11 Peralatan yang Wajib Dibawa Ketika Mendaki Gunung di Indonesia

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 18 Maret 2021 16:20
11 Peralatan yang Wajib Dibawa Ketika Mendaki Gunung di Indonesia
Beberapa peralatan ini bisa jadi rekomendasi untuk kamu yang hendak melakukan pendakian.

Indonesia memiliki ragam gunung yang tersebar dari Sabang Sampai Merauke. Gak heran jika Indonesia juga bisa dibilang sebagai surganya para pendaki.

Mulai dari gunung aktif sampai yang tidak aktif, semuanya memiliki daya tarik tersendiri untuk para pendaki.

Meskipun menjadi surga bagi para pendaki, banyak juga kejadian-kejadian yang memilikan ketika para pendaki sedang melakukan trekking. Mulai dari pendaki yang hilang, hingga meninggal saat perjalanan. Tentu kejadian ini harus diminimalisir oleh pendaki itu sendiri.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan ketika mendaki adalah membawa peralatan yang lengkap. Lalu, peralatan apa aja sih yang perlu kamu bawa ketika ingin mendaki gunung? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 11 halaman

1. Carrier

Tas Gunung © Diadona

Tas atau carrier ini wajib banget kamu bawa. Carrier punya bahan yang lebih kuat dan ukuran yang lebih besar, sehingga cocok untuk kamu yang membawa peralatan banyak ketika akan mendaki.

2 dari 11 halaman

2. Baju Khusus Mendaki

Jaket Tebal © Diadona

Pakai baju gunung, celana gunung, sampai jaket gunung. Pakaian khusus mendaki gunung biasanya tidak ketat, ringan, hangat, dan cepat kering saat basah. Jaket gunung biasanya lebih tebal sehingga bisa mencegah kamu dari hipotermia ketika suhu sedang rendah.

3 dari 11 halaman

3. Sepatu Gunung

Sepatu Gunung © Diadona

Gunakan sepatu gunung. Sepatu gunung lebih kuat dan tidak licin. Ini untuk menghindari debu dan kerikil masuk ke sela-sela sepatu.

4 dari 11 halaman

4. Senter

Ilustrasi Lampu Senter © Diadona

Senter atau alat penerangan sangat penting dibawa. Ketika hari sudah malam, kamu perlu pencahayaan, karena di gunung tak ada listrik atau sumber cahaya di malam hari.

5 dari 11 halaman

5. Kompor Kecil dan Nesting (Cooking Set)

Peralatan masak Gunung © Diadona

Kompor perlu kamu bawa untuk memasak air, atau makanan cepat saji di alam liar. Ukurannya biasanya lebih kecil agar praktis dibawa.

6 dari 11 halaman

6. P3K

Kotak P3K © Diadona

Bawalah kotak P3K atau kotak medis. Hal ini untuk mengatasi luka-luka ringan yang tak terduga.

7 dari 11 halaman

7. Tenda

Tenda © Diadona

Tenda sangat perlu dibawa ketika kamu mendaki dan hendak bermalam di tempat itu. Tenda bisa menjadi pengganti atap rumah dan tempat beristirahat ketika berada di atas gunung.

8 dari 11 halaman

8. Sleeping Bag

Sleeping Bag © Diadona

Sleeping Bag adalah salah satu alat yang wajib kamu bawa saat mendaki. Dengan menggunakan sleeping bag, kamu bisa tidur dengan nyaman meskipun berada di alam liar.

9 dari 11 halaman

Trekking Pole

Ilustrasi Trekking Pole © Diadona

Trekking Pole atau tongkat perlu dibawa jika kamu akan mendaki gunung dengan jalur pendakian yang ekstrem. Ini untuk menyeimbangkan tubuh ketika mendaki.

10 dari 11 halaman

Survival Kit

Survival Kit © Diadona

Bawalah survival kit seperti pisau, korek api, peluit, kompas, dan lain sebagainya.

Beri Komentar