Tips Kalem dan Bebas dari Overthinking Pada Masa-masa Awal Hubungan

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 29 Maret 2021 14:00
Tips Kalem dan Bebas dari Overthinking Pada Masa-masa Awal Hubungan
Ini dia tips atasi kecemasan berebiih di masa awal hubungan. Jangan neting dulu ya!

Menjalani hubungan asmara tak melulu menyenangkan. Tak jarang hubungan bisa diwarnai stres ketika kamu terlalu banyak memikirkannya, atau over-thinking. Apalagi hal ini terjadi di awal-awal hubungan. Bagi sebagian orang, pikiran-pikiran itu bisa memicu rasa cemas yang serius, lho.

"Kecemasan bisa cuma soal kamu dan rasa tidak aman yang dibawa ke tiap hubungan, atau kecemasan bisa merefleksikan stres dalam hubungan," ungkap Alicia H. Clark, psikolog klinis melansir dari She Knows. Ada beberapa cara agar rasa cemas tak selalu memberikan pengaruh buruk dalam hubungan. Berikut informasi selengkapnya.

1 dari 4 halaman

1. Jangan Langsung Mengambil Kesimpulan

Pasangan belum membalas pesan? Jangan langsung khawatir ya Girls. Tak perlu berpikir berlebihan apalagi langsung mengambil kesimpulan kalau dia tidak peduli. Cobalah sejenak merasakan momen untuk memperhatikan apa yang tengah kamu rasakan. Cek lagi jika yang kamu rasakan ada hubungannya dengan apa yang pernah dialami dulu.

2 dari 4 halaman

2. Ajak Bicara Diri Sendiri

Ilustrasi pasangan ngobrol © Diadona

Psikolog hubungan, Karin Anderson menyarankan untuk mengajak diri sendiri mengobrol seperti kamu mengobrol dengan sahabat.  Ingatkan diri untuk tidak selalu mempercayai rasa takut. Saat merasa takut, bukan berarti apa yang kamu yakini itu benar ya.

3 dari 4 halaman

3. Hindari Menaruh Kecemasan yang Tak Perlu

Mudah untuk menuduh pasangan bahwa dia adalah penyebab rasa cemas. Namun ini jelas tidak adil, apalagi jika dia tidak melakukan apa-apa terlebih melakukan hal yang mencurigakan.

" Anda sudah dewasa dan Anda perlu mengatur emosi dan membuat diri Anda bahagia. Ini bukan tugas pasangan Anda untuk menghilangkan rasa cemas Anda, ini tugas Anda," Anderson menyarankan.

4 dari 4 halaman

4. Kendali di Tanganmu

Ilustrasi Perselingkuhan © Diadona

Penting untuk diingat, hanya kamu yang bisa mengendalikan pikiran dan respons terhadap situasi. Anderson mengatakan, kamu tidak bisa mengendalikan pasangan. Artinya, jika dia mau selingkuh, dia akan selingkuh. Itu adalah kondisi di luar kendalimu.

" Lakukan apapun dengan kekuatan Anda sehingga hubungan jadi kuat. Jika hubungan berakhir, Anda tahu Anda sudah melakukan yang terbaik," imbuh dia lagi.

Semoga membantu ya.

 

Beri Komentar