Backburner Relationship, Ketika Pacaran Memiliki 'Pemain Cadangan'

Reporter : Yoyok
Rabu, 30 Agustus 2023 16:49
Backburner Relationship, Ketika Pacaran Memiliki 'Pemain Cadangan'
Backburner relationship memang sedang ramai dibicarakan kaum gen Z.

Niki Zefanya sempat merilis lagu yang berjudul "Backburner." Sejak lagu itu booming, istilah backburner pun mulai ngetren di kalangan remaja saat ini, terutama dalam urusan percintaan.

Kini ada bentuk relationship baru yang disebut dengan backburner. Apa sih backburner relationship itu?

1 dari 4 halaman

Backburner relationship merupakan bentuk suatu relationship di mana seseorang memiliki hubungan serius namun juga ada chemistry spesial dengan orang lain sebagai langkah " cadangan" jika hubungan seriusnya berakhir gagal. Singkatnya, seseorang yang memiliki dua hubungan relationship, satunya serius satunya hanya dijadikan backup plan, disebut sebagai backburner relationship.

Pada dasarnya, backburner relationship merupakan istilah baru dalam selingkuh. Seseorang membiarkan dirinya memiliki banyak opsi, jika pilihan utama gagal, maka ada lainnya yang siap menggantikan. Secara psikologi, mereka yang melakukan backburner relationship merasa insecure.

Ilustrasi pasangan selingkuh © Diadona

2 dari 4 halaman

Dikutip dari Study Finds, istilah backburner relationship mulai marak terjadi sejak pandemi. Seperti kita tahu, di masa pandemi, semua hal yang dilakukan terasa sulit, termasuk menjalin hubungan asmara.

Maka dari itu, tidak sedikit mereka yang mencari distraksi lain dengan cara menjalin hubungan dengan orang lain. Baik itu stranger atau yang sudah lama dekat, hubungan tersebut ia tujukan sebagai cadangan atau backburner relationship.

3 dari 4 halaman

University of Oklahoma pada 2021 melakukan sebuah penelitian di mana menemukan 62 persen dari 397 orang dewasa melakukan backburner relationship. Bahkan, 93 persen dari orang-orang tersebut mengatakan kalau mereka tengah menjalani hubungan yang serius dengan pasangan utamanya.

Backburner relationship juga sering terjadi karena tidak sengaja alias seiring berjalannya waktu. Media sosial pun berperan penting di zaman sekarang dalam banyaknya kasus backburner relationship dalam kehidupan saat ini.

Beri Komentar