Menurut Penelitian, Punya Teman Dekat di Kantor Bikin Seseorang Jadi Lebih Produktif dan Bahagia

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 16 Juni 2022 18:15
Menurut Penelitian, Punya Teman Dekat di Kantor Bikin Seseorang Jadi Lebih Produktif dan Bahagia
Kamu ngerasain hal ini nggak sih?

Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja menjadi salah satu hal yang penting banget jika kamu cenderung menghabiskan banyak waktu di kantor.

Di luar hubungan profesional, kamu tentu perlu teman yang bisa mendengar masalah pribadimu. Kalau enggak, tempat kerja bakal jadi lingkungan yang membosankan, dong?

Menurut studi yang dilakukan Gallup, sebuah perusahaan global yang berspesialisasi dalam SDM, memiliki setidaknya satu teman di tempat kerja bisa membantu kamu jadi lebih bahagia dan produktif.

Melansir dari Brightside, berikut adalah beberapa keuntungan jika kamu punya teman dekat di kantor.

1 dari 5 halaman

1. Bikin semangat kerja

Ilustrasi Semangat Kerja © Diadona

Menurut penelitian, punya teman di tempat kerja bisa mendorong seseorang untuk lebih semangat. Soalnya nih, kamu menghabiskan waktu bersama orang yang klik dan cocok sama kamu.

Hal ini juga memungkinkan kamu untuk terlibat dala proyek-proyek perusahaan, termasuk dalam ide. Bisa dibilang, keberadaan teman dekat bisa meningkatkan kinerja seseorang.

Studi ini menunjukkan jika 50% karyawan yang bekerja bareng teman, bisa membangun ikatan khusus dengan prusahaan, dibandingkan 10% dari mereka yang hanya memiliki hubungan profesional.

2 dari 5 halaman

2. Suasana kerja jadi nyaman

Gaji, peluang untuk berkembang, serta tunjang seperti asuransi kesehatan seringkali jadi faktor utama yang dipertimbangkan seseorang saat mencari pekerjaan.

Namun menurut penelitian, dua pertiga perempuan mengakui jika aspek sosial juga jadi pertimbangan penting saat mengambil pekerjaan.

Budaya dalam perusahaan memang sangat mendasar dan berbeda-beda. Namun, untuk mendapat kehidupan yang lebih sehat, seseorang perlu punya teman dekat di tempat kerja.

3 dari 5 halaman

3. Membuat bisnis makin tumbuh

Ilustrasi Diskusi © Diadona

Menjaga hubungan baik dengan teman di tempat kerja bisa menghasilkan keuntungan hingga 12% lebih banyak. Hal ini berkaitan dengan koneksi yang semakin menguat dengan anggota tim.

Hal ini juga menunjukkan jika seseorang lebih berani atau bersedia mengambil risiko yang mengarah pada inovasi.

Selain itu, rasa saling percaya dengan teman sekerja membuat atasan lebih menghargai kinerja mereka. Dengan demikian, tim dan perusahaan bisa berjalan seiringan untuk membuat bisnis makin tumbuh.

4 dari 5 halaman

4. Sedikit peluang kecelakaan kerja

Bagi laki-laki maupun perempuan, memiliki sahabat di kantor bisa membuat kinerja jadi lebih baik. 6 dari 10 perusahaan yang karyawanya memiliki hubungan pribadi dan profesional, mengalami 35% lebih sedikit kecelakan kerja.

Setelah ditelusuri, hal ini terjadi karena individu yang memiliki hubungan lebih kuat dengan rekan kerjanya, cenderung bersikap dan berpikir positif, serta menguntungkan kantor.

Beri Komentar