Sering Berpikiran Buruk, Ini 4 Cara Menghilangkan Negative Bias

Reporter : Yoyok
Jumat, 20 Oktober 2023 17:05
Sering Berpikiran Buruk, Ini 4 Cara Menghilangkan Negative Bias
Cara-cara berikut ampuh untuk menghilangkan negative bias.

Manusia pada dasarnya mudah untuk berpikiran atau berasumsi buruk. Menurut riset, ota kita cenderung untuk mudah fokus pada pengalaman buruk daripada yang baik.

Hal ini disebut juga dengan negative bias. Sejatinya, negative bias sudah ada sejak dulu dan berguna untuk urusan bertahan hidup. Hal ini pun tertanam di pikiran semua orang hingga sekarang.

Negative Bias ternyata memiliki banyak pengaruh buruk terhadap hidup kita. Seperti halnya depresi dan sulit mengambil keputusan. Bisa dibilang, negative bias dapat membuat kualitas kehidupan seseorang jadi berkurang.

Dikutip dari Satu Persen, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan negative bias dari dalam pikiran.

1 dari 5 halaman

Mindfulness

Cara pertama yaitu mindfulness. Buat kamu yang selalu negative bias, banyak waktu dan tenaga yang terkurasn untuk memikirkan hal-hal buruk. Negative bias juga dapat meningkatkan resiko kesehatan mental,contohnya seperti stres, depresi, dan penyakit mental lainnya.

Mindfulness pun dirasa cocok untuk meredakan stres dan deperesi yang sedang dialami. Mindfulness merupakan sebuah metode meditasi yang digunakan untuk melatih individu lebih fokus pada apa yang terjadi di sekitarnya.

Mindfulness dapat membantu seseorang untuk lebih sadar akan keadaan sekitar dan menerima emosi secara terbuka. Tujuan mindfulness yaitu menenangkan pikiran dan membuat fokus pada apa yang terjadi saat ini, bukan masa lalu atau masa depan.

2 dari 5 halaman

Positive Affirmation

Selain mindfulness yang efektif mengusir negative bias, ada juga positive affirmation yang sama ampuhnya. Positive affirmation merupakan kata-kata yang memiliki nilai positif dan diucapkan atau dituliskan untuk diri sendiri. Tujuan diarahgkan kepada diri sendiri adalah untuk memberi motivasi dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dengan positive affirmation, pikiran negatif atau negative bias dapat berkurang dan POV kita akan jadi jauh lebih positif. Selain dapat mengusir negative bias, positive affirmation juga efektif dalam introspeksi diri, mengubah mindset negatif, membentuk mental jadi lebih baik, dan POV kamu jadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

Ilustrasi Wanita Sedih © Diadona

3 dari 5 halaman

Curhat

Negative bias memang bisa menjadi racun di dalam pikiran. Apalagi jika dipendam sendiri, maka akan merusak mindset dan ujung-ujungnya akan mengubah gaya hidup. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengeluarkan uneg-uneg tersebut kepada seseorang atau curhat.

Kamu bisa mencurahkan isi hatimu kepada mereka yang kamu percayai. Sosok tersebut bisa sahabat, keluarga, atau bos di tempat kerja sekalipun yang sudah kamu percaya. Meskipun mereka tidak dapat membantu, namun dengan kamu mencurahkan isi hati, sudah membantu untuk mengusi negative bias dari dalam benakmu.

4 dari 5 halaman

Limit Exposure

Di zaman sekarang, banyak sumber yang bisa dengan mudah membuat seseorang auto negative bias. Salah satu contoh gampangnya adalah internet atau media sosial. Di era digital seperti ini, media sosial berperan penting dalam mengubah mindset seseorang, termasuk untuk urusan negative bias.

Maka dari itu, kamu bisa mengurangi waktu bermain media sosial ketika sedang negative bias. Isi waktu kosongmu dengan kegiatan positif, seperti olahraga, atau meningkatkan skill.

Beri Komentar