Makin Lama Berhubungan Bikin Wajah Makin Mirip sama Pasangan, Kenapa Bisa Gitu ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 6 November 2020 09:15
Makin Lama Berhubungan Bikin Wajah Makin Mirip sama Pasangan, Kenapa Bisa Gitu ya?
Pertanda jodoh nggak nih..

Pernah nggak sih kamu menyadari pasangan kekasih atau bahkan pasangan suami istri yang sudah lama menikah, menunjukkan wajah yang hampir mirip satu sama lain? Biasanya nih, orang-orang menyebutnya sebagai pertanda jodoh..

Bisa jadi emang pertanda jodoh sih, sampai akhirnya ada penelitian khusus mengenai hal ini loh. Tim peneliti dari University of Michigan menemukan fakta bahwa semakin lama kamu menghabiskan waktu dengan pasangan, maka struktur wajah pun akan cenderung mirip.

Kenapa bisa gitu, yuk simak penjelasan selengkapnya.

1 dari 4 halaman

1. Biasanya seseorang mencari pasangan berdasarkan kecocokan

Ilustrasi Kencan di Kedai Kopi © Diadona

Melansir dari Bustle, biasanya seseorang akan mencari pasangan yang dirasa cocok untuknya. Kecocokan ini biasanya didasarkan pada sifat, hobi, usia, atau beberapa kesamaan lain.

Senada dengan hal itu, Benjamin Domingue, peneliti di Boulder's Institute of Behavioral Science menemukan fakta bahwa ada sebagian orang yang memang mencari pasangan yang mirip secara fisik seperti dirinya. Tanpa disadari, mereka cenderung mencari pasangan yang tinggi badan dan warna kulitnya mirip dengan dirinya.

2 dari 4 halaman

2. Terbiasa menghabiskan banyak waktu bersama

Ilustrasi Kencan © Diadona

Robert Zajonc, psikolog asal University of Michigan menyatakan bahwa kemiripan cenderung terjadi pada pasangan yang sudah bersama sekitar 25 tahun.

Kemiripan wajah pada pasangan ini diduga terjadi karena keduanya sudah merasakan banyak waktu bersama. Bahkan dengan hidup di lingkungan yang sama selama bertahun-tahun, akhirnya membuat mereka juga banyak berbagi pengalaman sedih maupun bahagia.

3 dari 4 halaman

3. Kualitas hubungan menentukan koneksi pasangan

Ilustrasi Pasangan Bahagia © Diadona

Mengutip dari Independent UK, kemiripan wajah pasangan ternyata bisa dipengaruhi oleh kualitas hubungan yang dijalani loh. Kualitas hubungan menentukan koneksi dengan pasangan, hal ini tentunya berpengaruh pada aktivitas bersama, pola hidup, bahkan tingkah laku yang semakin mirip.

Profesor dari Wharton School at University of Pennsylvania menyebut bahwa tingkat kepuasan yang tinggi dalam hubungan akan membuat pasangan cenderung memiliki wajah yang semakin mirip.

Beri Komentar