Hati-Hati, Punya Pacar Baru Ternyata bisa Bikin Kehilangan Teman

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Kamis, 16 April 2020 08:15
Hati-Hati, Punya Pacar Baru Ternyata bisa Bikin Kehilangan Teman
Waduh, pilih teman atau pacar nih?

Punya pasangan yang baru memang terasa menyenangkan nih, apalagi kalau kamu sudah lama menjomblo. Punya pasangan yang baru membuat kita akan meluangkan waktu dengan sosok tersebut, akibatnya waktu kebersamaan kita dengan orang lain pun akan berkurang.

Mengutip dari theguardian.com, menjalin hubungan romantis maka sama artinya dengan mengorbankan teman dekat. Hal ini didukung oleh penelitian di Oxford University yang menyatakan bahwa, punya kekasih baru maka harus siap kehilangan dua orang dekat orang lainnya.

1 dari 3 halaman

Robin Dunbar, profesor antropologi di Oxford University menyatakan, " Umumnya orang-orang menjalin pertemanan dengan lima orang sekali waktu, tetapi ketika punya pasangan biasanya jumlahnya akan berkurang jadi empat saja dalam lingkaran sosialnya." Empat orang yang dimaksud Dunbar, ternyata sudah termasuk dengan si kekasih baru yang kini masuk dalam kehidupanmu lho.

Dunbar menyatakan bahwa seseorang pada umumnya hanya bisa menjalin pertemanan dengan maksimal 150 orang. Dari jumlah tersebut, orang-orang cenderung membagi lagi relasinya dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil. Biasanya, dalam lingkup pertemanan kecil hanya terdiri dari 5-6 orang saja.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pertemanan © Diadona

Dari 540 orang yang menjadi responden dalam penelitian tersebut, terjadi kecenderungan bahwa orang-orang yang baru memiliki kekasih akan mengurangi interaksinya dengan dua orang lain dalam lingkaran terdekatnya. Sebaliknya, 'jatah' interaksi untuk dua orang lainnya tadi, justru dialokasikan pada hubungannya dengan sang kekasih. Dua orang yang 'tersingkir' ini nggak selalu teman, bisa jadi anggota keluarga juga lho.

3 dari 3 halaman

Turunnya intensitas interaksi dengan teman pada akhirnya akan menurunkan kedekatan emosional yang selama ini sudah terbangun. Maka nggak mengherankan, ketika memiliki pacar baru, maka dua orang terdekat pun cenderung menghilang dari lingkaranmu selama ini.

Kalau kamu nggak ingin kehilangan teman, maka sudah selayaknya kamu tetap menjaga interaksi dengan mereka. Atau opsi lain, gimana kalau kamu pacaran dengan teman dekat sendiri aja? Hehe..

Beri Komentar