Mencintai Dua Orang Sekaligus dalam Satu Waktu, Mungkinkah?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Mei 2024 11:00
Mencintai Dua Orang Sekaligus dalam Satu Waktu, Mungkinkah?
Berbagai ahli dan studi mengatakan kalau merasakan perasaan cinta pada dua orang yang berbeda dalam satu waktu bukanlah hal yang mustahil. Lalu gimana mengatasinya?

Semua orang sepakat kalau jatuh cinta adalah perasaan yang membuat menyenangkan. Namun, kamu bisa mencintai dua orang sekaligus dalam waktu yang bersamaan dan kondisi ini tentu sangat membingungkan.

Loh, memangnya bisa ya, mencintai dua orang sekaligus?

Nah, anggapan kalau jatuh cinta bisa dirasakan seseorang pada satu orang saja cukup banyak dipahami karena memang menguras tenaga dan emosi. Meskipun begitu, berbagai ahli dan studi mengatakan kalau merasakan perasaan cinta pada dua orang yang berbeda dalam satu waktu bukanlah hal yang mustahil.

1 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/CandyRetriever

Seorang psikolog klinis dan profesor psikologi, Ramani Durvasula, Ph.D., dalam laman Womens Health menjelaskan kalau mencintai dua orang sekaligus adalah hal yang wajar, kok!

Hal tersebut  bisa terjadi karena manusia adalah makhluk yang kompleks dan rumit, jadinya mungkin banget kalau sifat dari dua orang yang berbeda bisa jadi menarik bagi kita.

Selain itu, kamu tentunya mengalami banyak hal positif dalam hidup yang membuat kamu lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan orang-orang baru. Semakin kamu menerima siapa diri kamu, semakin besar kemungkinan kamu juga akan menghargai orang lain apa adanya. Maka dari itu, kamu bisa mudah jatuh cinta pada orang lain termasuk pada dua orang yang berbeda.

2 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/Mix and Match Studio

Mencintai dua orang sekaligus juga dianggap sebagai sesuatu yang bisa terjadi menurut Susan Winter, seorang pakar hubungan dan Jess O'Reilly, Ph.D., podcaster tentang hubungan dilansir dari laman web Elite Daily.

Nggak ada aturan yang mengatur seseorang ketika jatuh cinta pada orang lain, sehingga mungkin banget buat mencintai dua orang pada saat yang sama.

Hal tersebut juga dianggap sebagai sesuatu yang nggak jauh berbeda ketika kamu mencintai orang lain secara platonik alias nggak mengarah ke sesuatu yang romantis. Misalnya, perasaan cinta yang kamu rasakan kepada keluarga dan teman. Tentunya kamu juga bisa merasakan rasa cinta pada banyak orang dalam satu waktu, kan?

 

3 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/KUNG MIN JU

Nah, berkaitan dengan mencintai dua orang sekaligus, ada salah satu fenomena unik yang sebenarnya masih jarang terjadi. Meskipun mencintai dua orang sekaligus bisa jadi hal yang merepotkan, tetapi buat orang yang terbuka dengan hubungan tiga orang, sangat mungkin untuk menjalin hubungan cinta dengan lebih dari satu orang secara bersamaan.

 

4 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/Streamlight Studios

Meskipun begitu, hal tersebut bukan sesuatu yang mudah dan belum pasti. Bisa jadi, kamu merasakan kurang pada gebetan atau pasangan saat ini, sehingga kamu bisa mencintai orang lain.

Di sisi lain, bersikap jujur pada salah satu pasangan juga bukan hal yang mudah. Kamu juga harus memutuskan hubungan mana yang ingin kamu lanjutkan atau jalani dengan serius kedepannya.

Kalau kamu masih merasakan kesulitan untuk mencintai dua orang sekaligus dan berkomitmen agar lebih serius, tandanya kamu harus memutuskan sosok manakah yang ingin kamu dekati atau ingin menjalani hubungan dengan serius.  

5 dari 10 halaman

 

Ilustrasi Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© shutterstock.com/g/Dragon Images

 

Meskipun mencintai dua orang sekaligus adalah hal yang wajar, kamu perlu menentukan salah satu dari dua orang tersebut agar terhindar dari konflik emosional di antara kalian bertiga. Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu berada dalam situasi mencintai dua orang sekaligus.

 

Kenali Jenis Cinta yang Kamu Rasakan

 

Ketika kamu merasa sedang mencintai dua orang sekaligus, cobalah untuk mengenali jenis cinta yang kamu rasakan pada keduanya. Misalnya, apakah cinta yang kamu rasakan benar-benar romantis atau cuma karena rasa iba atau emosional terhadap orang tersebut.

 

Ini bisa membantu kamu agar bisa lebih yakin untuk memilih salah satu dari mereka dan agar kamu nggak kebingungan lagi.



 

6 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/paulaphoto

Pikirkan Baik-Baik Hubungan Saat Ini

Tips yang satu ini bisa dilakukan ketika kondisinya kamu sedang berada dalam hubungan romantis dengan seseorang.

Bisa jadi, kamu nggak merasa puas dengan hubungan saat ini atau sedang berada dalam ambang perpisahan, sehingga kamu memperhatikan hal-hal yang nggak dimiliki pasanganmu yang dimiliki oleh orang baru itu.

Meskipun begitu, pada saat yang sama, kamu nggak bisa segera melepaskan hubungan yang kamu jalani dengan pasanganmu karena berbagai alasan. Maka dari itu, kamu perlu ingat kalau saat ini kamu sedang berada dalam suatu hubungan dan pikirkan perasaan pasanganmu.

 

7 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/Have a nice day Photo

Pertimbangkan Siapa yang Lebih Cocok Denganmu

Saat kamu ingin memilih salah satu dari dua orang yang saat ini kamu cintai, putuskan siapa yang lebih cocok dengan kamu. Pertimbangkan hal-hal seperti adanya kesamaan dari diri kalian, tujuan dan rencana buat masa depan, tingkah laku dan kebiasaan, dan lain-lain.

Baik ketika kamu masih dalam tahap naksir, mulai deketin, sampai ingin ke tahap yang serius, penting untuk membuat keputusan demi keberlangsungan hubungan romantis yang kamu inginkan.

 

8 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/MRAORAOR

Beri Dirimu Waktu Buat Memutuskan

Memutuskan dengan siapa kamu akan jatuh cinta pada seseorang dan menjalin hubungan di masa depan bisa jadi keputusan yang sangat sulit. Berikan waktu sejenak yang bisa kamu lakukan buat berpikir dan memilih antara kedua orang tersebut.

Jangan sampai kamu terburu-buru dan mengambil keputusan yang sebenarnya masih belum sepenuhnya yakin. Bisa saja, kamu malah menyadari kalau keduanya bukan sosok yang tepat buat kamu.

9 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/wolfstudiobkk

Buat Daftar Tentang Apa yang Kamu Inginkan

Kamu tentunya akan merasa bingung karena harus memilih di antara dua orang tersebut. Daripada berfokus pada apa yang bisa ditawarkan kedua orang itu padamu, pikirkan apa saja yang kamu inginkan dalam suatu hubungan.

Kamu bisa membuat daftar yang berisikan semua hal yang kamu inginkan dalam suatu hubungan. Dari daftar tersebut, kamu bisa lihat apakah salah satu dari dua orang tersebut sudah memenuhi semua criteria yang kamu tulis. Kalau belum ada yang cocok, jangan terburu-buru buat memukan orang lain dan biarkan dia datang sendiri.

10 dari 10 halaman

Mencintai Dua Orang Sekaligus © Diadona© 2024 shutterstock.com/Paisit Teeraphatsakool

Yakinkan Perasaan Cinta yang Kamu Rasakan

Terkadang, kamu bisa jatuh cinta pada seseorang ketika kamu merasa kesepian atau sedih, atau mungkin ketika berada dalam hubungan yang tidak memuaskan. Kamu bisa mencintai dua orang sekaligus agar bisa mengisi kekurangan dari salah satu orang tersebut.

Kalau kamu sering merasakan perasaan cinta pada orang lain, itu mungkin karena kamu ingin menunjukkan pada pasangan kalau kamu punya perasaan terhadap orang lain sehingga pasanganmu bisa inisiatif mengakhiri hubungan.

Apapun alasannya, yakinkan kalau perasaan cinta yang kamu rasakan benar-benar tulus dan bukan sebagai pelampiasan.

Itu dia penjelasan mengenai mencintai dua orang sekaligus berdasarkan sisi psikologi. Kalau kamu salah satu yang merasakannya, kamu bisa ikuti tips di atas agar bisa menentukan kelanjutan dari hubungan romantis kamu buat kedepannya. Good luck, Diazens!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar