8 Indikator Kondisi Pernikahan yang Sehat, Udah Terpenuhi Belum?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 19 Juli 2022 14:15
8 Indikator Kondisi Pernikahan yang Sehat, Udah Terpenuhi Belum?
Kamu dan pasangan udah memenuhi hal-hal ini nggak?

Menjalani kehidupan pernikahan nggak seindah saat momen resepsi. Mungkin bisa terlihat bahagia dan menyenangkan dari luar, tapi tentunya tiap pasangan punya permasalahannya masing-masing.

Sembari berjuang melewati tantangan dalam hubungan pernikahan, ada baiknya jika masing-masing menjaga hubungan tersebut tetap berada dalam jalur yang 'sehat'. Melansir dari Parentalk.id, ternyata ada beberapa check list yang harus dipenuhi agar pernikahan tetap sehat, aman, dan nyaman bagi kedua belah pihak.

Apa saja indikatornya, simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 5 halaman

1. Kencan

Ilustrasi Pasangan Suami Istri KencanIlustrasi Pasangan Suami Istri Kencan © shutterstock.com/id/g/Kiwis

Check list pertama mengenai kondisi pernikahan adalah tentang kencan atau dating. Masih ingat nggak kapan terakhir kali ngedate atau pacaran berdua sama pasangan? Ngobrol santai tanpa ngomongin anak atau perihal rumah tangga, tapi fokus tentang kalian berdua.

2. Nyaman

Selama menjalani pernikahan, kamu nggak bisa mengesampingkan rasa nyaman. Lantas, apa rasa nyaman itu masih ada saat kamu bersama pasangan? Begitu juga sebaliknya, apa pasangan juga nyaman saat bersama kita?

2 dari 5 halaman

3. Komunikasi

Ilustrasi Pasangan Suami Istri NgobrolIlustrasi Pasangan Suami Istri Ngobrol © shutterstock.com/id/g/fizkes

Banyak yang bilang, komunikasi adalah kunci keutuhan rumah tangga. Lalu, sudahkah kamu menyampaikan isi pikiran dan perasaan ke pada pasangan? Apakah pasangan benar-benar menerimanya dalam frekuensi yang sama? Komunikasi yang dimaksud juga bukan sekadar chit-chat atau terus-menerus mengeluarkan unek-unek yaa~

4. Fulfillness

Dalam kehidupan rumah tangga, pasti kedua belah pihak punya kebutuhan yang perlu dipenuhi. Apakah selama ini kebutuhanmu sudah dipenuhi oleh pasangan, begitu juga sebaliknya? Dan lagi, kebutuhan nggak melulu tentang materi, tapi juga kebutuhan akan kasih sayang, dihargai, diterima, dan sejenisnya.

3 dari 5 halaman

5. Deeptalk

Ilustrasi Deep TalkIlustrasi Deep Talk © shutterstock.com/id/g/franz12

Saking sibuknya mengurus diri sendiri, anak, atau bahkan keperluan rumah tangga lainnya, kadang pasangan jadi jarang ngobrol serius. Sebenarnya, kapan sih terakhir kali kamu deeptalk dengan pasangan? Perlu banget loh membahas evaluasi, visi ke depan, potensi dan tantangan yang mungkin terjadi dalam pernikahan, serta review mengenai rumah tangga yang dijalani.

6. Partner

Apakah kamu dan pasangan sudah menjadi partner yang baik selama menjalin pernikahan? Memberi dukungan moral, bantuan, energi, mengangkat pasangan saat down, serta mengisi kekosongannya saat sedang kepayahan? Sudahkah kamu melakukan dan menerima hal ini?

4 dari 5 halaman

7. Sahabat

Ilustrasi Pasangan Sekaligus SahabatIlustrasi Pasangan Sekaligus Sahabat © shutterstock.com/id/g/Dragon+Images

Sudah selayaknya pasangan suami istri menjadi sahabat terbaik untuk satu sama lain. Pernikahan yang sehat akan membentuk pasangan menjadi sahabat yang bisa dijadikan tempat bercerita dan curhat apapun tanpa takut dihakimi, dilabeli, atau bahkan direndahkan.

8. Kekasih

Kapan nih terakhir kali kamu pacaran dengan pasangan? Pacaran dengan sosok yang sudah sah emang rasanya beda sih! Gimana, apa selama ini kalian masih di mode pacaran atau hanya rekan satu rumah?

Beri Komentar