Trik Jitu Bikin Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamu

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 2 Juli 2021 14:15
Trik Jitu Bikin Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamu
Ngerasa komunikasi kalian masih sangat minim?

Komunikasi yang baik menjadi penanda bahwa hubungan asmara juga berjalan dengan baik. Meski kelihatan mudah dan sepele, nyatanya nggak semua pasangan memiliki kualitas komunikasi yang baik.

Ada orang-orang yang masih sulit jujur dan terbuka pada pasangannya. Menurut Lynn R. Zakeri, LCSW, hal ini disebabkan oleh rasa takut akan disakiti dan kurang artikulatif dalam mengungkapkan perasaan.

Jika kamu ingin membantu pasangan jadi lebih jujur dan terbuka tanpa merasa tertekan, berikut ada 6 cara yang bisa kamu lakukan. Check this out!

1 dari 4 halaman

1. Ungkapkan pada pasangan secara langsung

Ilustrasi Pasangan Ngobrol Serius © Diadona

Komunikasi yang minim akan terjadi bila salah satu dari kalian bersifat pasif-agresif dan suka mengulur-ulur. Supaya hal tersebut nggak terus-menerus terjadi, maka kamu bisa mendahului dengan jujur dan blak-blakan pada pasangan. Kamu bisa bertanya mengenai alasannya berlaku seperti itu atau bisa juga dengan menyampaikan rasa tidak nyamanmu jika pasangan cenderung tertutup.

2. Jangan menuntut, tapi beri contoh

Kalau kamu ingin pasangan lebih jujur dan terbuka, tentunya kamu juga harus bersikap demikian. Berilah contoh untuk lebih terbuka dan membagi perasaan pada pasangan, supaya dia pun merasa nyaman dengan momen berbagi perasaan tersebut. Cara ini terbilang cukup efektif karena bisa membantu membangun kepercayaan satu sama lain.

2 dari 4 halaman

3. Lakukan kegiatan yang mempererat hubungan

Ilustrasi Quality Time dengan Pasangan © Diadona

Hubungan yang erat dan terikat seringkali membuat orang lebih mudah terbuka. Hal ini tentunya juga berlaku pada hubungan asmara. Jika kamu ingin saling terbuka dengan pasangan, maka cobalah untuk melakukan aktivitas yang bisa memberi kesempatan pada kalian untuk saling ngobrol dan berbagi banyak hal.

4. Tentukan waktu untuk curhat dan diskusi

Sebisa mungkin, tentukan jadwal untuk kalian bisa curhat dan diskusi secara terbuka dan nyaman. Entah itu seminggu sekali atau setiap malam usai pulang kerja. Sesi ngobrol yang terjadwal ini bisa membantu pasangan untuk menyiapkan diri sebelum 'bicara' dan kamu pun punya kesempatan untuk mengevaluasi diri sembari berempati padanya.

3 dari 4 halaman

5. Jangan abaikan perasaan pasangan

Ilustrasi Pasangan Pengertian © Diadona

Memahami pasangan mungkin terlihat mudah, tapi praktiknya justru susah banget. Maka wajar saja jika nggak banyak orang yang bisa memahami perasaan pasangannya. Jika kamu ingin jadi sosok yang pengertian, maka cobalah untuk menempatkan posisimi di tempat pasangan. Jangan mudah mengeluarkan emosi negatif sebelum kamu memahami perasaannya.

6. Pekalah terhadap sikap dan emosi pasangan

Peka terhadap pasangan juga penting banget, apalagi jika berhadapan dengan situasi-situasi tertentu. Pasangan yang merasa diperhatikan, biasanya akan lebih mudah jujur dan terbuka padamu. Namun ingat, jangan terlalu mendesak dan memaksa yaa..

Beri Komentar