Masih Pacaran Tapi Ingin Buat Tabungan Bersama, Perlu Nggak Sih?

Reporter : Arifina
Kamis, 1 September 2022 08:15
Masih Pacaran Tapi Ingin Buat Tabungan Bersama, Perlu Nggak Sih?
Asal bijak dalam mengatur, it's ok guys :)

Membuat rencana penataan keuangan bersama pasangan bagi sebagian orang harus dimulai sejak awal. Bahkan, banyak juga yang masih pacaran mulai merencanakan hal itu.

Tabungan bersama ini biasanya dibuat untuk kepentingan masa depan. Misal, modal menikah yang direncanakan pasangan kekasih.

1 dari 6 halaman

Tapi, sebetulnya perlu nggak sih membuat tabungan bersama saat status masih sebagai pacar?

Dilansir dari berbagai sumber, hal itu tidak menjadi persoalan. Asal, kedua belah pihak tahu bagaimana pengaturan keuangan yang tepat.

Namun, karena status yang masih berpacaran, kiranya tetap harus memperhatikan hal-hal berikut. Sehingga, jika terjadi kendala putus hubungan kalian tidak akan menyesalinya atau bingung.

2 dari 6 halaman

Tentukan Tempat Menabung

Ilustrasi pasangan © Diadona

Kamu dan pacar sebaiknya memulainya dengan memikirkan dimana kalian akan menabungkan uang bersama. Apakah itu di bank, koperasi, atau lainnya. Sepakati dulu agar tidak memunculkan perselisihan ya.

Hal ini bisa diambil jalan tengah bersama agar tak memberatkan satu pihak dalam kenyamanan menabung.

3 dari 6 halaman

Tentukan Nominal Uang yang Ditabung

Ini penting, jadi masing-masing dari kalian harus menabung sesuai nominal yang disepakati. Hal ini untuk menghindari adanya keberatan di salah satu pihak, mengingat kebutuhan setiap orang berbeda.

Dengan membuat nominal uang yang ditabung sama, ini juga akan meminimalisir hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Meski kamu memiliki uang lebih, pastikan jangan melebihkan nominal tabungan bersama, ya. Karena hal itu bisa mempersulit hitungan tabungan.

4 dari 6 halaman

Buat Rekening Atas Nama Bersama

Khusus tabungan pasangan, maka kalian pun harus membuat rekening atas nama bersama. Ini akan lebih baik, sehingga tidak akan ada uang tabungan rencana masa depan yang tercampur dengan uang pribadi.

Langkah ini juga akan memudahkan pengambilan uang jika ada sesuatu yang mendesak. Tentunya, tetap dengan persetujuan bersama ya.

5 dari 6 halaman

Buatlah Perjanjian di Awal

Ilustrasi pasangan © Diadona

Mungkin ini seakan dianggap sepele, tapi perjanjian di awal akan membuat kamu dan pacar kamu lebih hati-hati. Hal ini untuk memnimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Semisal, di masa depan kalian harus putus, maka tabungan bersama akan berakhir. Otomatis perjanjian ini akan memudahkan kalian dalam hal pembagian hasil uang yang kalian tabung tanpa adanya kecurangan ya!

6 dari 6 halaman

Konsisten

Kalau sudah berniat secara bersama untuk menabung, maka konsisten harus dilakukan. Jangan sampai, setiap bulannya hanya satu pihak saja yang menabung ya.

Ingat tujuan awalmu bersama pasangan. Maka, kamu dan pasangan harus saling memberi pengaruh yang baik satu sama lain.

Beri Komentar