Cara Pesan Tiket Kereta Api Online dari Website dan Aplikasi, Cocok untuk Para Traveller

Reporter : Novi Hardita Larasati
Senin, 31 Agustus 2020 08:39
Cara Pesan Tiket Kereta Api Online dari Website dan Aplikasi, Cocok untuk Para Traveller
Begini cara pesan tiket kereta api melalui website atau aplikasi yang mempermudah para traveller.

Seperti yang diketahui, kereta api merupakan salah satu moda transportasi favorit di Indonesia, terutama untuk kamu yang suka travelling. Pasalnya, selain nyaman dan bebas macet, harga tiket kereta juga masih terjangkau.

Namun, sayangnya tidak sedikit yang paham bagaimana cara pesan tiket kereta api melalui website atau aplikasi yang telah disediakan. Sehingga, hal inilah yang membuat beberapa orang batal berpergian menggunakan kereta api.

Tapi kamu nggak usah khawatir, berikut cara pesan tiket kereta api online yang bisa kamu pelajari, yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Cara Pesan Tiket Kereta Api © Diadona

Cara memesan tiket kereta api online yang bisa kamu lakukan ialah mengunjungi laman website resmi PT. KAI yang bisa diakses oleh siapa saja.

Di sini, kamu bisa memiliki lokasi stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, serta waktu keberangkatan sesuai kebutuhan. Untuk lebih lengkapnya, simak cara pesan tiket kereta api online berikut ini.

1. Langkah pertama cara pesan tiket kereta api online adalah kunjungi website resmi pemesanan tiket KAI di https://kai.id. Untuk melalui website ini kamu harus login terlebih dahulu untuk memesan tiket.

2. Selanjutnya, isi kolom pemesanan tiket dengan lengkap dan sesuai, sperti stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.

Pada jumlah penumpang perlu disebutkan dengan jelas, baik penumpang dewasa ataupun anak-anak kurang dari 3 tahun.

3. Setelah pengisian selesai, cara pesan tiket kereta api online berikutnya akan muncul jadwal beberapa kereta api sesuai dengan tujuan dan waktu keberangkatan yang dibutuhkan.

2 dari 3 halaman

Cara Pesan Tiket Kereta Api © Diadona

4. Kemudian, isi data pemesanan yang berupa nama, nomor identitas (KTP/SIM), email, alamat, dan no.hp yang aktif. Selanjutnya klik menu Tambahkan ke Daftar Penumpang yang terletak di bawah kotak data pemesanan dan centang opsi kalau tiket yang dipesan termasuk untuk diri sendiri.

5. Sebelum lanjut pada proses pemilihan pembayaran, kamu masih bisa mengubah posisi kursi yang bisa disesuaikan dengan keinginan sebagai cara pesan tiket online.

6. Kalau sudah, cara pesan tiket kereta api selanjutnya kamu memilih opsi pembayaran. Di sini kamu bisa memilih pembayaran melalui LinkAja, ATM, Mobile Banking, atau gerai retail yang ada.

7. Langkah terakhir cara pesan tiket kereta api online ialah kamu akan mendapatkan Kode Pembayaran yang nantinya digunakan saat melakukan transaksi dan kode tiket yang nantinya akan kamu cetak sebagai boarding pass saat check in di counter stasiun.

3 dari 3 halaman

Cara Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka

Cara Pesan Tiket Kereta Api © Diadona

Kalau dulu pemesanan tiket kereta api hanya dilayani di loket, sekarang kamu bisa memesannya tiket secara online, lho! Cara pesan tiket kereta api melalui online ini sangat menguntungkan pengguna transportasi kereta, terlebih yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

Salah satu aplikasi online yang menyediakan layanan pesan tiket kereta api ialah Traveloka. Untuk itu, berikut cara pesan tiket di Traveloka yang telah dilansir dari laman Traveloka.com

1. Langkah pertama cara pesan tiket kereta api di Traveloka ialah pilih menu Tiket Kereta Api. Lalu, isi rute, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang kamu inginkan, kemudian klik Cari Tiket.

2. Setelah pilih Cari tiket, otomatis kamu akan bisa melihat nama kereta, kelas, dan jam keberangkatan. Lalu, pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Cara pesan tiket online di Traveloka berikutnya adalah isi detail yang diperlukan seperti Data Pemesan dan Data Penumpang, lalu kamu memilih kursi dengan mengetuk Pilih Kursi.

4. Langkah terakhir pesan tiket online di Traveloka ialah klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan pembayaran. Selesai.

Itulah cara pesan tiket kereta api online melalui website resmi atau aplikasi. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar