Mengulik Kehidupan Ranjang di Masa Pandemi, 3 Perubahan ini Terjadi pada Banyak Pasangan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Senin, 28 Maret 2022 14:15
Mengulik Kehidupan Ranjang di Masa Pandemi, 3 Perubahan ini Terjadi pada Banyak Pasangan
Bagaimana rata-rata kehidupan seksual selama pandemi?

Pandemi virus Covid-19 sudah terjadi selama dua tahun belakangan. Semenjak pandemi menyebar, banyak perubahan yang terjadi, termasuk dalam kehidupan rumah tangga dan aktivitas seksual.

Melansir dari Well and Good, National Calition of Sexual Health dam Kinsey Institute telah mengumpulkan sejumlah data mengenai kehidupan seksual selama pandemi Covid-19. Hasilnya, ada tiga perubahan terbesar yang dialami pasangan suami istri khususnya dalam hubungan ranjang. Simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 4 halaman

1. Aktivitas seks berkurang

Ilustrasi Pasangan Enggan BercintaIlustrasi Pasangan Enggan Bercinta © shutterstock.com/g/Photocheaper

Survei telah dilakukan pada responden berusia 18-35 tahun, ditemukan hasil bahwa pandemi membuat minat seksual menurun serta terjadinya kesulitan orgasme. Ada sejumlah penyebab mengapa frekuensi bercinta selama pandemi bisa jauh menurun.

Menurut Justin Lehmiller, peneliti utama dari Kinsey Institute, menurunnya aktivitas seksual dipengaruhi oleh terbatasnya kesempatan untuk berhubungan seksual. Dokter kebidanan dan kandungan, Raegan McDonald-Mosley menjelaskan bahwa, stres dan ketidakpastian tentang Covid-19 juga membuat gairah bercinta ikut menurun.

2 dari 4 halaman

2. Ketakutan memiliki anak

Ilustrasi Test PackIlustrasi Test Pack © shutterstock.com/g/kohanova

Banyak yang beranggapan pandemi Covid-19 akan meningkatkan kemungkinan kelahiran, lantaran banyak pasangan yang menghabiskan waktu berdua di rumah. Tapi sayangnya, kecemasan dan kekhawatiran akibat pandemi justru mematikan libido seseorang.

Justin Lehmiller mengatakan jika tingkat kelahiran banyak mengalami penurunan. Bukan cuma karena menurunnya libido, tapi juga dipengaruhi oleh alasan ekonomi. Banyak pasangan yang cemas bila harus hamil dan melahirkan selama pandemi.

3 dari 4 halaman

3. Eksplorasi kehidupan seksual meningkat

Ilustrasi Pasangan di Atas RanjangIlustrasi Pasangan di Atas Ranjang © shutterstock.com/g/agoniya

Bagi sebagian pasangan, libido akan menurun hingga aktivitas seksual ikut berkurang. Tapi, pasangan lainnya justru tertantang untuk menambah keseruan dalam hubungan seksual.

Di Amerika Serikat, banyak pasangan yang makin giat melakukan eksplorasi dengan menggunakan sex toys, kondom, hingga cairan pelumas. Mereka yang mencoba hal baru dengan melakukan eksplorasi cenderung mengalami peningkatan kepuasan dalam aktivitas seksual. Bisa jadi, cara ini digunakan untuk mempertahankan kehidupan seks yang sehat dan menyenangkan di masa pandemi yang menimbulkan stres.

Beri Komentar