Jangan Asal! Ini Ukuran Pintu Rumah Standar yang Tepat dan Ideal untuk Tampilan Lebih Estetik

Reporter : Arifina
Rabu, 13 Maret 2024 17:37
Jangan Asal! Ini Ukuran Pintu Rumah Standar yang Tepat dan Ideal untuk Tampilan Lebih Estetik
Ternyata memasang pintu untuk rumah nggak bisa asal lho!

Memilih ukuran pintu rumah standar yang tepat merupakan aspek penting dalam membangun atau merenovasi rumah. Apalagi, pintu rumah yang cantik juga menjadi salah satu elemen penting dalam mendesain rumah.

Adanya pintu di rumah menjadi salah satu penentu daya taruk tersendiri.
Ukuran pintu yang tepat tidak hanya untuk menambah nilai estetika, tetapi juga untuk kenyamanan dan fungsionalitas rumah yang kamu tempati.

1 dari 7 halaman

Model Pintu Rumah Kayu Minimalis © Diadona

Karena itulah memasang pintu tidak boleh asal hanya berdasarkan desain bagus semata. Ada beberapa hal yang harus diperhitungkan agar tampilan lebih menarik dan pintu tepat di area tempatnya.

Ukuran pintu yang tepat akan memberikan fungsionalitas yang sesuai dan memudahkan mobilitas penghuni rumah. Nah, berikut ini diadona.id rangkumjkan dari berbagai sumber ukuran pintu rumah standart yang tepat dan ideal.

2 dari 7 halaman

Pintu Rumah Utama Satu Daun

Ukuran Pintu Rumah Standar © Diadona

Model pintu depan rumah satu daun untuk area utama standar ukurannya memiliki lebar antara 60-100 cm. Kemudian, ukuran tinggi pintu jenis ini sekitar 200-250 cm.

Namun, ukuran pintu tersebut belum termasuk dengan lebar kusen yang rata-rata 6 cm untuk setiap sisinya. Pintu utama dengan satu daun ini ukurannya terbilang lebih besar dibanding area lainnya karena sebagai bagaian dari penyambutan sebuah rumah.

Umumnya untuk bangunan rumah kecil, ukuran pintu satu daun ini lebih sederhana, berkisar antara 90 cm x 210 cm. Akan tetapi, tetap dianjurkan lebar dari pintu rumah tidak boleh kurang dari 80 cm dan tinggi minimal 200 cm.

3 dari 7 halaman

Pintu Rumah Utama Dua Daun

Ukuran Pintu Kupu Tarung © Diadona

Jika kamu berencana menggunakan pintu dua daun atau kupu tarung, maka ukurannya pun berbeda. Untuk standar ukuran pintu kupu tarung memiliki lebar 90 cm untuk tiap daunnya dan tinggi 210 cm.

Akan tetapi, ada juga ukuran pintu dua daun dengan masing-masing lebar daun pintu berukuran 65-75 cm. Ini biasanya buat rumah minimalis, dengan penggunaan ukuran tinggi lebih besar, yaitu 220—240 cm.

Model pintu kupu tarung ini akan mengesankan tampilan rumah lebih elegan dan lebih luas.

 

4 dari 7 halaman

Model Pintu Geser

Ukuran Pintu Rumah Standar © Diadona

Pintu geser atau disebut juga sliding door mengusung konsep praktis untuk area rumah. Pintu model ini dirancang khusus untuk menghemat tempat, sehingga cocok digunakan pada ruangan yang cenderung sempit.

Nah, ukuran standar yang tepat dan ideal untuk model pintu geser ini untuk tingginya 210 cm dan lebar 80 cm. Biasanya, pintu geser paling ideal untuk ruangan di dalam rumah, area belakang, atau kamar tidur.

 

5 dari 7 halaman

Pintu Kamar Tidur

Ukuran Pintu Rumah Standar © Diadona

Area kamar tidur juga memiliki ukuran pintu dengan standar ideal dan tepat lho! Ukuran lebar untuk pintu kamar tidur sebaiknya 80 cm.

Angka tersebut tak jauh berbeda dari pintu utama, namun ukuran tingginya lebih rendah. Untuk pintu kamar tidur, standarnya memiliki tinggi 200 cm.

Ukuran tersebut dinilai pas, sehingga bisa memudahkan akses keluar masuk barang atau furnitur untuk di kamar. Sehingga, jika membutuhkan furniture yang besar akan lebih mudah dimasukkan ke dalam kamar.

 

6 dari 7 halaman

Pintu Kamar Mandi

Ukuran Pintu Rumah Standar © Diadona

Sementara itu, untuk ukuran pintu kamar mandi juga memiliki standar idealnya sendiri. Umumnya, pintu kamar mandi memiliki lebar 70 cm dan tinggi 180 cm.

Ukuran pintu kamar mandi terbilang jauh lebih kecil dibandingkan pintu lainnya di area rumah. Hal ini karena di area kamar mandi jarang untuk dilakukannya pemindahan peraboatn berukuran besar.

Terlebih, perlengkapan kamar mandi seperti wastafel hingga bathub biasanya sudah terpasang sejak awal pembangunan rumah.

 

7 dari 7 halaman

Pintu Garasi Rumah

Ukuran Pintu Rumah Standar © Diadona

Ada lagi pintu garasi untuk area rumah yang juga memiliki standar ukuran tersendiri. Bisa dibilang, bagian garasi akan memiliki ukuran pintu palung lebar dibandingkan pintu lainnya.

Standarnya, ukuran pintu garasi memiliki lebar minimal 2,7 meter dan tinggi mencapai 2,5 meter. Ukuran tersebut dimaksudkan untuk mencegah goresan pada atap kendaraan yang kamu miliki.

Sehingga, dengan ukuran yang tepat maka akan mempermudah mobiliasasi kendaraan yang keluar masuk.

Itulah ukuran pintu rumah standar yang perlu kamu ketahui. Dengan mengacu pada ukuran-ukuran tersebut, kini rumah yang kamu miliki tak hanya keren, tapi juga memberikan kenyamanan. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar