Sering Terjadi, Ini 4 Tanda Kekerasan Verbal yang Harus Dihindari dalam Hubungan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 14 April 2022 19:15
Sering Terjadi, Ini 4 Tanda Kekerasan Verbal yang Harus Dihindari dalam Hubungan
Jangan sampai melakukan atau bahkan menjadi korban ya~

Hubungan asmara selalu diusahakan untuk berada dalam kondisi yang 'sehat' atau tidak toxic. Suatu hubungan bisa dikategorikan sebagai toxic relationship jika menunjukkan tanda-tanda yang bisa melukai atau membahayakan salah satu pihak atau bahkan keduanya.

Pasti kita udah nggak asing lagi dengan istilah kekerasan dalam hubungan. Biasanya, kekerasan merujuk pada perilaku, tapi sebenarnya bisa juga terwujud secara verbal atau dalam kata-kata.

Kekerasan verbal memang nggak menimbulkan luka secara fisik, tapi justru bisa membuat mental atau emosional seseorang menjad hancur hingga menimbulkan rasa tidak percaya diri. Hal semacam ini tentunya bisa dihindari jika kita mengerti tanda-tandanya.

Melansir dari Times of India, berikut merupakan tanda-tanda kekerasan verbal atau verbal abuse yang sebaiknya dihindari dalam hubungan asmara.

1 dari 5 halaman

1. Memanggil dengan nama yang nggak sopan/keterlaluan

Ilustrasi Kasar pada Pasangan © Diadona

Tanda pertama yang menunjukkan verbal abuse dalam hubungan asmara yakni manakala pasangan memanggilmu dengan nama yang nggak sopan atau kata-kata yang sudah keterlaluan. Jika pasangan melakukan hal itu terus-menerus, maka bisa dikategorikan sebagai red flag dalam hubungan. Sebaiknya sampaikan hal ini pada pasangan jika dirasa sudah sangat berlebihan. Kalau memang tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, nggak ada salahnya untuk meninggalkan dia.

2 dari 5 halaman

2. Manipulasi

Manipulasi juga menjadi salah satu tanda terjadinya kekerasan verbal dalam hubungan. Hubungan yang normal, tentunya nggak boleh memanipulasi satu sama lain. Kalau dia nggak punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan cara yang sehat dan justru malah memanipulasi kamu, sebaiknya kamu perlu berhati-hati tentang kelanjutan hubungan kalian.

3 dari 5 halaman

3. Memberi ancaman

Ilustrasi Mengancam Pasangan © Diadona

Tanda yang satu ini menjadi tanda yang tergolong cukup besar dan cukup berbahaya jika dikaitkan dengan kekerasan verbal. Namanya juga ancaman, tentunya hal ini akan menimbulkan bahaya sekalipun mungkin dampaknya tak terlihat secara kasat mata. Pasangan yang selalu memberi ancaman, bukan lagi bertindak atas nama cinta melainkan rasa posesif belaka.

4 dari 5 halaman

4. Sering menuduh atau menyalahkan

Berprasangka buruk sesekali masih bisa dimaklumi, tapi kalau prasangka buruk ini dibiarkan menjalar maka sama artinya tidak ada rasa percaya dalam hubungan. Perilaku tersebut akan berakhir dengan sikap menuduh dan menyalahkan hingga membuat hubungan jadi nggak sehat. Ini jelas-jelas merupakan tanda dari kekerasan verbal yang harus dihindari.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar