50 Kata-Kata Minta Maaf Penuh Ketulusan, untuk Ungkapkan Rasa Sesalmu

Reporter : Nasa
Jumat, 29 Januari 2021 09:22
50 Kata-Kata Minta Maaf Penuh Ketulusan, untuk Ungkapkan Rasa Sesalmu
Kalau kamu merasa menyesal dan bersalah, bisa ungkapkan dengan kumpulan kata-kata maaf penuh ketulusan berikut ini.

Kata-kata minta maaf penuh ketulusan, bisa kamu ungkapkan saat kamu merasa bersalah dan menyesali perbuatanmu. Namun terkadang, permintaan maaf juga bisa kamu ungkapkan, meski kamu tak melakukan kesalahan apa pun.

Meminta maaf atas keadaan atau situasi buruk yang terjadi pada orang-orang terdekatmu bisa jadi wujud sikap empati yang harus kamu tunjukkan. Kamu bisa memilih salah satu dari kumpulan kata-kata minta maaf berikut ini untuk mengungkapkannya.

Ungkapan maaf sendiri sebenarnya bukan hal mudah yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Untuk itu, kamu bisa menunjukkan kepribadian baikmu dengan mengungkapkan kata-kata minta maaf yang penuh ketulusan. Agar orang-orang di sekelilingmu mengerti bahwa kamu tak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

Nah berikut ini adalah kumpulan kata maaf yang sudah Diadona himpun dari berbagai sumber :

1 dari 3 halaman

Kata-Kata Minta Maaf

Kata Maaf © Diadona

Ungkapan minta maaf akan jauh lebih baik jika kamu persiapkan dengan kata-kata yang tepat dan mumpuni. Kamu bisa gunakan kata-kata minta maaf berikut ini untuk mengungkapkan rasa bersalahmu selama ini.

1. " Aku minta maaf untuk hal-hal seperti ini. Kuharap aku tahu kata-kata yang perlu diungkapkan. Tapi aku dan kamu sepertinya tak pernah melihat dari mata ke mata. Tapi aku yakin kita bisa akur." (Save Ferris, Sorry My Friend)

2. " Maafkan aku karena kekhilafanku, hanya kaulah yang dapat mengerti perasaanku, kawan."

3. " Sahabat, maafkan aku karena membutakan mata. Maafkan aku karena telah membisu kan kata-kata. Maafkan aku karena tiada berdaya."

4. " Aku bertengkar denganmu, berteriak padamu, berlaku mengesalkan, menyakitimu, tapi aku tak bisa hidup tanpamu. Maafkan aku, sahabat."

5. " Aku hanya ingin kamu ingat kalau aku menyayangimu dan kamu adalah bagian dari hidupku. Tolong abaikan perubahan suasana hatiku, peluk aku ketika terlihat kesal, beritahukan kalau segalanya akan baik-baik saja ketika aku sedih, dan jangan menganggap serius semua ucapan kasarku. Jika aku pernah menyakitimu, maafkan aku."

6. " Aku merasa bersalah karena sudah menyakitimu. Kau adalah sahabat sejatiku. Aku berhutang maaf padamu dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengucapkannya. Maafkan aku atas segala kesalahanku, sahabat."

7. " Aku merasa malu atas apa yang telah kulakukan. Aku tidak memiliki alasan. Aku telah melakukan kesalahan dan aku bertanggung jawab penuh atas tindakan itu. Aku tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahanku. Maafkan aku telah menyakitimu." (Louie Anderson)

8. " Aku sudah memahami kalau terkadang kata maaf saja tidak akan cukup. Terkadang aku harus benar-benar berubah." (Claire London)

9. " Aku tahu mengucapkan maaf tak akan cukup untuk segala hal yang sudah menyakitimu, tapi aku akan terus mengucapkannya jutaan kali hingga kamu memaafkanku. Maafkan aku."

10. " Aku tak akan membiarkan apa pun di dunia ini bisa menghancurkan persahabatan kita, tak juga kesalahan yang telah kulakukan. Maafkan aku atas apa yang sudah kulakukan."

11. " Air mata mengalir hingga landasan bumi, pedih menusuk kalbu yang kerang, ketidakmampuanku kusadari kini seperti saat di kala aku yang tak mampu kau beri, aku tahu semua ini tak akan cukup untuk mu, maafkan diriku ibu, belum bisa membahagiakanmu dengan seluruh jiwa ragaku."

12. " Ayah dan ibu izinkan anakmu ini memohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan yang diperbuat. Semoga ayah dan ibu diberikan kesehatan dan perlindungan oleh Allah SWT."

13. " Hatimu sejernih air. Maafmu seluas samudera. Meski banyak kesalahan dan dosaku yang menyakiti hati, Bunda dan Ayah selalu memberi maaf. Untuk kesekian kalinya, aku meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan diri ini."

14. " Ibu, maafkan aku yang sampai saat ini masih belum bisa untuk membahagiakanmu sepenuhnya, masih saja ada kesedihan yang aku torehkan dalam setiap hari-harimu, maafkan aku, kesuksesan belum ada di tanganku, tetapi aku yakin doamu untukku dalam meraih cita-cita dan kesuksesan selalu kau panjatkan untukku."

15. " Jika ucapan membuat lara jika tindakan menjadikan luka. Wahai Ayah dan Ibu mohon maaf sebesar-besarnya."

16. " Maafkan aku bila aku telah banyak mengukir luka di hatimu ayah dan ibu. Maaf pula jika aku telah banyak meneteskan air mata yang keluar dari mata ayah dan ibu. Sungguh aku minta maaf, aku akan berusaha menjadi anak yang mampu kalian banggakan."

17. " Tajamnya lidah ini mungkin membuat luka, angkuhnya sikap membuat kalian tersakiti. Buruknya perilaku dan sikap ini sering membuat gelisah. Ibu ayah maafkan aku."

18. " Tiada kata paling indah bila belum memohon maaf langsung kepada orang yang telah berjasa kepadaku dari lahir. Ibu Ayah maafkan diriku bila banyak dosa kepadamu."

19. " Tidak ada kemenangan tanpa di iringi dzikrullah. Tidak ada amal tanpa keikhlasan. Tak ada ampunan tanpa saling memaafkan antar sesama. Ayah dan ibu, anakmu mohon maaf lahir dan batin."

20. " Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah padamu. Ingat kan, kita pernah jadi sahabat?" (Alvi Syahrin, Little Snow in Zurich)

2 dari 3 halaman

Kata-Kata untuk Meminta Maaf Kepada Teman

Kata Maaf © Diadona

Sejauh ini kamu mungkin telah banyak mendapat bantuan pertolongan dari teman-temanmu. Jadi kalau kamu buat salah sama mereka, kamu harus meminta maaf ya. Susah loh cari temen yang selalu ada di kala susah senang. Nah kamu bisa ungkapin dengan kata-kata untuk minta maaf berikut ini.

21. " Aku tidak yakin berapa banyak orang yang bisa mentoleransi perubahan suasana hatiku, tapi aku yakin hanya kamu yang bisa. Maafkan aku karena sudah menyebalkan padamu."

22. " Jika aku sudah mengucapkan kebohongan, jika aku sudah membuatmu menangis, maafkan aku dari lubuk hatiku yang terdalam." (Bobby Vinton, I Apologize0

23. " Jika aku tahu tindakanku akan menyakitimu, aku akan berpikir ribuan kali sebelum melakukannya. Kau jauh lebih berharga dari yang kau kira. Maafkan aku, sahabat."

24. " Kesalahan terbesar dalam hidup adalah ketika aku menghancurkan hati teman dekatku. Aku tak akan bisa menjelaskan apa yang kurasakan. Aku benar-benar menyesali segalanya."

25. " Aku berjanji kepadamu bahwa mulai sekarang hubungan kita akan bebas dari air mata, kebohongan, dan penghinaan. Maafkan aku. Aku mencintaimu, mari kita tetap bersama."

26. " Aku berkata " Aku mencintaimu" dan aku bersungguh-sungguh. Tapi aku menyakitimu, sekarang " Aku minta maaf" dan aku juga bersungguh-sungguh."

27. " Aku masih belum bisa memahami maksud amarah kamu, maafin aku. Aku sayang kamu."

28. " Aku percaya pada takdir dan aku percaya pada cinta, itulah sebabnya aku tahu kamu akan menerima permintaan maafku.

29. " Apapun yang terjadi, kamu tetap menjadi nomor satu bagiku. Bisakah kamu memaafkanku atas apa yang telah aku lakukan?"

30. " Bagaimana aku mengucapkan kata-kata, " Maafkan aku" ketika aku tahu bahwa kata-kata itu tidak cukup? Dan bagaimana aku bisa memintamu untuk memaafkanku ketika aku tahu aku tidak bisa memaafkan diri sendiri?"

31. " Cinta kita kuat dan tak terbatas, jangan biarkan keluhan kecil menghancurkan dunia, pengertian dan kelembutan yang indah ini. Aku mencintaimu dan aku meminta maafmu."

32. " Dengan hati yang memar dan ego yang kempes, dengan jiwa yang sedih dan kepala yang menunduk. Aku minta maaf kepadamu tanpa syarat."

33. " Homepage hubungan kita saat ini tidak dapat ditampilkan karena kesalahan server. Bisakah kita klik tombol refresh dan mulai lagi? Aku minta maaf."

34. " Jika aku tau apa yang aku lakukan ini salah, aku tidak akan melakukannya. Tolong maafkan aku, sayang."

35. " Lihatlah bintang-bintang malam ini, mereka akan berbisik: " aku minta maaf atas apa yang telah aku lakukan" . Aku cinta kamu."

36. " Maaf ya jika telah membuat kamu marah. Aku yang tidak bisa mengerti keinginanmu. Tapi aku lagi belajar untuk selalu mengerti kamu."

37. " Maafkan aku yang udah bikin kamu kecewa dan sedih. Aku nggak bermaksud buat kamu marah, sayang."

38. " Permintaan maaf adalah parfum yang indah, itu dapat mengubah momen paling menyenangkan menjadi hadiah yang ramah."

39. " Permintaan memang maaf tidak ada artinya, dibandingkan dengan apa yang telah aku lakukan, tapi tetap saja, aku tahu bahwa kamu memiliki hati yang pemaaf, pengertian dan kamu tidak akan membiarkan kebencian menghancurkan cinta kita."

40. " Sayang, aku minta maaf atas sikap egoisku. Kamu telah berkorban banyak untuk aku. Aku bersyukur Tuhan mempertemukan aku dengan kamu."

 

3 dari 3 halaman

Kata-Kata Maaf Terindah

Kata Maaf © Diadona

Meski sejauh ini kalian selalu saling menyayangi satu sama lain, bukan berarti kamu boleh tak meminta maaf saat melakukan kesalahan. Kamu bisa ungkapkan rasa bersalahmu dengan kata-kata maaf terindah berikut ini.

41. “ Minta maaf, dengan segenap konsekuensinya, harusnya mudah dilakukan oleh siapapun yang belum beku.” – Sudjiwo Tejo

42. “ Orang lemah tidak pernah bisa memaafkan karena memberi maaf hanya dapat dilakukan oleh orang kuat” – Mahatma Gandhi

43. “ Kadang mengalah dan meminta maaf itu lebih baik daripada menjelaskan semuanya kepada orang yang tak mau mengerti.” – Mario Teguh

44. “ Bagaimanapun, dalam kehidupan selalu ada tempat untuk sebuah maaf, tak peduli seberapa besar kesalahan yang terjadi” – Leo Tolstoy

45. “ Ketika kesetian menjadi barang mahal. Ketika kata maaf terlalu sulit untuk diucap. Ego siapa yang sedang kita beri makan?” – Fiersa Besari

46. “ Hati seorang ibu itu sangatlah dalam dan di dasar hatinya yang paling dalam, anda akan selalu menemukan pintu maaf.” – Honore de Balzac

47. “ Aku benar-benar minta maaf kamu harus melewati masa-masa itu tanpa penjelasan. Membuatmu bertanya-tanya, membuatmu menunggu.” – Tere Liye

48. “ Minta maaf tidak selalu berarti kita salah. Itu bisa berarti kita lebih menghargai cinta dan persahabatan diatas ego kita.” Merry Riana

49. “ Perempuan itu mudah memaafkan, susah melupakan. Sementara laki-laki mudah minta maaf, mudah mengulangi.” - Raditya Dika

50. “ Takan mulia kau menunggu permintaan maaf. Takan hina kau meminta maaf terlebih dahulu.” – Fiersa Besari

Nah demikian deretan kata maaf yang terdiri dari kata kata minta maaf, kata kata untuk meminta maaf kepada teman dan juga kata maaf terindah. Semoga artikel yang diusung sama Diadona kali ini bermanfaat ya, semangat guys!

Sumber : Brilio.net/Liputan6.com

Beri Komentar