Kiat Jitu Mempertahankan Hubungan Pertemanan Antar Lawan Jenis, Biar Gak Baper-Baper Club!

Reporter : Yayuk Harini
Minggu, 18 Oktober 2020 14:00
Kiat Jitu Mempertahankan Hubungan Pertemanan Antar Lawan Jenis, Biar Gak Baper-Baper Club!
Temenan sama lawan jenis dan enggak baper, bisa kok!

Menjalin hubungan pertemanan dengan lawan jenis bisa dibilang sebuah tantangan tersendiri. Hal ini terjadi lantaran hubungan antar laki-laki dan perempuan lebih menonjol dibanding dengan fase lainnya. Tak khayal, banyak hubungan yang dimulai dengan ikatan pertemanan antar lawan jenis berakhir saling baper satu sama lain.

Kalau misal kedua belah pihak sama-sama suka, hal itu bisa dibilang baik dan sah-sah saja, tapi kalau hanya cinta sebelah pihak gimana dong? Galau-galau dah!

 

1 dari 5 halaman

1. Kontak Fisik yang Dilakukan

Ilustrasi pasangan bahagiaIlustrasi pasangan bahagia © medicalnewstoday.com

Nah, menurut seorang psikolog bernama dave Matthews mengungkapkan bahwa seorang laki-laki dan perempuan bisa saja menjalin hubungan pertemanan. Tapi pada satu titik, mereka bisa jatuh cinta satu sama lain. Gak mau dong terbawa arus kebaperan yang tiada berujung?

Berdasarkan penelitian yang berjudul 'Strategi Mempertahankan Hubungan Pertemanan Lawan Jenis pada Dewasa Muda' dan dimuat dalam E-JURNAL GAMA JOP, menunjukkan bahwa perbedaan antara pertemanan lawan  jenis dan pasangan romantis. Perbedaan diantara   keduanya terletak pada   kontak fisik yang terjadi. Kontak fisik lebih sering terjadi pada pasangan  romantis dibandingkan  dengan pasangan pertemanan  lawan  jenis.

2 dari 5 halaman

2. Manfaat Menjalin Hubungan dengan Lawan Jenis

Pasangan menunjukkan karakteristik yang sama  dalam menjalin pertemanan  lawan jenis yaitu  menghabiskan waktu  bersama, memiliki kesamaan,   menjalin hubungan yang timbal-balik, dan saling menceritakan permasalahan pribadi. Pertemanan  lawan  jenis  juga  memberikan manfaat bagi individu yang menjalaninya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan BahagiaIlustrasi Pasangan Bahagia © freepik.com/pressfoto

Manfaat yang  dirasakan diantaranya adalah mengetahui  perspektif lawan jenis dalam menghadapi permasalahan, dapat memenuhi kebutuhan emosi terutama pada laki-laki, membantu    diri untuk menjadi lebih  terbuka kepada orang  lain, dan terhindar dari rasa kesepian.

4 dari 5 halaman

3. Biar Enggak Baper

Terlepas dari beberapa manfaat menjalin pertemanan dengan lawan jenis, hal yang lebih ditekankan lagi adalah sikap kita terhadapnya untuk profesional menganggap teman. Tak menutup kemungkinan, kita bisa saja suka kan sama doi? Namun apa salahnya mencoba untuk bersikap sewajarnya dan mempertahankan hubungan pertemanan ini.

5 dari 5 halaman

Ilustrasi Pasangan BahagiaIlustrasi Pasangan Bahagia © Freepik.com

Nah, biar enggak baper-baper club, kita bisa tuh melakukan ritual untuk mengingatkan pada diri sendiri untuk tetap berada pada koridor yang benar yaitu pertemanan. Bersikap biasa saja, tak mengharapkan perasaan lebih dari sekedar sahabat. Menganggap dia adalah saudara sendiri bisa jadi salah satu cara untuk bisa menghormatinya dan otomatis kita akan merasa segan untuk berharap lebih dengannya. Semoga membantu ya.

Beri Komentar