Apa Arti Insecure? ini Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Rabu, 6 September 2023 11:02
Apa Arti Insecure? ini Tanda, Penyebab dan Cara Mengatasinya
insecure adalah merasa nggak nyaman terhadap diri sendiri. Ada banyak jenis dan penyebabnya dan bila tak tertangai segera, insecure bisa bikin kamu kehilangan banyak kesempatan berharga

Insecure adalah istilah untuk perasaan nggak nyaman, takut dan cemas yang dialami seseorang. Insecure sebenernya adalah hal yang normal, tapi bila dibiarkan berlanjut dan berlebihan, bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kamu.

Perasaan insecure merupakan salah satu aspek emosional yang sering dialami dalam kehidupan sehari-hari, namun terkadang kita tidak sepenuhnya memahami perasaan ini.

1 dari 5 halaman

Arti Insecure © Diadona

Mungkin kamu pernah mengalami perasaan cemas berlebih saat berada di lingkungan yang superior, atau merasa ragu dan khawatir akan masa depanmu yang belum jelas arahnya? Jika kamu merasakan gejala-gejala ini, ada kemungkinan kamu sedang mengalami insecure.

Insecure merupakan hal lumrah dalam kehidupan manusia. Setiap manusia pasti pernah mengalami insecure dalam hidupnya kok, nggak peduli seberapa kuat dirinya.

Tapi, ketika seseorang memiliki tingkat insecure yang cukup tinggi, dampaknya bisa sangat merugikan. Perasaan ini mungkin merusak kepercayaan diri individu sampai mengganggu rutinitas hariannya. Insecure juga bisa menghambat seseorang untuk tumbuh.

Maka, penting bagi kamu untuk memahami arti insecure, tanda-tanda, hingga tahapan dalam menghadapinya agar kamu dapat menjalani hidup dengan percaya diri.

2 dari 5 halaman

Apa Arti Insecure?

Arti Insecure dan Cara Mengatasinya © Diadona

Dilansir melalui The Practical Psych, arti insecure adalah kondisi dimana seseorang merasa kurang percaya diri dan mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan. Insecure sendiri adalah perasaan yang kompleks dan sulit untuk didefiniskan secara gamblang.

Emang sih perasaan nggak percaya diri dan selalu merasa kurang akan selalu ada pada diri manusia. Tapi seseorang dengan perasaan insecure punya kecenderungan untuk selalu meragukan kemampuannya dan mempertanyakan persepsi orang lain terhadap dirinya. Perasaan ini diikuti dengan rasa khawatir dan sensitif terhadap hal-hal yang menyangkut diri mereka.

Insecure juga berkaitan dengan ekspektasi sosial terhadap seseorang. Karena ekspektasi tersebut, dia jadi membandingkan kehidupannya dengan orang lain. Karena membanding-bandingkan itu deh akhirnya seseorang jadi ragu sama dirinya sendiri.

Perasaan insecure bisa terjadi karena beberapa hal salah satunya pengalaman hidup. Contohnya adalah kegagalan dan penolakan yang dialami seseorang sehigga pada akhirnya mempengaruhi karakter dan kepribadiannya di kemudian hari.

3 dari 5 halaman

Arti Insecure © Diadona

Jenis Insecure

Inscure sendiri terbagi dalam beberapa jenis tergantung pada area mana yang bikin kamu nggak nyaman.

Insecure Pribadi

Insecure pribadi terjadi kalau insecure kamu berkaitan dengan penampilan dan cara orang lain memandang kamu. Jika dilihat dari luar, insecure pribadi ini seolah dangkal karena mengkhawatirkan hal-hal seperti rambut, wajah, pakaian dan lainnya.

Tapi sebenernya nih perasaan insecure ini dirasakan mendalam oleh orang yang mengalaminya. Bila berlarut-larut, mereka bisa merasa nggak nyaman dan hal tersebut bisa menghalangi menjalin hubungan, hilangknya peluang karier atau bahkan hubungan sosial.

Apa penyebabnya insecure ini? Bisa karena banyak hal., namun biasnaya karean kamu sangat peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang kamu. Padahal bisa aja mereka nggak selalu mikirin tentang tubuh dan penampilan kamu lho!

Insecure Profesional

Arti Insecure profesional adalah rasa tidak aman, cemas dan takut yang berhubungan dengan pekerjaan. Ini membuat mereka cemas dan tidak percaya diri untuk memberikan presentasi atau berbicara dalam rapat.

Gara-gara insecure ini nih, mereka jadi ragu dan ngga percaya kalau mereka bisa. Pada akhirnya mereka jadi bisa gagal mencapai tujuan.

Insecure dalam Hubungan

Insecure dalam hubungan adalah hal biasa dan dapat terjadi dalam hubungan apa pun. Insecure ini membuat kamu merasa nggak pantas bersanding dengan pasanganmu saat ini dan merasa kalau pasangan bisa saja meninggalkanmu.

Nah, insecure dalam hubungan bisa menimbulkan kecemburuan, berantem dan mendominasi. Biasanya penyebabnya adalah karena hubungan di masa lalu atau orang dekat yang membuat trauma

4 dari 5 halaman

Arti Insecure dan Tanda Kamu Mengalaminya © Diadona

Tanda-Tanda Kamu Mengalami Insecure

Setelah memahami apa arti insecure, kamu harus paham juga nih bagaimana tanda insecure mulai menyerangmu. Kamu mungkin mengalami insecure ketika mulai merasakan hal-hal berikut ini :

Memandang Diri Sendiri secara Negatif

Penilaian negatif terhadap diri sendiri merupakan awal dari hilangnya rasa percaya diri. Kamu menilai dirimu lebih rendah dibandingkan orang lain dan merasa tidak cocok berada di lingkungan tertentu.

Dalam jangka panjang, kamu akan kesulitan menghargai dirimu dan segala usaha yang telah kamu lakukan. Hal ini juga akan menghambat dirimu untuk berkembang dan mencapai peluang dalam hidup.

Menghindari Interaksi Sosial atau Self Isolation

Dilansir melalui WebMD, rasa insecure cenderung membuat seseorang menarik diri dari lingkungan sosialnya. Hal ini dapat terjadi ketika figur diri, prestasi, dan pencapaiannya teman-temanmu justru membuatmu tidak nyaman dan rendah diri. Selanjutnya, kamu mungkin akan mengisolasi diri dan malas berinteraksi dengan sekitar.

Self Comparison

Saat membandingkan dirimu, kamu merasa tidak cukup baik dan tidak mampu memenuhi standar tertentu yang kamu lihat pada diri orang lain. Insecure sering kali ditandai perasaan ‘kalah’ terhadap sesuatu yang menyebabkan kamu merasa tidak berharga.

Terjebak di Zona Nyaman

Siapa sangka bahwa bergerak dalam zona nyaman dalam waktu yang lama merupakan salah satu tanda insecure. Jika kamu terlalu lama terjebak pada rutinitas mu, kamu akan merasa tidak mampu atau takut untuk mencoba hal baru yang menyebabkan munculnya perasaan insecure karena keterbatasan kemampuan.

Kebutuhan Emotional Support Meningkat

Kamu mungkin pernah berada dalam situasi membutuhkan pengakuan dari orang lain atas sesuatu yang kamu lakukan. Hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa kamu insecure dengan kemampuan mu.

Sebuah pengakuan atau pujian dari orang lain akan meningkatkan kepercayaan diri kamu. Namun, ketika kamu tidak mendapatkan keduanya, kamu mulai meragukan diri mu dan kerja kerasmu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Perasaan Insecure

Arti Insecure dan Cara Mengatasinya © Diadona

Perasaan insecure dapat menimbulkan berbagai masalah dalam hidupmu. Jika kamu mulai merasakan tanda-tanda di atas, maka kamu harus mengatasi perasaan insecure tersebut dengan menghadapinya, bukan menghindarinya.

Petakan Area Insecuremu

Ketika mengalami insecure, ada baiknya kamu memetakan area insecuremu. Kamu harus mengetahui hal-hal apa yang membuatmu nggak nyaman dan khawatir. Dengan begitu, harapannya kamu tidak tenggelam dalam perasaan tersebut dan berusaha mencari jalan keluar.

Kenali dan Cintai Diri Sendiri

Setelah kamu mengetahui apa arti insecure dan memahaminya, kamu, selanjutnya kamu harus mengenali diri sendiri. Ini bisa menjadi langkah pamungkas dari mengelola insecure yang kamu alami lho!

Dengan mengenali dirimu sendiri, kamu akan memahami karakteristik dirimu dan mengukur seberapa jauh kemampuanmu. Kemudian kamu akan lebih mencintai kelebihan dan kekuranganmu serta menghargai setiap proses dalam hidupmu.

Rayakan Perbedaan karena Setiap Orang memiliki Batasan

Ingat, perbedaan tidak selalu berarti buruk, lho! Manusia merupakan pribadi yang unik, begitu pula dengan dirimu. Hal ini merupakan hal alami yang harus kamu rayakan, bukan dianggap sebagai kelemahan. Setiap manusia berharga dan memiliki potensi yang tidak terbatas, terlepas dari batasan yang mereka miliki.

Lakukan Hal-hal yang Kamu Suka

Berfokus pada aktivitas yang memicu perasaan positif dan meningkatkan kepercayaan diri mu dapat mengurangi rasa insecure. Nikmati waktu bersama orang terdekat dan hal-hal yang menarik minat mu agar kamu merasa lebih baik sekaligus menghargai ketertarikan mu.

Namun, menghadapi rasa insecure bukanlah hal yang mudah…
Insecure merupakan perasaan yang sangat sulit diatasi. Penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki proses yang berbeda dalam mencapai versi terbaik dari dirinya.

Jika kamu kesulitan melalui tahapan di atas, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional kapanpun kamu membutuhkan. Ingat! Hidupmu adalah milikmu, nikmati setiap proses dan perjalanannya.

Selamat berjuang DiaZens!

Editor : Fishella W

Beri Komentar