8 Arti Mimpi Suami Menikah Lagi Menurut Psikologi, Pertanda Buruk?

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 8 September 2023 14:48
8 Arti Mimpi Suami Menikah Lagi Menurut Psikologi, Pertanda Buruk?
Arti mimpi suami menikah lagi sebenernya malah justru lebih merefleksikan apa yang ada dalam dirimu dan hubungan kalian, misalnya karena kamu mencurigai dia, nggak percaya, trauma dan lainnya.

Mimpi suami menikah lagi menjadi salah satu mimpi yang menakutkan bagi seorang istri. Hal ini jadi semakin mengkhawatirkan karena mimpi buruk seringkali dikaitkan dengan pertanda kejadian buruk di masa depan. Apakah itu pertanda suami beneran akan nikah lagi?

Nggak heran kalau banyak orang mencoba menafsirkan mimpi buruknya dengan berbagai cara. Apakah kamu juga sering menafsirkan mimpi buruk mu, Diazens?

Dalam mitos Jawa, arti mimpi menikah kerap dikaitkan dengan kedukaan. Namun tentu saja tafsir nya berbeda di setiap kepercayaan. Mimpi menikah bisa saja merupakan bentuk perwakilan dari keinginan, pikiran atau motivasi yang tidak disadari. Lalu bagaimana yang menikah dalam mimpi adalah suami sendiri?

 

 

1 dari 4 halaman

Mimpi Suami Menikah Lagi © Diadona

Mimpi adalah fenomena yang terjadi dalam alam bawah sadar. Biasanya mimpi punya alur cerita yang unik dan beragam. Mimpi bisa hadir sebagai sesuatu yang menyenangkan, romantis, mengganggu, meski bisa juga seringkali aneh dan menyeramkan.

Kamu mungkin penasaran, kenapa sih aku bisa mimpi suami ku menikah lagi? Jangan-jangan, ini pertanda ya? Atau mungkin kamu merasa sedih dan terkhianati setelah bangun dari tidur? Trus jadi kesel sama suami padahal dia nggak tau apa-apa?

Nah, Diazens, kebingungan dan kesedihan kamu sebenernya nggak salah kok! Rasa penasaran kamu merupakan respon emosional terhadap hal tidak nyaman yang menimpa kamu dalam tidur mu. Apalagi, jika mimpi burukmu terasa nyata dan relevan dengan kekhawatiran mu. 

2 dari 4 halaman

Arti Mimpi Suami Menikah Lagi © Diadona

Mimpi Mencerminkan Perasaan

Pernahkah kamu bermimpi buruk setelah ketakutan sepanjang malam?

Laman Medical News Theory mengatakan kalau mimpi adalah visualisasi dari perasaanmu. Ketika kamu terlalu banyak memikirkan sesuatu, hal tersebut akan datang pada kamu sebagai bunga tidur. 

Dalam buku berjudul Freud’s dream interpretation: A Different Perspective Based on The Self-Organization Theory of Dreaming, Teori Freud menyatakan kalau arti mimpi bisa saja merupakan tanda dari keinginan yang belum tercapai, berhubungan dengan apa yang terjadi di siang hari dan mengungkapkan kondisi mental dan pikiran dari si pemimpi.

Dikutip dari laman Sleep Foundation, peneliti berpendapat kalau mengenali keadaan emosi atau perasaan dalam mimpi adalah kunci untuk menafsirkan dan memahami makna mimpi. Selain itu, perasaan kamu dan tanggapan dari perasaan kamu juga penting. Perasaan ini akan membantu mengumpulkan gambaran yang lebih luas tentang arti mimpi kamu.

Mimpi suami menikah lagi bisa sangat mengganggu, apalagi saat kamu sedang berada dalam konflik dengan suami mu. Mimpi semacam itu bisa jadi adalah hasil dari kecemasan dan ketidaknyamanan hati kamu. Jadi, sebelum berpikir negatif dan ada baiknya kamu tenang dulu ya, Diazens!

3 dari 4 halaman

Arti Mimpi Suami Menikah Lagi © Diadona

Penyebab dan Arti Mimpi Suami Menikah Lagi

Ketika kamu mengalaminya, berikut adalah hal-hal yang mungkin memicu mimpi kamu dan jadi arti mengapa kamu mimpi suami menikah lagi.

Merasa Tidak Aman dalam Hubungan

Sepasang suami istri tentunya harus saling memberikan rasa aman. Jika kamu kekurangan rasa aman dari suami kamu, atau sebaliknya, hubungan mu sedang tidak baik-baik saja. Perasaan tidak aman dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti konflik, pengaruh dari orang lain, ketidakpercayaan, dan lain-lain. Hal ini dapat menjadi pemicu utama mimpi suami menikah lagi.

Khawatir Berlebih terhadap Pasangan

Jika kamu sedang berada dalam hubungan yang baik-baik saja saat mimpi suami menikah lagi, mungkin itu adalah tanda bahwa kamu khawatir berlebih terhadap pasangan mu.

Perlu diingat bahwa perasaan khawatir sangat normal muncul dalam hubungan suami istri. Namun, jika berlebihan, khawatir berlebihan akan merusak hubungan kamu bila tidak ditangani dengan baik, loh, Diazens!

Tidak Percaya Diri

Beberapa orang mungkin memiliki masalah tidak percaya diri atau pede. Dalam hubungan berumah tangga, tanpa kamu sadari, ketidakpercayaan diri memainkan peran besar dalam munculnya pikiran negatif tentang pasangan mu.

Ketika kamu merasa tidak layak untuk suami mu, kamu akan merasa khawatir dan cemas. Jika dipikirkan terus-menerus, mimpi suami menikah lagi dapat terus menghantui kamu.

Konflik dengan Suami

Ketika kamu berada dalam sebuah konflik dengan suami mu pada malam hari, ada baiknya kamu menyelesaikan masalah mu sebelum tertidur. Jika tidak, mimpi suami menikah lagi akan memperkeruh situasi hubungan mu!

Memiliki Pengalaman Buruk tentang Perselingkuhan

Apakah kamu pernah menjadi korban perselingkuhan pada hubungan sebelumnya? Jika iya, kamu mungkin memiliki trauma. Perasaan tidak percaya, sakit hati, dan tidak aman yang kamu rasakan sebelumnya dapat tercermin dalam mimpi buruk mu. Pengalaman semacam itu tentu saja dapat menjadi pemicu mimpi suami menikah lagi. 

Terpengaruh Media atau Orang Lain

Akhir-akhir ini, marak kasus perselingkuhan yang terjadi dikalangan selebritis. Jangan salah, apa yang kamu lihat atau dengar melalu media, film, berita, dan gosip dari teman-teman mu dapat mempengaruhi mimpi suami menikah lagi. Media memiliki peran penting dalam membentuk persepsi dan mempengaruhi perasaan mu.

Jika kamu mendengar atau melihat kisah serupa secara terus-menerus, kemungkinan mimpi suami mu menikah lagi adalah cerminan perasaan kamu.

Stres dalam Hubungan

Perasaan terbebani merupakan ciri stres yang terjadi akibat konflik, komunikasi kurang baik, hingga perbedaan kecil antara kamu dan suami mungkin menjadi pemicu mimpi suami menikah lagi. Dalam menjaga hubungan suami istri, besar sekali risiko kamu terjebak dalam stres yang berlarut-larut.

4 dari 4 halaman

Arti Mimpi Suami Menikah Lagi © Diadona

Apakah Mimpi Suami Menikah Lagi Pertanda Selingkuh?

Tenang dulu DiaZens…

Sejauh ini belum ada jurnal atau pakar psikologi yang menyimpulkan bahwa mimpi buruk merupakan pertanda hal buruk di dunia nyata. Menurut jurnal Experimental Research on Dreaming: State of The Art and Neuropsychoanalytic Perspectives, mimpi hanyalah imajinasi yang dibetuk dalam alam bawah sadar kita, bukan ramalan dan penglihatan tentang masa depan seseorang.

Mengaitkan mimpi suami menikah lagi dengan perselingkuhan di dunia nyata justru dapat membuat mu salah kaprah. Tanpa bukti yang konkret, tuduhan perselingkuhan justru memicu hal negatif lain dalam hubungan kamu. 

Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang hal tersebut, ada baiknya kamu berbicara secara terbuka dengan pasangan kamu. Ceritakan kekhawatiran dan kecemasan dalam menjalani hubungan kamu. 

Perlu diingat ya Diazens, keterbukaan dan kejujuran merupakan kunci dari sebuah hubungan. Jadi, daripada pusing menafsirkan mimpi suami menikah lagi, lebih baik kamu fokus pada perjalanan hubungan mu dengan saling menguatkan, ya, Diazens!

Penulis : Fishella W

Beri Komentar