11 Cara Menghadapi Suami yang Memiliki Gangguan Kebiasaan Suka Tidur dan Bangun Siang

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Senin, 25 Maret 2024 13:44
11 Cara Menghadapi Suami yang Memiliki Gangguan Kebiasaan Suka Tidur dan Bangun Siang
Berikut beberapa hal yang bisa Moms lakukan untuk menghadapi suami yang bangun siang.

Suami adalah sosok kepala rumah tangga yang memiliki tanggung jawab dan peran penting. Oleh sebab itu, suami memiliki deretan tanggungjawab untuik memenuhi kebutuhan lahir dan batin seluruh anggota keluarga baik dari segi ekonomi hingga religius.

Nah, lalu apa yang harusnya Moms lakukan saat menghadapi kenyataan bahwa sang suami suka bangun siang? Terlebiuh hal ini sudah sangat berdampak pada kehidupan pekerjaan. Beberapa hal yang perlu Moms lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini yakni :

1 dari 6 halaman

Menghadapi Suami yang Suka Tidur dan Bangun Siang © Diadona© 2024 shutterstock.com/MIA Studio

Kenali Penyebabnya

Sebelum buru-buru mengatakan bahwa suami kita adalah pemalas, sukanya bangun siang, pahami dulu, apa ya masalah utama dari pasangan. Apa yang membuat beliau bangunnya selalu siang? Apakah baru belakangn saja bangun siangnya, atau sejak mengenal beliau dari zaman pacaran dulu?

Kalau ternyata masalah bangun siang ini sudah terjadi dari masa lalu, jangan-jangan beliau punya gangguan tidur. Apakah pasangan memiliki kesulitan untuk memulai tidur atau pasangan sebenarnya memiliki gaya hidup yang gak terlalu baik. Sebetulnya, kebutuhan orang dewasa seperti kita itu tidurnya sekitar 8 hingga 9 jam maksimal dalam satu hari.

2 dari 6 halaman

Ajak Suami Periksa Ke Dokter atau Psikolog

Menurut seorang Psikolog Roslina Verauli, M.Psi.,Psi. dalam video 'Suamiku Bangun Siang' yang diunggah di kanal YouTube Roslina Verauli,  yuk ajak pasangan dulu untuk diperiksa ke dokter terdekat atau ke psikolog klinis terdekat untuk diketahui ada gangguan tidur ataukah tidak.

Bantu pasangan untuk memahami peran-peran yang beliau butuh untuk lakukan pada saat milikki anak, sebagai kepala rumah tangga. Bertanggungjawab juga melibatkan secara finansial, kemampuan terhadap diri dan pekerjannya.

Dalam pengertian, secara emosional, tingkat kematangannya masih belum terlalu baik sehingga butuh ditanganin agar mampu menghadapi stres dan tekanan harian. Jadi coba pahami deh, apakah beliau orang yang sanggup menghadapi tekanan-tekanan pekerjaan harian dan kehidupan.

Ketika menjadi ayah dan kepala rumah tangga ada yang jauh lebih penting dari sekedar memenangkan ego sesaat, bahwa khawatir nanti dipecat dan lebih baik mundur duluan dan mekanisme bertahannya adalah menghindar, padahal kalau ada kesulitan yang paling tepat adalah dengan menghadapinya.

3 dari 6 halaman

Dampingi suami untuk mendapatkan penanganan segera dan kemudian mari kita support untuk kempali bertanggung jawab secara financial sebagai kepala rumah tangga. 

4 dari 6 halaman

Tips Menghadapi Suami yang Suka Tidur dan Bangun Siang © Diadona© 2024 shutterstock.com/MIA Studio

Selain langkah di atas, beberaap tips ini bisa dilakukan untuk menghadapi suami yang suka tidur dan bangun siang :

Bangunkan dengan Sabar dan Kecup Keningnya

Pasti susah untuk menerapkannya, tapi ini cara yang baik menghadapi suami yang suka tidur dan bangun siang. Bisa jadi mereka bangun siang karena kecapean dengan overload pekerjaan yang harus diselesaikan kemarin atau malah hari.

Suami pasti merasa jenuh dan juga stress dan emosinya juga akan cenderung tidak stabil atau mudah marah, jadi istri harus bisa memahami dengan sabar. Agar tidak malah terjadi pertengkaran nantinya yang akan membuat suasana di rumah tidak nyaman.

Selain itu mengecup keningnya bisa menciptakan suasana yang romantis dan harmonis yang membuat suami nyaman, sehingga suami bisa bangun dengan cepat dan disambut senyuman bukan amarah. 

Pahami Rutinitas Aktivitasnya

Jika ternyata begadang tidak menjadi rutinitasnya atau tidak ada yang mendesak maka istri harus mengetahui penyebabnya agar mudah menghadapi suami yang suka tidur dan bangun siang.

Pahami suami tentang rutintasnya jika ada yang salah dari rutinitasnya maka berarti ada hal lain yang terjadi dengan suami. Bisa jadi suami sedang mengalami masalah gangguan tidur atau insomnia, sehingga dia bangun siang di esok hari.

Diskusikan dan Temukan Solusi Bersama

Saat merasa suntuk dengan suami yang susah suka tidur  dan bangun siang dan sulit menemukan solusi menghadapinya, maka diskusikan dan obrolkan bersama apa yang mengganggu pikirannya sehingga suami suka tidur dan cenderung bangun siang. Tanyakan apakah ada masalah di pekerjaannya, atau ada masalah berat lainnya yang membuat dia lebih ingin tidur saja dan tidak memiliki semangat hidup untuk memulai hari. 

Dikutip dari buku Psikologi tidur bahwa Hasil-hasil penelitian menunjukkan kualitas tidur yang buruk akan mengantarkan seseorang kepada sejumlah kondisi psikologis yang kurang menguntungkan. Jadi perlu diskusikan agar menemukan penanganan yang tepat, dan istri tidak kebingungan menghadapinya

Ingatkan Tanggung Jawab dan Perannya

Jika suami suka tidur dan bangun siang, cara menghadapinya adalah ingatkan akan tanggung jawabnya dan perannya sebagai kepala keluarga dan juga ayah.

Coba buka obrolan agar dia tidak keterusan sering tidur dan bangun siang, karena takuitnya dia lupa akan memenuhi kewajiban tanggung jawabnya pada keluarga. Nanti suami tentunya akan berusaha intropeksi diri dan mengubah kebiasaannya itu. 

Coba ingatkan perlahan dan jangan seakan-akan menggurui suami, untuk menghindari konflik. Bantu suami juga untuk mengubah kebiasaannya yang tidak cocok dengan kamu.

5 dari 6 halaman

Tips Menghadapi Suami yang Suka Tidur dan Bangun Siang © Diadona© 2024 shutterstock.com/DG FotoStock

Beri Tahu akibat dari Suka tidur dan Bangun Siang

Saat suami sudah bangun dan lagi longgar atau menemukan timing yang tepat, maka buka obrolan tentang akibat suka tidur dan bangun siang itu mempengaruhi kesehatan diri dia. Beri pengertian kalau kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jangan hanya itu jelaskan dan sebutkan pula apa saja akibatnya.

Dilansir dari hellosehat, ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri bahwa salah satu resiko yang diakibatkan jika tidur terlalu malam dan bangun siang akan mengalami resiko penyakit serius seperti diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, dan lain sebaginya yang mengganggu metabolisme tubuh.

Tentunya istri tidak menginginkan ini terjadi kan pada suami?

Sesuaikan Diri dengan Suami

Jika ternyata ini adalah kebiasaan yang sulit diubah, maka berusaha pahamilah kebiasaannya. Yang namanya berumah tangga maka harus saling mengerti dan memahami satu sama lain agar hubungan tetap harmonis dan langgeng.

Ini adalah cara bijak menghadapi suami yang suka tidur dan bangun siang, karena tidak baik untuk memaksakan kehendak pribadi.

6 dari 6 halaman

Tips Menghadapi Suami yang Suka Tidur dan Bangun Siang © Diadona© 2024 shutterstock.com/DG FotoStock

Beri Contoh yang Baik

Maksudnya adalah jika kita ingin suami mengubah kebiasaanya ini dan mendorong dia untuk bangun pagi, maka jangan hanya mengingatkan saja, tapi berikan contoh yang baik. Contohnya dengan bangun pagi dan menyelesaikan tanggung jawab tugas rumah.

Lalu ajaklah juga suami untuk melakukan aktivitas bersama di pagi hari seperti berolahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Sebisa mungkin ciptakan suasana yang positif dan mendukung di rumah agar mendorong suami memiliki inisiatif untuk mengubah kebiasaan buruknya itu yang suka tidur dan bangun siang.

Buatlah Ritme Hidup yang Lebih Teratur Bersama Suami

Jika dirasa kebiasaan ini sangat mengganggu baik aktivitas ataupun kesehatan suami, maka bantu suami berubah dengan membuat ritme hidup yang teratur. Bisa dengan mengajak tidur suami tidur malam tepat di jam 9 malam, sebelum itu selalu hidangkan susu hangat untuk suami minum agar kualitas tidur terjaga.

Lalu bangunkan suami sebelum subuh, setelah itu ajak untuk selalu berolahraga di pagi hari dan melakukan kegiatan lainnya hingga sebelum suami berangkat bekerja. 

Lakukanlah secara teratur dan berusaha untuk selalu tepat waktu melakukan kegiatan di setiap harinya! Nanti perlahan tapi pasti suami akan mulai terbiasa dan kebiasaan tidurnya bisa menjadi lebih baik.

Dorong Suami dan Temani Mendapatkan Penanganan Profesional yang Tepat

Ini adalah solusi terakhir cara menghadapi suami yang suka tidur dan bangun siang. Karena jika kebiasaan ini sangat mengganggu rutinitas dan berakibat pada kesehatannya seperti mulai sering mengalami pusing atau efek lainnya dari kebiasaannya in , maka suami perlu memeriksakannya dan memerlukan penanganan profesional yang tepat. 

Agar penanganan yang diberikan tepat dan segera ditemukan solusi yang tepat pula untuk merawat suami.

Penting untuk diingat kalau mengubah kebiasaan  itumembutuhkan waktu dan usaha. Berikan suami waktu dan ruang untuk beradaptasi dengan kebiasaan barunya.

Selalu beri motivasi suami untuk mengubah kebiasaan tidur yang lebih baik dan Jangan lupa dalam setiap usaha yang dilakukan suami untuk memperbaiki kebiasaanya berikan apresiasi untuk mendukungnya yaa!

Penulis : Fuzta Azma Ummi Izzah

Beri Komentar