Mengenal 4 Tipe Kepribadian Ekstrovert, Kamu Tim yang Mana?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 31 Mei 2022 14:15
Mengenal 4 Tipe Kepribadian Ekstrovert, Kamu Tim yang Mana?
Ada yang suka bersosialisasi dengan obrolan ringan, tapi ada juga yang suka diskusi berat.

Bicara soal tipe kepribadian, kamu pasti udah nggak asing dengan istilah introvert dan ekstrovert. Introvert ditandai dengan sikap yang cenderung menikmati interaksi yang dalam dengan sedikit orang, mereka juga terbiasa mengisi energi dengan mengambil waktu untuk sendirian.

Berbeda dengan introvert, esktrovert justru memiliki kecenderungan orientasi pada tindakan. Mereka menikmati beragam interaksi sosial dan merasa makin berenergi setelah menghabiskan waktu dengan orang lain.

Ekstrovert sendiri dibagi dalam beberapa tipe. Meski sama-sama suka bersosialisasi, ternyata mereka punya cara interaksi yang berbeda-beda. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5 halaman

1. Thinker Extrovert

Ilustrasi Pemimpin AsikIlustrasi Pemimpin Asik © shutterstock.com/g/jacoblund

Tipe yang pertama ini disebut-sebut jago banget dalam hal kepemimpinan. Mereka punya sifat yang tegas dan seringkali menggunakan logika daripada perasaan. Saat mengambil keputusan, Thinker Extrovert adalah pribadi yang bisa diandalkan.

Mereka punya sisi ambisius yang cukup tinggi, energinya juga benar-benar terpusat untuk fokus mengejar tujuan. Kadang, dia tergolong sangat agresif, tapi tentu punya taktik tersembunyi. Mereka selalu punya rencana terstruktur untuk mendapatkan yang diinginkannya.

2 dari 5 halaman

2. Feeler Extrovert

Ilustrasi NgobrolIlustrasi Ngobrol © shutterstock.com/g/Pixpan_creative

Meski namanya Feeler, bukan berarti mereka adalah sosok yang baperan yaa. Mereka dikenal sebagai sosok yang suka bersosialisasi dan membangun koneksi. Baginya, sosialisasi adalah sarana untuk belajar.

Mereka suka banget ngobrol dan mempelajari orang lain. Mereka bisa masuk dalam tipe pembicaraan apapun, baik yang serius atau santai. Tipe ekstrovert yang satu ini akan selalu berusaha untuk menyesuaikan diri dengan baik dan mengimbangi lawan bicaranya.

3 dari 5 halaman

3. Sensor Extrovert

Ilustrasi Olahraga bareng TemanIlustrasi Olahraga bareng Teman © shutterstock.com/g/Solis+Images

Tipe ekstrovert yang ketiga ini merupakan sosok yang hanya mempercayai apa yang sudah didengar atau dilihat secara langsung. Mereka nggak suka berasumsi. Disebut Sensor, karena mereka cenderung mengandalkan panca indera untuk menarik informasi.

Mereka akan bersosialisasi dengan melakukan kegiatan fisik, seperti olahraga, daripada sekadar ngobrol. Mereka juga tipe yang gampang bosan, sehingga akan terus berusaha menemukan sesuatu yang menarik untuk dikulik lebih dalam.

4 dari 5 halaman

4. Intuitor Extrovert

Ilustrasi DiskusiIlustrasi Diskusi © shutterstock.com/g/imtmphoto

Tipe Intuitor senang berdiskusi dan berdebat dengan cara yang sehat. Mereka suka bersosialisasi, tapi cenderung kurang suka ngobrol soal topik sehari-hari. Mereka lebih semangat kalau diajak menggali sebuah ide dengan cara berpikir yang dalam.

Kadang, mereka terasa mirip dengan introvert. Tapi nggak bisa dipungkiri, mereka tetap menyukai kegiatan sosialisasi dalam skala besar. Dari situlah mereka bisa menemukan ide-ide tak terduga.

Beri Komentar