15 Cara Bahagia Tanpa Pacaran dan Tetep Enjoy Walau Nggak Punya Pasangan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 11 Juni 2024 18:00
15 Cara Bahagia Tanpa Pacaran dan Tetep Enjoy Walau Nggak Punya Pasangan
Nggak cuma ketika pacaran saja, kamu masih bisa bahagia meskipun lagi jomblo kok! Mulai dengan fokus pada diri sendiri, tingkan pribadi dan karir kamu hingga pelihara hewan biar kamu nggak kesepian

Sebagian orang mungkin punya pikiran kalau pacaran bisa bikin hidup jadi lebih bermakna. Kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan dan seru bersama pacar. Padahal, ada banyak cara bahagia tanpa pacaran, ada banyak kesenangan tanpa harus berpacaran, 

Dilansir dari laman web Well Good, seorang psikologi klinis bernama Jennifer Taitz, PsyD., mengatakan bahwa rasa bahagia itu nggak bergantung apakah kamu sedang menjalin hubungan atau nggak karena lebih bergantung pada bagaimana cara kamu menghabiskan waktu dan pola pikir yang kamu punya.

Nah, kamu tetap bisa bahagia meskipun sedang nggak pacaran dengan menikmati apa saja yang kamu lakukan saat ini tanpa dipengaruhi oleh pikiran-pikiran FOMO karena kamu saat ini lagi single. 

Memangnya, apa saja sih, cara bahagia tanpa pacaran yang bisa dilakukan ketika lagi jomblo? Yuk simak penjelasan dari Diadona yang sudah dirangkum dari berbagai sumber!

 

1 dari 7 halaman

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/Mix and Match Studio

Pelajari Lagi Tentang Dirimu Sendiri

Untuk memulai cara bahagia tanpa pacaran, kamu perlu mempelajari lagi tentang dirimu sendiri. Luangkan waktu kamu untuk belajar bagaimana gaya kamu ketika berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain, tingkat emosi yang kamu punya, atau adakah keinginan yang ingin kamu wujudkan.

Penting buat kamu untuk memahami apa saja hal yang ingin kamu lakukan untuk membahagiakan diri sendiri. Bisa jadi, kamu lagi menahan diri buat menciptakan kebahagiaan yang kamu inginkan dan dapatkan.

Jalin Relasi dengan Orang Lain

Berbeda ketika lagi pacaran, kamu nggak punya orang yang bisa kamu jadikan prioritas dalam hidupmu. Nah, agar hidup kamu tetap “ ramai” dan nggak monoton, kamu bisa menjalin koneksi dengan orang lain dan aktif berhubungan baik dengan mereka.

Menjalin relasi dengan orang lain pastinya nggak bikin kamu akan merasa kesepian dibandingkan orang yang bisa beraktivitas bareng dengan pacarnya. Banyak banget hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan orang lain, baik itu produktif maupun cuma senang-senang saja.

2 dari 7 halaman

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/GBJSTOCK

Prioritaskan Diri Sendiri

Salah satu cara bahagia tanpa pacaran adalah memprioritaskan diri sendiri. Anggap saja kamu sekarang lagi berkencan dengan diri sendiri dan buat dirimu bahagia seperti kamu dibahagiakan oleh orang lain.

Kamu bisa lakukan hal-hal yang kamu suka dan fokus pada diri sendiri. Luangkan waktu yang kamu punya buat mencari tahu apa yang kamu ingin lakukan saat ini. Hal ini juga bisa bikin kamu lebih kenal dengan diri sendiri.

Bergabung dengan Kelompok atau Komunitas

Disamping kesibukan kamu dalam sehari-hari, kamu bisa manfaatkan waktu yang kamu punya di malam hari atau akhir pekan. Ikutilah kegiatan yang melibatkan beberapa orang ataupun komunitas yang kamu suka.

Kamu bisa mengikuti kelompok atau komunitas yang berhubungan dengan hobi atau hal yang membuatmu tertarik. Selain menjadi cara bahagia tanpa pacaran, ini juga bisa menjadi kesempatan kamu buat eksplor hobi baru dan hal-hal yang membuatmu senang.

3 dari 7 halaman

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/Roman Samborskyi

Habiskan Waktu dengan Teman Sesama Jomblo

Nggak perlu khawatir kalau nggak bisa melakukan hal-hal seru meskipun kamu nggak lagi pacaran. Kamu bisa buat janji dengan temanmu yang sama-sama jomblo untuk menghabiskan waktu bersama.

Menghabiskan waktu dengan teman yang juga nggak lagi pacaran bisa meningkatkan support system yang kamu perlukan saat ini. Selain itu, kamu nggak perlu khawatir akan diledek atau ditertawakan karena mereka juga paham sama yang apa kamu rasakan.

Fokus Memperbaiki Diri Sendiri

Kalau kamu lagi nggak pacaran, kamu bisa fokus untuk memperbaiki diri sendiri tanpa khawatir akan terdistract sama pacar kamu. Bisa jadi, kamu perlu untuk merenungkan kembali hal-hal yang kamu perlu perbaiki dari dirimu sendiri untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas yang sudah lama kamu ingin lakukan tapi belum terwujud. Mewujudkan hal-hal itu juga bisa jadi cara untuk upgrade diri sendiri, loh!

4 dari 7 halaman

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/Roman Samborskyi

Manfaatkan Kebebasan yang Kamu Punya

Nggak pacaran berarti kamu punya kebebasan yang bisa kamu manfaatkan. Cobalah buat menikmati aktivitas atau perjalanan yang kamu lakukan saat ini.

Kamu bisa memilih apa saja yang ingin kamu lakukan atau ke mana kamu ingin pergi tanpa khawatir dibatasi oleh pacarmu. Manfaatkan kebebasan itu buat merencanakan dan mewujudkan semuanya meskipun kamu lagi sendiri.

Fokus Pada Tujuan yang Kamu Inginkan

Sendirian bisa membuat kamu punya kesempatan untuk mulai bertanggung jawab pada keputusan dan tujuan yang kamu inginkan. Nah, gunakan kesempatan ini buat memperjelas apa yang ingin kamu capai.

Selain itu, kamu bisa renungkan seberapa jauh kemajuan yang kamu lakukan buat meraih tujuan itu. Kamu yang disibukkan untuk mencapai apa yang kamu ingin capai ini bisa menjadi salah satu cara bahagia tanpa pacaran.

5 dari 7 halaman

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/Prostock-studio

Jangan Sampai Merasa FOMO

Fear of missing out atau perasaan cemas atau gundah ketika nggak sedang merasakan atau melakukan hal yang sama bisa muncul saat kamu nggak pacaran. Ada kemungkinan kamu bakal merasa FOMO sama orang-orang yang lagi pacaran.

Nah, kamu perlu menjaga prinsip kamu yang lagi nggak pacaran ini buat menghindari sikap yang bisa bikin kamu rendah diri. Menghindari perasaan FOMO bakal bikin pikiran kamu lebih lega dan nggak terburu-buru pacaran. Jangan lupa, semua orang pasti punya jalan dan waktu buat pacaran, oke?

Rayakan Pencapaian yang Kamu Dapat

Dalam hidup kamu, ada kalanya kamu mendapatkan suatu pencapaian atau mengalami suatu hal yang membuatmu senang. Nah, kamu bisa merayakan itu semua, entah apa yang kamu raih itu adalah hal besar maupun sekadar hal kecil saja.

Kamu perlu buat merasa bangga dan apresiasi apa saja yang sudah kamu raih selama ini sebagai cara bahagia tanpa pacaran. Nggak perlu dengan pacar, toh kamu juga bisa merayakannya dengan keluarga dengan teman, kan?

6 dari 7 halaman

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/David Gyung

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang pasti punya pace masing-masing buat mencapai tujuannya. Mungkin kamu akan merasa terpikir buat membandingkan orang lain yang lagi pacaran dibandingkan kamu yang saat ini single.

Kamu perlu percaya pada dirimu sendiri untuk tetap fokus menjadi diri sendiri tanpa rasa rendah diri. Kalau kamu berjuang, masih ada peluang bagi kamu untuk mencapai apa saja yang kamu inginkan, kok!

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Ingatlah kalau hidup nggak selalu berjalan sesuai rencana dan kamu hanya perlu terus berjalan. Kamu mungkin akan berpikir kalau pacaran adalah satu-satunya hal yang bisa membuat kamu bahagia. 

Namun, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan atau alami sehingga bikin kamu bahagia tanpa pacaran. Kamu perlu untuk tetap jujur pada diri sendiri dan yakin pada setiap progress yang kamu lakukan.

7 dari 7 halaman

 

Cara Bahagia Tanpa Pacaran© 2024 shutterstock.com/220 Selfmade studio

Adopsi Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan cocok banget untuk dijadikan teman ketika lagi nggak pacaran. Kamu bisa merasa nggak kesepian lagi karena kamu perlu merawat dan memerhatikannya.

Hewan peliharaan juga bisa membuatmu menjadi sosok yang sangat dibutuhkan karena mereka sangat bergantung pada kamu. Kalau kamu sedang nggak ingin mengadopsi hewan peliharaan, kamu bisa menawarkan untuk merawat hewan peliharaan temanmu atau menjadi volunteer di penampungan hewan.

Keluar dari Zona Nyaman

Sering kali orang-orang akan merasa “ terjebak” dalam hidup karena merasa terlalu nyaman. Salah satu cara bahagia tanpa pacaran adalah raih hal yang kamu lakukan dengan menemukan tantangan baru yang bisa kamu lakukan atau atasi.

Nggak hanya bisa membantu kamu meraih apa yang kamu inginkan, tetapi bisa membuatmu lebih merasa terpenuhi dalam segi mental. Meskipun kamu mungkin akan menemui pilihan yang sulit atau “ kurang aman”, kamu perlu tetap keluar dari zona nyaman yang kamu punya.

Fokus Pada Hal yang Kamu Lakukan Saat Ini

Kalau saat ini kamu sedang disibukkan dengan hal-hal akademik ataupun pekerjaan, cara bahagia tanpa pacaran adalah fokus pada hal yang kamu lakukan saat ini. Karena kamu lagi nggak punya orang lain yang harus kamu jadikan prioritas, kamu bisa menyibukkan diri dengan melakukan hal-hal tersebut. 

Dilansir dari American Psychological Association, sebagian besar orang yang memutuskan untuk tetap single dan belum pacaran adalah ingin menyelesaikan studi atau ingin fokus pada karir yang sedang dijalani. Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu jomblomu saat ini buat fokus pada studi dan pekerjaan.

Nggak pacaran bukan berarti kamu kehilangan hal-hal yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap bahagia. Manfaatkan waktu single saat ini agar kamu bisa melakukan dan mewujudkan apapun yang kamu inginkan tanpa takut dibatasi oleh orang lain termasuk pacarmu nanti.

Dengan fokus pada diri sendiri dan nggak membandingkan diri kamu dengan orang-orang yang sedang menjalin hubungan, bisa jadi cara bahagia tanpa pacaran yang bisa kamu lakukan.

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Baca Juga: Efek Terlalu Lama Jomblo, Beneran Se-Bahaya Itu? 10 Penyebab Kamu Merasa Kesepian padahal Udah Punya Pacar, Kira-Kira Siapa yang Salah? Gak Gampang, Ini 5 Tips Mencari Pasangan yang Satu Frekuensi Buat Para Pejantan, Ini lho 5 Tips Menjadi Cowok yang Berkualitas Dipandang Sebelah Mata, Ini 7 Alasan Kenapa Status Jomblo Sering Diremehkan Gak Usah Panik, Ini 4 Keuntungan Masih Lajang di Usia 30-an

Beri Komentar