6 Arti Mimpi Menikah, Pertanda dari Alam Bawah Sadar

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 16 Juli 2021 16:34
6 Arti Mimpi Menikah, Pertanda dari Alam Bawah Sadar
Arti mimpi menikah bisa sangat tergantung dari apa yang kamu alami karena mimpi bisa jadi manifestasi alam bawah sadar

Dalam mitos Jawa, arti mimpi menikah kerap dikaitkan dengan kedukaan. Namun tentu saja tafsir tersebut berbeda di setiap kepercayaan. Mimpi menikah bisa saja merupakan bentuk perwakilan dari keinginan, pikiran atau motivasi yang tidak disadari. Bila kamu mimpi menikah, bisa saja karena kamu sangat mendambakan bersanding dengan seseorang di pelaminan, bukan?

Selama berabad-abad, banak orang percaya bahwa mimpi bisa jadi pertanda. Menurut mereka, mimpi adalah media penghubung antara manusia dengan Tuhan mereka. Akibatnya, ada antusiasme besar terhadap tafsir-tafsir mimpi sampai pada akhirnya ilmuwan Sigmund Freud dan Carl Jung mengajukan beberapa teori mimpi modern yang paling terkenal mengenai bagaimana mimpi bisa terjadi.

1 dari 6 halaman

Tertarik dengan penjelasannya nggak nih?

Melansir Scientific American, teori Freud berpusat bahwa mimpi merupkan kerinduan yang terpendam. Mimpi memungkinkan kita untuk memilah keinginan yang belum terselesaikan dan tertekan. Lalu Carl Jung mengemukakan bahwa mimpi punya kepentingan psikologis dari si pemimpinya.

Mimpi adalah produk spontan yang tidak memihak dan berasal dari jiwa bawah sadar dan terjadi di luar kehendak. Mimpi adalah alam yang murni dan menunjukkan kepada kita kebenaran yang alami.

2 dari 6 halaman

Arti Mimpi Menikah © Diadona

Lalu, apakah artinya mimpi menikah? Well menurut teori dari kedua ilmuwan di atas, maka tergantung pada gimana pernikahan dalam mimpi tersebut. Apakah mimpi tersebut membuat kamu bahagia atau tidak? Nah dari situlah kamu bisa mencari arti mimpi menikah tersebut karena itu adalah perwujudan dari alam bawah sadar kamu.

Apakah kamu sedang merencanakan pernikahan dan nggak pernah sedetikpun bayangan tentang rencana acara kamu hilang dari pikiran? Mungkin saja arti mimpi menikah yang kamu alami adalah refleksi dari apa yang ada sedang ada di kepala kamu. Meski begitu, mimpi menikah tak sellau berkaitan dengan pernikahan tersebut secara langsung.

Namun tak ada salahnya kamu baca dulu deretan arti mimpi menikah yang udah Diadona rangkum dari berbagai sumber berikut:

3 dari 6 halaman

Arti Mimpi Menikah dengan Pacar

Arti Mimpi Menikah © Diadona

Dikutip dari Everyday Know, mimpi menikah dengan pacar bisa saja memiliki arti berikut:

Mengindikasikan yang Sedang Terjadi Dalam Hubungan

Arti mimpi menikah dengan pacar biasanya tergantung pada apa yang sedang terjadi dalam hubungan kalian.

Misalnya, bila di mjimpi tersebut pernikaha kamu tampak bahagia, artinya hubunga kalian sedang dalam kondisi yang baik. Sebaliknya, memimpikan pernikahan yang buruk bisa saja mengindikasikan hubungan kalian yang sedang nggak baik-baik aja.

Akan ada Perubahan Besar

Pernikahan adalah perubahan baru dalam hidup dan mimpi menikah bisa jadi perlambang kamu sedang menapaki hal besar yan akan merubah hidupmu.

Melarikan Diri dari Masalah

Bagimana bisa ini adalah arti mimpi menikah?

Bahwa mungkin saja di dunia nyata kamu sedang berada dalam suatu masalah. Alih-alih menyelesaikannya, kamu malah memendam dan berusaha melarikan diri sehinga kemudian terbawa hingga ke mimpi.

4 dari 6 halaman

Arti Mimpi Menikah Lagi

Arti Mimpi Menikah © Diadona

Mimpi menikah dengan pacar adalah sesuatu yang mungkin biasa, yakni sebagai refleksi keingina bawah sadar dan hal lainnya. Namun bila sudah dalam status pernikaha lalu malah bermimpi menikah lagi, waduh!

Arti Mimpi Menikah Lagi dengan Pasangan

Bila dalam mimpi tersebut kamu menikah kembali dengan pasangan, Primbon Jawa menafsirkannay sebagai suatu pertanda buruk : pasangan akan mengalami sakit. Bukan sakit fisik, melainkan perasaan emosional. Arti mimpi menikah lagi bisa juga akan ada kesulitan dalam mencari rezeki.

Arti Mimpi Menikah Lagi dengan Orang Lain

Lalu bagaimana bila dalam mimpi tersebut, pernikahan terjadi dengan orang lain? Menurut Primbon Jawa, hal itu adalah suatu pertanda kamu akan terkena demam. MEski begitu nggak banyak orang yang percaya dengan arti mimpi ini.

Yang harus kamu perhatikan saaat terbangun dari mimpi menikah dengan orang lain adalah bagaimana perasaanmu. Senang atau sedihkah? Karena bisa jadi mimpi adalah refleksi perasaan dan alam bawah sadarmu selama ini. Dan arti mimpi meniakh dengan orang lain bisa karena kamu menyimpan perasaan sedih dan egatif lainnya dalam hubungan pernikahanmu saat ini.

5 dari 6 halaman

Arti Mimpi Menikah dengan Seseorang yang Tidak Dicintai

Arti Mimpi Menikah © Diadona

Ini sering terjadi kepada seseorang yang penting dalam kehidupan kita dalama beberaap hal, misalnya sahabat, teman atau rekan kerja. Tapi mimpi menikah dengannya adalah sesuatu yang sangat canggung.

Apakah arti mimpi menikah tersebut berarti karen akamu diam-diam nakdir dia? Bukan. Tapi mungkin aja kamu mendambakan kekasih dengan pribadi atau nilai-nilai yang mereka wakili dalam hidup kamu.

Misalnya, mimpi menikah dengan teman yang kamu anggap cerdas, bisa berarti kamu mendambakan pasangan hidup dengan kecerdasan seperti teman tersebut.

6 dari 6 halaman

Cara Menafsirkan Sendiri Arti Mimpi Menikah

Arti Mimpi Menikah © Diadona

Alih-alih menacri penafsiran dari berbagai kepercayaan, akan lebih baik ketika kamu mampu menafsirkan mimpimu sendiri mengingat adanya kaitan antara mimpi dengan apa yang ada di pikiran.

Langkah-langkah di bawah ini berasal dari psikoterapis Jung, Robert Johnson, yang menulis Inner Work: Using Dreams and Active Imagination for Personal Growth (tautan afiliasi).

Pertama, tulis mimpi dengan detail. Atau bila lupa, tuliskan saja garis besarnya.Trus selanjutnya buat hubungan antara mimpi dengan apa yang sedang terjadi pada mu saat ini. Hubungkan momen-momen bahagia atau sedih dalam mimpi dengan apa yang terjadi secara internal dalam diri kamu.

Artikel Diadona di atas tadi bisa kamu jadikan pedoman. Nah dari langkah-langkah tersebut kamu bisa menafsirkan mimpimu sendiri.

Beri Komentar