Mengalah Pada Pasangan saat Bertengkar, Ternyata Bukan Solusi yang Baik!

Reporter : Novi Hardita Larasati
Rabu, 1 April 2020 10:00
Mengalah Pada Pasangan saat Bertengkar, Ternyata Bukan Solusi yang Baik!
Hayo siapa nih yang suka ngalah?

Setiap hubungan pasti ada yang namanya konflik, entah itu disegaja maupun enggak, karena saat masalah datang, kamu pasti berpikir bagaimana menyelesaikan konflik itu secepat mungkin, dan solusi yang paling sering muncul adalah mengalah.

Tapi ternyata, mengalah pada pasangan saat bertengkar, justru bukan menjadi solusi yang baik lho.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi minta maaf © Diadona

Salah satu cara yang paling efektif saat menyelesaikan konflik adalah dengan mengajak pasangan berdiskusi untuk mencari jalan keluar, bukan mengalah. Karena kalau hanya mengalah saja, maka diskusi tersebut akan berhenti di situ.

Hasilnya, tidak ada solusi untuk masalah kalian karena tidak ada proses menggali dan mencari inti masalah dari kedua pihak.  

Tapi herannya, masih banyak pasangan yang bangga banget punya hubungan yang jarang berantem karena dirinya atau pasangannya rajin mengalah. Padahal kenyataannya, justru banyak hubungan yang jadi ribet, susah, dan bermasalah karena ada salah satu pihak hobinya mengalah!

2 dari 2 halaman

Sehingga, kalau kamu menjadikan mengalah sebagai metode diskusi, maka kamu akan mengalahkan ego masing-masing demi bisa ngobrol kalem panjang, gali masalah, dan cari kesepakatan bersama.

Ilustrasi Pasangan Meminta Maaf © Diadona
Itu artinya kamu dan pasangan saling berusaha menggali dan menyimak keinginan satu sama lain, bukannya sibuk memaksakan keinginan sendiri dan defensif, karena saat berantem, seringkali isinya cuma gantian emosi, mengoceh sendiri-sendiri, dan tidak mau memikirkan ocehan pasangan. Itu namanya keras kepala!

Untuk itu, silakan mengalah dengan mengakui dan menyetujui poin-poin yang diajukan oleh kamu dan pasanganmu. Selain itu, tunjukkan kedewasaanmu dengan memberi dan melakukan poin-poinnya yang masih masuk akal tersebut, setelah itu tegas menolak poin-poinnya yang menurutmu tidak masuk akal.

Beri Komentar