Mengenal Prioridating dalam Hubungan Asmara, Sepenting Apa Sih?

Reporter : Arifina
Selasa, 20 Desember 2022 08:00
Mengenal Prioridating dalam Hubungan Asmara, Sepenting Apa Sih?
Apa itu prioridating?

Kehidupan hubungan asmara jangka panjang, langgeng dan selalu harmonis itu tidak mudah dilakukan. Karenanya, perlu berbagai cara untuk mewujudkannya, salah satunya dengan yang disebut prioridating.

Dilansir dari berbagai sumber, istilah prioridating ini pertama kali ditemukan oleh pakar hubungan dari e-harmony, Laurel House.

Prioridating memiliki arti memprioritaskan diri sendiri dan kebutuhanmu sendiri untuk membangun hubungan romantis yang sehat dan berjangka panjang. Prioridating disbeut juga metode kencan dengan tujuan untuk memenuhi hal penting dalam sebuah hubungan.

1 dari 7 halaman

Dalam hal ini, prioridating akan memusatkan perhatian pada satu hal yang benar-benar dibutuhkan dan tidak dapat dinegosiasikan. Fokusnya, untuk memenuhi kebutuhan yang paling penting dalam sebuah hubungan.

Prioritas itu bisa berupa keamanan, kebaikan, komunikasi yang lancar, atau dukungan. Hal penting lainnya, bisa juga tentang bersama seseorang yang memiliki agama, afiliasi politik, atau visi masa depan yang sama dengan denganmu.

2 dari 7 halaman

Jika kamu butuh teman berpetualang maka prioritasmu mencari yang mempunyai minat dan hobi yang sama. Karenanya, prioridating dimulai dengan menentukan prioritas, poin penting, dan menjadi percaya diri dengan prioritas tersebut.

Sementara, jika kamu merasa sedikit tidak nyaman membuang daftar yang harus dimiliki, penting untuk diperhatikan bahwa prioridating tidak sama dengan settling. Dalam prioridating, kamu hanya menggunakan waktu dan energi untuk hal yang benar-benar penting.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi kencan pertama © Diadona

“ Fokus pada apa yang akan kamu alami dan bukan pada apa yang tidak akan kamu alami atau hal yang hilang,” kata Laurel.

Nah, kalau kamu sudah menemukan hal yang benar-benar dibutuhkan, maka kamu bisa merancang percakapan, ekspektasi, aktivitas, hubungan, dan pilihan.

4 dari 7 halaman

Cara Memulai Prioridating

1. Fokus Pada yang Paling Penting

Dlaam melakukan hubungan prioridating, kamu harus fokus menyusun prioritas. Jika prioritasmu untuk hidup dengan penuh petualangan, maka ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Misal, ikut bergabung dengan komunitas terkait hingga melakukan kegiatannya.

Pada dasarnya, ciptakan apa yang menjadi prioritasmu dan benar-benar kamu butuhkan.

5 dari 7 halaman

2. Pahami Diri Sebaik Mungkin

Ini bisa menjadi salah satu permulaan dalam menjalani hubungan yang berhasil. Saat kamu bertekad melakukan ini, maka perhatikanlah dirimu baik-baik.

Pikirkan saat-saat kamu merasa bahagia seutuhnya, aktivitas yang membuatmu bermakna, dan saat dirimu merasa paling aman dan damai saat dicintai. Dari situ, kamu bisa memahami diri sebaik mungkin dan menjalani kehidupanmu sepenuhnya.

6 dari 7 halaman

3. Miliki Pergaulan dengan Lingkungan yang Positif

Ilustrasi Kencan © Diadona

Berinteraksi dengan lingkungan yang positif dapat mendatangkan kebahagiaan. Kamu bisa mulai mengenali orang-orang yang membawa pengaruh baik.

Munculkan topik pembicaraan yang membangun, pilih juga aplikasi kencan yang sesuai, dan berpikirlah tentang menjalani masa depan.

Jangan malu-malu mengungkapkan nilaimu yang sesungguhnya, ya! Tetapi, jadikan itu inti dari dirimu sebagai pribadi.

7 dari 7 halaman

4. Perjelas Batasan

Ini menjadi salah satu hal penting yang sering dilupakan, yaitu memperjelas batasan. Biasanya, karena seseorang selaras dengan prioritas utamamu bukan berarti kamu tidak boleh memiliki batasan tentang apa yang ingin dan tidak ingin diterima dari pasangan.

Prioridating ini bukan berarti orang pertama yang datang dengan prioritas utama cocok menjadi satu-satunya. Melainkan, orang-orang yang memiliki nilai intinya sejalan dengan kamu akan lebih cocok untuk menjalani komitmen jangka panjang.

Dengan begitu, kamulah yang menentukan dan menyelaraskan prioritasmu. Kamu juga memiliki lebih banyak peluang untuk memenuhi kebutuhan dalam diri sendiri dan pasangan.

Sudah tahu tentang prioridating? Apakah kamu akan mencobanya?

Beri Komentar