuk melakukan solo traveling daripada Afrika Selatan. Namun kedua negara ini masih sama-sama bahaya. Brazil memiliki skor yang buruk untuk keselamatan jalan bagi wanita. Selain itu pembunuhan terhadap wanita pun bukan lagi karena ketidaksengajaan melainkan merupakan hal yang disengaja. Pemerintahan AS sudah memperingatkan bagi wanita yang hendak pergi ke sana untuk tidak melakukan perjalanan sendiri.

3 dari 12 halaman

Rusia

Rusia menjadi negara dengan kasus banyaknya wanita yang dibunuh dengan sengaja dan terjadinya kekerasan seksual. Mereka juga termasuk negara terburuk dalam persoalan gender di ranah hukum untuk wanita.

4 dari 12 halaman

Meksiko

Meksiko merupakan negara yang paling banyak dikunjungi. Namun, kamu sebagai wanita perlu berhati-hati dan tidak disarankan untuk melakukan solo traveling. Pasalnya, negara ini dinilai sangat buruk untuk terhadap keselamatan jalan, pembunuhan dan kekerasan seksual atau pemerkosaan terhadap wanita.

5 dari 12 halaman

Iran

Iran merupakan negara yang cukup diskriminatif terhadap perempuan. Negara ini juga sangat tidak inklusi dengan kesetaraan gender. Hanya saja, di negara ini sangat rendah terjadinya pembunuhan terhadap perempuan.

6 dari 12 halaman

Republik Dominika

Solo Traveling © Diadona

Republik Dominika menjadi tempat wisata populer bagi orang Amerika. Namun setelah muncul banyak berita tentang serangkaian kematian yang misterius terjadi, negara ini tidak aman untuk wanita yang bepergian sendirian. 

7 dari 12 halaman

Mesir

Mesir menempati peringkat yang sangat buruk dalam kesenjangan gender global dan ketidaksetaraan gender. Negara ini juga buruk dalam keselamatan jalan. Negara ini pun memiliki undang-undang perkawinan dan perceraian yang buruk dan perwakilan pemerintah yang cukup buruk. Tetapi upaya untuk menurunkan kesenjangan gender sedang dilakukan dengan memberikan lebih dari 600 beasiswa kepada wanita yang belajar di bidang bisnis, sains dan teknik.

8 dari 12 halaman

Maroko

Solo Traveling © Diadona

Maroko merupakan negara terburuk kekerasan seksual terhadap pasangan. Negara ini juga mendapat skor buruk dengan ketidaksetaraan gender dan kesenjangan gender global. Skor keselamatan jalan juga tidak jauh lebih baik.

9 dari 12 halaman

India

India memang terkenal dengan negara yang mendapat nilai buruk untuk ketidaksetaraan gender. Selain itu negara ini sangat buruk dalam kekerasan dalam pasangan dan kesenjangan gender. Paranya, wanita yang diperkosa di India hampir 90% mengenali siapa pelakunya. Ditambah bahkan ada orang yang menyatakan jika ingin berwisata ke India jangan pergi ke tempat selain Mumbai dan New Delhi. 

10 dari 12 halaman

Thailand

Walau Thailand merupakan negara yang paling banyak dikunjungi daripada negara ASEAN lainnya karena tempat wisatanya sangat bagus, namun negara ini ternyata sangat bahaya bagi wanita untuk melakukan solo traveling. Di sana kekerasan terhadap wanita sangat buruk. Negara ini juga memiliki peringkat yang buruk dalam kekerasan pasangan intim dan ketidaksetaraan gender.

11 dari 12 halaman

Malaysia

Malaysia menjadi negara yang sangat buruk terkait masalah kekerasan seksual terhadap pasangan dan masalah ketidaksetaraan gender. Hal ini membuat Malaysia menjadi salah satu negara Asia terburuk untuk solo traveler wanita, tepat di belakang India dan Thailand. 

12 dari 12 halaman

Arab Saudi

Solo Traveling © Diadona

Arab saudi menjadi negara yang harus menjadi pertimbang bagi wanita yang ingin melakukan solo traveling karena negara ini sangat buruk dalam diskriminasi hukum terhadap wanita. Banyak wanita melarikan diri dari negara untuk menemukan kebebasan mereka sendiri dan untuk menghindari pelecehan.

Jadi Diazens, kalau ingin memutuskan untuk melakukan petualangan ke negara yang sudah disebutkan ada baiknya kalau kalian mungkin bisa melakukan perjalanan dengan teman-teman kamu. Jangan sampai keselamatan kamu jadi taruhannya hanya karena kamu lebih mementingkan keinginan kamu untuk solo traveling tanpa memikirkan dampaknya ya. 

Beri Komentar