Punya Pasangan Terlalu Cuek? Gak Perlu Risau Berlebihan, Ini 3 Cara Menghadapinya

Reporter : Arifina
Sabtu, 26 November 2022 08:00
Punya Pasangan Terlalu Cuek? Gak Perlu Risau Berlebihan, Ini 3 Cara Menghadapinya
Emang kadang-kadang terlalu cuek itu nyebelin sih!

Tak dapat dipungkiri, memiliki pasangan yang memiliki sifat sangat cuek dan terkesan tidak perhatian bisa membuat makan hati. Hal ini pun yang terkadang memicu pertengkaran atar pasangan karena dianggap tidak penting, dan tidak dicintai.

Akibatnya, beberapa orang justru overthingking sendiri seolah-olah pasangannya sudah tak mau perhatian lagi. Alih-alih menerima, hal cuek dari pasangan juga berakibat fatal kalau tidak bisa menghadapinya dengan baik.

1 dari 7 halaman

Bisa dikatakan, ini salah satu pemicu hubungan kandas. Sebab, satu pihak sudah merasa pasangannya cenderung mengabaikan dan terkesan tidak peduli.

Padahal, kebanyakan orang mengharapkan adanya bentuk dukungan dari pasangannya. Hal itu bisa dalam bentuk menanyakan kabar, aktivitas, menanyakan hari, atau sekadar berbincang persoalan remeh.

Lewat perhatian kecil inilah yang mampu mejadikan hubungan asmara lebih hidup. Pasanganmu juga akan semakin mencintaimu karena hal kecil ini, lho!

2 dari 7 halaman

Ilustrasi pasangan main handphone di barIlustrasi pasangan main handphone di bar © 2020 https://www.diadona.id / The Wall Street Journal

Tapi, sayangnya tidak semua orang mampu mengekspresikan bentuk perhatiannya. Bahkan, cenderung mengabaikan dan terkesan tidak peduli sehingga berdampak pada hubungan.

Nah, biar hal-hal overthingking karena pasangan yang cuek tidak terjadi, bagaimana sih cara menghadapinya? Simak 3 cara berikut, dilansir dari berbagai sumber!

3 dari 7 halaman

1. Bersikap Jujur

Ini menjadi salah satu cara paling utama untuk menghadapi pasangan yang cuek. Kamu harus bersikap jujur mengenai apa yang kamu rasakan.

Dalam artian, cobalah untuk berkata yang sebenarnya tentang perilaku pasangan terhadapmu. Bisa jadi, pasanganmu memang tak menyadarinya.

Kejujuran merupakan elemen yang sangat penting dalam membangun hubungan yang sehat. Jika kamu menarik diri dan tidak mengatakan apa pun perihal masalah ini, mungkin pasanganmu merasa rasa cuek mereka adalah hal yang wajar dan bisa Anda terima.

4 dari 7 halaman

Ilustrasi PasanganIlustrasi Pasangan © 2019 https://www.diadona.id/@mantelligence

Dilansir dari laman Psych Alive, kejujuran akan membuka mata bahwa kamu dan pasangan adalah orang yang berbeda. Dengan begitu, antar pasangan akan saling melihat apa alasan pasangan bisa sangat cuek terhadap diri sendiri ataupun orang lain.

Sebab, sikap cuek ini bisa jadi karena adanya masalah. Apakah memang akhir-akhir ini terdapat masalah yang tidak bisa diselesaikan, sehingga sangat sibuk atau memang begitulah sifat aslinya.

Dengan bersikap jujur satu sama lain setidaknya kamu dan pasangan bisa mencoba menerima satu sama lain. Apalagi, bila kalian masih ingin terus bertahan dalam hubungan jangka panjang.

5 dari 7 halaman

2. Pertahankan Prinsip

Tidak jarang dari kebanyakan yang mencoba untuk jujur dan berkomunikasi dengan pasangan, akan ada perdebatan yang tidak bisa dihindari. Nah, selanjutnya kamu harus bisa bertahan pada prinsip yang kamu pegang.

Jika sifat cuek pasangan sudah melampaui batas toleransimu, berikan fakta-fakta pendukung agar apa yang Anda yakini memang terbukti.

Hal ini dinilai dapat meningkatkan kepercayaan dirimu ketika berbicara dengan pasangan. Dengan begitu, ia bisa tahu mengapa masalah ini sering muncul di hubungan percintaan kalian.

6 dari 7 halaman

3. Tetaplah Tenang

Ilustrasi pasangan cemburuIlustrasi pasangan cemburu © 2022 freepik.com/jcomp

Kalau perdebatan tak kunjung dapat dituntaskan, maka cobalah untuk mengambil jalan tenga. Salah satunya, yaitu mengalah sejenak. Memaksakan perdebatan dalam menghadapi pasangan yang cuek tidak akan membawa hasil yang diharapkan.

Biarkan suasana satu sama lainnya menjadi tenang, dan kamu dapat menyampaikan kembali dengan kepala dingin secara baik-baik.

7 dari 7 halaman

Kunci utama dalam menghadapi pasangan yang cuek sebenarnya adalah dengan tetap bersabar dan jujur kepadanya.

Akan tetapi, apabila perilaku pasanganmu memang tak bisa lagi diterima cobalah diskusikan apakah ia masih bisa mengubahnya atau apakah kamu mau berdamai dengan sikapnya itu. Jika memang tak ada yang bisa mengalah, bisa jadi ini saatnya mempertimbangkan kembali tentang kelanjutan hubunganmu.

Beri Komentar