23 Cara Balikan sama Mantan untuk Kamu yang Susah Move On

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 16 Desember 2023 10:28
23 Cara Balikan sama Mantan untuk Kamu yang Susah Move On
Untuk kamu yang ngerasa hatimu nggak bisa berpaling masa lalu, coba deh cara balikan sama mantan berikut ini.

Putus cinta nggak pernah mudah, terlebih dari orang yang sangat berharga untuk kita. Seolah nggak bisa hidup tanpanya, segala cara balikan saman mantan dilakukan.

Tapi sebelum kamu menempuh segala langkah dan cara balikan sama mantan, coba kamu pikirkan situasi berikut yang pada akhirnya menentukan apakah keputusan kamu itu tepat atau enggak

Dilansir dari berbagai sumber, Diadona kasih tahu nih gimana cara melihat keputusan tersebut apakah benar atau engga, gimana cara balikan sama mantan dan menyiapkan hati bila ingin kamu nggak terpenuhi.

1 dari 7 halaman

Cara Balikan sama Mantan © Diadona

Opsi mencari cara balikan sama mantan sangat mungkin dilakun kalau kalian putus sebab beberapa hal berikut ini:

Kalian Masih Cocok

Kalau dalam hubungan percintaan kamu setelah dia, kamu ngerasa nggak ada orang yang sebanding dengan dia dan kamu masih ngerasain 'percikan' yang sama saat kalian barengan, anggap aja kalau ini adalah suatu pertanda : dia layak untuk diperjuangkan.

Bukan Putus Karena Selingkuh, Kekerasan atau Ketidak Sesuaian Nilai

Dikutip dari Hack Spirit, hubungan yang berakhir karena pelecehan fisik dan seksual, perselingkuhan dan perbedaan prinsip biasanya jarang banget bisa diulang lagi. Why? Karena hal-hal tersebut bisa merusak kepercayaan, rasa hormat dan apapun dasar yang kokoh yang diperlukan untuk menjalin hubungan yang sehat.

Kalau alasan putusmu karena di luar poin tersebut, boleh deh lanjut tentang gimana cara balikan sama mantan.

Putus Karena Keadaan

Mungkin aja kalian putus karena dia perlu pindah ke tempat lain atau bisa juga karena kalian nggak sedang menjalin hubungan yang serius. Kalau memang bisa diperbaiki, kenapa enggak ya kan?

Alasan lain yang mungkin menguatkan kamu dalam cara balikan sama mantan, karena:

Kamu tau apa yang salah dan bertekad untuk memperbaikinya. Mungkin memang nggak semua, tapi mungkin kamu udah tahu caranya ni gimana suatu masalah tersebut udah nggak jadi masalah lagi di kemudian hari. Bisa dengan memperbaiki pola komunikasi atau dengan berkompromi.

Udah yakin? Yaudah yuk ke langkah dan cara baikan sama mantan yuk!

2 dari 7 halaman

Ilustrasi telepon mantan © Diadona

Cari Tahu Apa Dia Masih Peduli sama Kamu

Sebelum melalui langkah-langkah dan cara balikan sama mantan, kamu kudu tahu dulu nih apakah dia peduli sama kamu. Serius, karena kuncinya ada di sini nih.

Ketika hubungan udah berakhir, ada kemungkinan kalau masih ada ruang di hatinya buat kamu. Kalau iya, cara balikan sama mantan termasuk mudah karena itu bakalan jadi kekuatan kamu buat balikan sama dia.

Tapi kalau enggak, hmm, lebih baik kamu berhenti sekarang ketimbang perjuangan kamu buat cara balikan sama mantan jadi sia-sia. Karena serius deh, cinta kan nggak bisa dipaksa. Pun kalau memang nggak ada lagi cinta di hatinya adalah akar masalah dari berakhirnya hubungan kalian, memang lebih baik kalian nggak perlu balikan.

Beri Mereka Ruang

Kalau mantan kamu masih ada feeling nih, cara balikan sama mantan bukan dengan langsung nyamperin dia lho. Langkah kedua ini paling penting seklaigus yang paling sulit. Apa sih?

Yaitu nggak ngelakuin apa-apa.

Lho, kok bisa gitu?

Ada beberapa alasan nih. Pertama, kamu perlu meluangkan waktu untuk merenungkan apa aja yang salah dalam hubungan tersebut. Jangan ketemu sama dia dulu ya karena itu sangat berisiko pada perasaan kamu. Pun kamu juga perlu ngasih dia waktu untuk merefleksikan hubungan tersebut.

Kalo keburu diambil sama yang lain gimana dong?

Nah, berakhir sudah cara balikan sama mantan. Kalau dia berpaling, berarti memang dia nggak beneran serius mau sama kamu.

Jangan Menyerah pada Keinginan Mantan

Besar kemungkinan dia bakalan menghubungi kamu lagi dan biasanya cenderung ngomongin apa yang mereka mau atau mereka butuhkan. Nah kalau sudah begini, jangan mengemis ke dia ya, apalagi kalau dengan memberikan apa yang dia mau namun nggak sesuai dengan prinsipmu.

Jaga diri dan ketahui bahwa kamu berharga lho!

Kalau kamu memberikan apa yang dia mau, besar kemungkinan kalau dia berpikir bisa mengendalikan kamu. Manipulatif banget, nggak mau kan balikan sama mantan yang kayak begitu?

Jangan Ngasih Kasih Sayang Terlalu Banyak

Dengan menunjukkan sisi kuat kamu dan memberikan batasan yang jelas, kamu nunjukin sisi baru yang lebih kuat ke mantan. Kalau perlu nih, jangan terlihat ngasih terlalu banyak kasih sayang karena bakalan bikin kamu terlihat putus asa.

Hindari hal-hal berikut dalam cara balikan saman mantan, dan biarkan dia mengambil langkah pertama

3 dari 7 halaman

Cara Balikan sama Mantan

Cara Balikan sama Mantan © Diadona

Tingkatkan Diri

Jangan berfokus pada hubungan doang, tapi tingkatkan kualitas diri kamu. Dan itu bukan buat dia ya, melainkan untuk diri kamu sendiri.

Kamu kudu meningkatkan aspek lain dalam hidup kamu seperti penampilan, sikap dan mentalitas yang penting untuk kamu jangka panjang. Coba deh ubah gaya rambut, penampilan, dan yang terpenting adalah sikap.

Jadi Pribadi yang Positif

Nggak harus berubah drastis setelah putus juga sih sebagai cara balikan sama mantan… Tapi setidaknya, kamu berusaha untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih positif setelah putus dengan pacarmu.

Jadikan kesalahan dalam hubungan kamu yang sebelumnya sebagai evaluasi untuk kamu menjadi pribadi atau pasangan yang lebih baik kedepannya. Ubah kebiasaan buruk yang sering si dia anggap menyebalkan dan membuatnya naik darah.

Bonusnya, si mantan mungkin menyadari perubahan sifat kamu dan memutuskan untuk kembali. Tapi jangan geer duluan ya! Dalam hal memperbaiki diri, yang terpenting bukanlah sebagai cara balikan sama mantan tapi gimana kamu menjadi individu yang lebih baik.

Olahraga

Setiap kali kamu melakukan aktivitas fisik, hal ini bakalan ngasih endorfin ke dalam tubuh kamu dan bikin kamu ngerasa lebih baik. Hormon ini berfungsi utnuk penyemangat, juga untuk mengurangi perasaan depresi.

Berhubungan Baik dengan Teman-Teman

Salah satu hal yang paling berat setelah putus adalah saat kamu menghadapi kesepian. Itu normal banget kok, namun pada akhirnya jangan sampai hubungin dia dulu ya!

Alih-alih menuju jalur cara balikan sama mantan, ada baiknya kamu mengalihkan perhatian sama orang-orang yang penting buat kamu seperti keluarga atau sahabat.

4 dari 7 halaman

Cara Balikan sama Mantan © Diadona

Fokus untuk Memperbaiki Hubungan Baik, Bukan Balikan

Ketika kamu merasa menyesal dan bersalah dengan mantan karena keputusan untuk putus. Kamu pasti dipenuhi rasa sedih dan nyesel yang nggak ada habisnya.

Tapi yah gimana lagi? Kamu nggak mungkin secara tiba-tiba kembali ke si dia tanpa permintaan maaf dan menjelaskan kesalahan kamu. Nah, yang harus kamu lakukan adalah fokus untuk memperbaiki hubungan baik dengannya. Entah sebagai teman atau mantan pacar, kalau kalian sudah bisa menerimanya, bukan cuman balikan sama dia.

Jelaskan ke si dia alasan dan penyesalan kamu, lalu ceritakan juga hal-hal apa yang kamu lalui selama kalian putus. Inget, lakukan ini dengan tujuan memperbaiki hubungan kalian yang sebelumnya kacau, bukan sebagai cara balikan sama mantan. 

Jangan Terburu-Buru Ngomongin Soal Balikan

Yes, kamu nggak disarankan untuk terburu-buru bicara soal balikan. Selain karena terlalu cepat dan terkesan labil, kamu juga harus memperjelas perasaan kamu yang sebelumnya ruwet kayak benang kusut! 

Pasti kamu nggak mau kan, permasalahan yang sama terulang lagi di kemudian hari kalau kalian terlalu cepat mengambil keputusan. Kamu juga perlu mengembalikan kepercayaan kalian terhadap satu sama lain selama masa-masa ini.

Jadi, kalian berdua bisa anggap ini adalah PDKT 2,0 deh! Lanjut atau enggaknya urusan belakangan!

5 dari 7 halaman

Cara Balikan sama Mantan untuk Kamu yang Susah Move On © Diadona

Tata Ulang Harapan dan Tujuan

Entah kamu mulai berhubungan kembali dengan si dia atau belum, ada baiknya kamu menata ulang harapan dan tujuan kamu ketika kembali berda dalam suatu hubungan ya, Diazens.

Ini akan membantu kamu lebih ikhlas dan menjalankan masa-masa berat dalam hubungan, dengan harapan baru yang tentunya lebih realistis di keadaan kamu yang sekarang. Dengan begitu, gampang deh buat kamu menata hati lagi.

Pikirkan apa yang Berbeda dengan Hubungan Kali ini

Hubungan kalian berakhir karena suatu alasan, trus pikirkan apan yang berbeda kali ini? 

Apakah kalian perlu meningkatkan komunikasi atau membangun kembali kepercayaan? Apakah kalian berencana untuk meredam masing-masing ego?

Saat ingin kembali dengan mantan dan mencari cara balikan sama dia, ada baiknya kamu meninjau kembali hubungan kalian yang lama trus pikir ulang, apakah balian bener-bener hal yang baik buat kalian berdua?

Kenangan Masa Lalu Hanya Ada di Masa Lalu

Salah satu tantangan terbesar untuk kembali dengan mantan adalah melepaskan masa lalu.

Kalian nggak boleh melupakan apa yang terjadi selama hubungan awal, tetapi nggak boleh membiarkan hal tersebut mengganggu hubungan yang baru. Ini dilakukan biar kamu nggak asal balikan doang, tapi menghasilkan hubungan yang lebih baik untuk masing-masing pihak.

Kasih Waktu bagi Mantan untuk Berpikir

Setelah kamu ngomong pengen balikan, mungkin aja mantan kamu bakalan nggak ngasih kabar, nggak ngomong atau nggak ngasih kode apapun. Jangan direcokin yah, siapa tahu sebenernya dia sedang menenangkan diri karena pasti ada emosi tersisa di dalam dirinya. Jadi berikan dia waktu dan ruang untuk memikirkan perpisahan kalian.

Sambil memberi waktu untuk dia berpikir, sebaiknya pikirkan tentang alasan utama kenapa kamu pengen balikan sama dia.

Apakah kamu tiba-tiba menyadari ada yang hilang? Apakah kamu hanya merasa sedikit kesepian dan dia adalah orang pertama yang terlintas dalam pikiran kamu?

6 dari 7 halaman

Cara Balikan sama Mantan yang Nggak Bisa Kamu Lupakan © Diadona

Jangan Bersedih Jika Akhirnya Tidak Bersatu

Sayangnya, ada kalanya dua orang memang tidak ditakdirkan untuk bersama. Jujur dan realistis dengan diri sendiri, dan jika sudah waktunya untuk melepaskan, maka lakukan yang terbaik agar tidak ada penyesalan setelahnya.

Jelaskan Alasan Pengen Balikan dan Selesaikan Masalah

Saat putus, kamu mungkin ada banyak waktu buat memikirkan ulang hubungan kalian. Jernihkan pikiran dan tanya ke diri kamu sendiri, apakah hidup kamu akan lebih baik dengan cara balikan sama mantan? Trus coba deh pikirkan alasannya.

Trus pikirkan masalah apa yang dulu udah pernah terjadi. Ada baiknya kamu menyelesaikan sebelum benar-benar balikan dengan dia untuk menghindari pertengkaran di masa yang akan datang.

Turunkan Ekspektasi

Terakhir, kamu harus menurunkan ekspektasi kamu terhadap perasaan si dia kepada kamu. Karena sejatinya, seberapa keraspun kamu berjuang dan bertahan, si dia nggak akan balik kalau dia nggak merasa cocok dengan kamu.

Jadi, menurunkan ekspektasi adalah hal paling bijak setelah kamu melakukan berbagai cara balikan sama mantan. Ini juga menghindarkan kamu dari sakit hati yang kesekian kali. Pokoknya, fokus pada kebaikan dirimu sendiri dan biarkan Tuhan atur sisanya deh, Diazens.

 

7 dari 7 halaman

Jangan Memaksa Balikan

Kalau kamu udah berusaha jadi orang yang baik nih, trus sekarang gimana?

Hal terakhir yang kamu lakukan adalah menghubungi mantan kamu. Tapi please, jangan memaksa apalagi memohon, meskipun kamu ngerasa udah ngelakuin hal yang terbaik buat meningkatkan diri kamu nih.

ingat, kalian putus karena suatu alasan. Dan terserah diadong mau balikan atau engga, ya nggak sih?

Menjadi orang yang lebih baik memang nggak jaminan bikin mantan kembali ke pelukan, tapi kalaupun nggak berhasil bukankan kamu sudah menemukan versi terbaik darimu? Tinggal bersiap-siap menemukan orang baru untuk masuk ke hidup kamu.

Menerima

paling tidak ada delapan alasan utama kenapa hubungan erakhir, yaitu:

  • Selingkuh
  • Nggak supportif
  • Nggak cukup memberikan kasih sayang dan perhatian
  • Komunikasi yang gagal
  • Salah satunya menyerah
  • Toxic
  • Kemarahan yang salah arah
  • Sifat buruk

Coba tanya ke diri kamu, alasan apa sih yang bikin kamu putus. Apakah kamu? apakah dia?

Kalau itu adalah kamu, apakah kamu udah berubah menjadi orang yang baik? Apakah kamu ngasih dia waktu untuk untuk menyembuhkan diri dan menilai apaka dia benar-benar memang ingin balikan sama kamu? udah belum sih kamu engakui tindakan di masa lalu kamu trus mencoba dengan cata apapun buat menebusnya?

Nah kalau kamu yang disakitin oleh mantan, aopakah kamu siap untuk kembali maafin dia dan memberikan kesempatan kedua? Atau kamu masih menahan rasa sakit ke mantan?

Kamu Beneran Pengen Balikan atau Cuman Ngerasa Kesepian?

Habis putus adalah masa di mana paling indah atau paling sedih, tergantung siapa yang mengakhiri hubungan.

Tapi terlepas dari gimana perasaan kamu, waktu bisa mengubahnya. Kata orang, Tuhan bisa membolak-balikkan hati sis.

Maka sebelum yakin dan cari tahu cara balikan sama mantan, cari tahu mana yang kamu rindukan : mantan, atau perasaan sedang jatuh cinta?

Karena menurut Helen Fisher, antropolog biologi dari Rutgers University, cinta adalah candu. Cinta bisa bikin kecanduan yang berbahaya bagi otak.

Cara balikan sama mantan nggak semudah langkahnya aja, tapi merefleksikan keadaan dan berpikir apakah memang itu keputusan paling baik. Semangat ya kamu!

Penulis : Dhewi Bayu, Fishella W.

Beri Komentar