Menunda Berhubungan Seks Ternyata Bisa Bikin Kualitas Hubungan Jadi Lebih Baik

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 28 Mei 2020 12:15
Menunda Berhubungan Seks Ternyata Bisa Bikin Kualitas Hubungan Jadi Lebih Baik
Tenang aja, nggak selamanya buruk kok..

Pasangan yang berhubungan seks di awal hubungan kencan (sebelum menikah) disebut-sebut akan mengalami hubungan yang buruk di kemudian hari. Sebaliknya, menunda berhubungan seks ternyata bisa membuat hubungan romansa jadi lebih stabil dan memuaskan di kemudian hari.

Melansir dari LiveScience, pasangan yang memutuskan untuk berhubungan seksual terlalu dini justru tidak diuntungkan dalam hubungan jangka panjang. Hal ini disampaikan oleh Dean Busby, dari School of Family Life Brigham Young University.

1 dari 3 halaman

Seks memang dianggap penting untuk keharmonisan hubungan percintaan. Namun jika hal itu dilakukan terlalu dini dalam sebuah hubungan, maka bisa menurunkan kemampuan komunikasi, komitmen dan penanganan masalah dalam suatu hubungan.

Ilustrasi Seks © Diadona

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2004, diperoleh kesimpulan bahwa hubungan seks itu sebenarnya begitu kompleks.

Saat pasangan kekasih memiliki komitmen yang tinggi, hubungan seks dipandang sebagai hal positif yang bisa meningkatkan pemahaman, komitmen, kepercayaan dan keamanan. Tapi manakala pasangan tersebut tidak memiliki komitmen dan ekspresi emosional yang baik, maka hubungan seksual hanya akan mendatangkan penyesalan, ketidakpastian dan ketidaknyamanan.

2 dari 3 halaman

Untuk melengkapi penelitian tersebut, Busby kembali melakukan penelitian pada 2.035 responden yang sudah menikah dan rata-rata berusia 36 tahun. Penelitian ini memfokuskan pada kepuasan dan stabilitas hubungan.

Ilustrasi Pasangan Suami Istri © Diadona

Hasilnya, hubungan romansa akan jadi lebih baik manakala pasangan memutuskan berhubungan seks ketika benar-benar sudah menikah. Mereka dinilai memiliki stabilitas hubungan 22% lebih tinggi, kepuasan hubungan 20% lebih tinggi, kualitas seksual 15% lebih baik dan komunikasi 12% lebih baik daripada mereka yang berhubungan seks sebelum menikah.

3 dari 3 halaman

Busby menjelaskan bahwa pasangan yang menunggu berhubungan seks sampai benar-benar menikah cenderung punya lebih banyak waktu untuk mencari tahu tentang sang pasangan.

Seberapa besar sang pasangan bisa dipercaya, seberapa baik komunikasi mereka sebagai pasangan dan bagaimanakah persamaan visi mereka dalam hidup. Hal tersebut memang benar-benar perlu diketahui sebelum memutuskan untuk menikah dan menjalin hubungan seksual, agar tidak mengalami toxic relationship atau bahkan terjadi perceraian.

Beri Komentar