Gak Perlu Meledak-Ledak, Ini 4 Tips Marah Secara Elegan

Reporter : Yoyok
Rabu, 18 Oktober 2023 16:41
Gak Perlu Meledak-Ledak, Ini 4 Tips Marah Secara Elegan
Marah dengan meledak-ledak bisa sangat negatif lho.

Marah merupakan persaaan atau emosi yang sering terjadi setiap harinya. Entah itu karena hal sepele, hingga yang besar sampai menyangkut nyawa sekalipun.

Namun, dibandingkan dengan sifat atau emosi yang lain, marah bisa dibilang sebagai feeling yang susah untuk dikontrol. Sering kali kita melihat orang marah dengan meledak-ledak hingga tak terkontrol. Banyak juga yang sambil mengumpat hingga melakukan tindak kekerasan.

Marah besar seperti ini banyak negatifnya lho Diazens. Mulai dari bisa merugikan diri sendiri, bahkan orang di sekitarmu. Apalagi jika kamu sedang marah tak terkontrol kepada orang tercinta, tentu saja bisa menyakiti perasaanya.

Tapi, kalian tahu gak sih kalau ada kita bisa banget lho marah dengan cara elegan. Berikut ini adalah tips untuk marah secara elegan.

1 dari 5 halaman

Diam Sejenak

Banyak sekali orang bakal langsung marah di detik pertama. Bahkan, tidak sedikit yang langsung ngamuk tanpa pikir panjang. Banyak kerugian yang dialami ketika langsung marah-marah tanpa berpikir dahulu.

Maka dari itu, sebelum marah, sebaiknya untuk diam sejenak. Diam sebentar akan membuatmu tenang dan berpikir apa dampak dari amarahmu nantinya. Tentunya, kamu tidak ingin kemarahanmu.

2 dari 5 halaman

Tidak Perlu Ada Umpatan

Sering kali rasa marah akan diungkapkan berbarengan dengan umpatan. Rasanya akan sangat sulit jika sedang marah, namun tidak mengumpat. Marah dengan umpatan tidak akan menyelesaikan masalah, malah bisa saja makin panjang dan bercabang.

Namun, cobalah untuk marah tanpa mengeluarkan umpatan. Marah tanpa mengeluarkan umpatan akan membuatmu terlihat lebih elegan.

Ilustrasi Marah pada Pasangan © Diadona

3 dari 5 halaman

Tidak Menyakiti Diri Sendiri dan Orang Lain

Sering kali orang marah akan melampiaskan perasaanya tersebut kepada sesuatu. Contohnya seperti memukul, teriak, dan sebagainya. Hal-hal ini sama saja dengan menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Tahan perasaaan ingin melampiaskan amarah saat sedang marah. Selain menyakiti diri sendiri dan orang lain, kamu sudah dikontrol oleh perasaan amarahmu yang tentu saja negatif.

4 dari 5 halaman

Ajak Diskusi Orang yang Membuatmu Marah

Setelah kamu melakukan berbagai tips di atas, maka langkah selanjutnya adalah ngobrol. Ajak ngobrol orang atau sekelompok yang menjadi pemicu amarahmu.

Mengajak diskusi pihak yang memancing amarahmu dapat membuat hati lega. Selain itu, kamu juga bisa menyelesaikan masalah yang tengah dirasakan.

Beri Komentar