Keharmonisan Hubungan Bisa Terlihat dari Cara Pasangan Berjalan Bersama, Emang Bener ya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 25 September 2020 09:15
Keharmonisan Hubungan Bisa Terlihat dari Cara Pasangan Berjalan Bersama, Emang Bener ya?
Kalo jalannya sendiri-sendiri apa pertanda kurang harmonis?

Bicara soal hubungan asmara, pasti semua pasangan mendambakan hubungan yang harmonis, adem ayem, bahkan langgeng tanpa banyak pertengkaran. Wajar kok.. tapi tentunya, keharmonisan hubungan nggak bisa dicapai dengan bersantai-santai.

Kedua belah pasangan perlu sama-sama berjuang untuk menjaga hubungan tetap aman dan nyaman dijalani. Tapi tentu aja setiap pasangan punya kadar perjuangan yang beda-beda ya.

1 dari 3 halaman

Tapi tau nggak sih, harmonis atau tidaknya suatu hubungan ternyata bisa terlihat dari cara pasangan tersebut berjalan loh. Eits, tenang aja.. penemuan ini sudah melalui penelitian kok.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam PLOS One (Public Library of Science) menemukan fakta bahwa bahasa tubuh saat melakukan interaksi dengan pasangan sebenarnya bisa menunjukkan seberapa baik hubungan yang sedang dijalani. Penelitian yang diadakan di Cheng et.al ini telah melibatkan 2 jenis responden.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Berjalan bersama Pasangan © Diadona

Jenis responden pertama merupakan pasangan orang asing yang tidak saling kenal, sedangkan jenis responden kedua merupakan pasangan yang sudah kenal dan sedang menjalin hubungan. Kedua jenis responden tersebut diminta untuk berjalan bersama.

Hasilnya, mereka yang merupakan pasangan menunjukkan cara berjalan yang beriringan dan lebih sejajar, dibandingkan pasangan orang asing yang tidak saling kenal. Berjalan sendiri sebenarnya merupakan tipe komunikasi nonverbal yang terlihat sepele, tapi justru bisa mengungkap status dan kondisi suatu hubungan.

3 dari 3 halaman

Ketika pasangan berjalan beriringan bahkan langkahnya pun sama dan sejajar, tanpa disadari hal tersebut justru memperlihatkan kecocokan di antara mereka. Bahkan, terjadi kemiripan perasaan yang terbangun di antara kedua belah pihak tersebut.

Jadi bisa terlihat dong, hubungan yang harmonis pasti berjalan sejajar dan beriringan. Bukannya saling mendahului atau bahkan saling meninggalkan..

Beri Komentar